Pengertian Riset Pemasaran

Pengertian Riset PemasaranPemasaran merupakan suatu kegiatan bisnis yang dilakukan baik individu maupun perusahaan untuk mempromosikan produk atau layanannya. Pemasaran juga berkaitan dengan iklan, penjualan, pengembangan dan pengiriman produk ke konsumen atau perusahaan lain. Selain memperkenalkan produk kepada masyarakat luas, pemasaran juga bertujuan untuk mencapai target penjualan sehingga perusahaan dapat memaksimalkan keuntungan yang akan diperolehnya. Pemasaran harus direncanakan, diorganisasikan dan juga diawasi oleh manajemen pemasaran agar pemasaran dapat berjalan baik dan terarah. Selain itu, riset pemasaran juga perlu dilakukan agar perusahaan dapat mencapai tujuannya dengan efektif dan tidak mengalami banyak kendala dalam prosesnya. Untuk lebih jelasnya simak penjelesan mengenai pengertian riset pemasaran berikut ini.

Pengertian Riset Pemasaran

Pengertian riset pemasaran adalah kegiatan mengumpulkan data, mengidentifikasi, menganalisis, memaparkan peluang dan masalah-masalah secara sistematis yang ada pada pasar agar seluruh aktivitas pemasaran lebih efektif.

Menurut pendapat Maholtra, riset pemasaran adalah pengumpulan, identifikasi, analisa, dan penyebarluasan informasi secara objektif dan sistematis dengan tujuan untuk membantu manajemen dalam pengambilan keputusan berkaitan dengan identifikasi peluang dan pemecahan masalah dalam bidang pemasaran.

Dan menurut Philip Kotler, riset pemasaran adalah perancangan, pengumpulan, analisa, dan pelaporan yang sistematis dari data atau temuan yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu yang dihadapi oleh perusahaan.

Riset pemasaran dilakukan dengan menganalisis kondisi sebuah produk baik itu barang atau jasa yang dihasilkan mampu diterima target pasar atau tidak. Riset pemasaran juga dilakukan untuk memahami kebutuhan dan preferensi konsumen.

Fungsi Riset Pemasaran

Evaluating

Riset pemasaran bertujuan untuk mengevaluasi program-program pemasaran yang telah dilakukan sebelumnya. Fungsi evaluasi dalam riset pemasaran ini juga termasuk ketika perusahaan ingin melakukan peninjauan kembali (review) terhadap brand positioning dengan membandingkan produk dengan produk pesaing.

Understanding

Riset pemasaran juga bertujuan untuk memberikan understanding atau pemahaman bahwa feedback dari konsumen sangat penting, sekaligus memberikan wawasan bagi perusahaan. Karena idealnya perusahaan perlu mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan yang dikeluhkan konsumen, agar barang atau jasa yang ditawarkan tepat sasaran. Untuk memahami konsumen, riset yang dilakukan biasanya berupa kebiasaan, perilaku, harapan, dan juga keluhan konsumen terhadap produk.

Predicting

Fungsi riset pemasaran selanjutnya yaitu predicting atau memprediksi segala kemungkinan yang akan terjadi saat ini maupun di masa depan. Fungsi yang didapat dari riset pemasaran ini membuat perusahaan mampu memperkirakan tren pasar, perilaku konsumen, sikap kompetitor, eksternalitas, peraturan pemerintah, dan masih banyak lagi.

Tujuan Riset Pemasaran

Riset pemasaran dilakukan agar peluang dan tantangan dalam proses pemasaran dapat teridentifikasi dengan baik. Perusahaan yang melakukan riset pemasaran mampu menganalisis dan memaparkan data yang menjadi fakta di lapangan guna menghasilkan informasi yang dibutuhkan mengenai hal tersebut.

Secara spesifik, berikut tujuan dari riset pemasaran:

Memahami Kebutuhan Konsumen

Selera dan kebutuhan konsumen sering sekali berubah sehingga perusahaan perlu menyesuaikan hal tersebut dengan melakukan strategi pemasaran yang tepat.

Bisa menemukan formula yang tepat merupakan tujuan perusahaan dalam melakukan riset pemasaran, agar produk yang dipasarkan sesuai dengan selera dan kebutuhan konsumen.

Mengidentifikasi Peluang Pasar

Dilakukannya riset pemasaran juga bertujuan agar perusahaan bisa mendapatkan peluang untuk mengembangkan sebuah produk baru yang dibutuhkan konsumen namun belum banyak yang menjualnya.

Mengurangi Risiko Kegagalan Produk

Data dan informasi yang didapatkan dari hasil riset pemasaran membantu perusahaan untuk mengembangkan proses pemasaran itu sendiri. Sehingga risiko kegagalan dapat diminimalisir karena produk yang dipasarkan adalah produk yang benar-benar konsumen butuhkan.

Meminimalisir Risiko Bisnis

Informasi dan data-data yang didapatkan dari riset pemasaran bisa digunakan perusahaan untuk mengantisipasi ancaman yang mungkin saja terjadi, perusahaan pun bisa mempersiapkan cara menangani ancaman tersebut.

Menggambarkan Tren Di Masa Mendatang

Riset pemasaran yang dilakukan akan membantu perusahaan selangkah lebih maju dibanding perusahaan yang tidak melakukan riset. Dengan dilakukannya riset, perusahaan dapat menganalisa tren yang akan berkembang. Sehingga perusahaan dapat membuat produk yang paling dibutuhkan oleh konsumen.

Objek Riset Pemasaran

Objek yang disasar dari riset pemasaran adalah pihak yang berkaitan erat dengan produk yang akan dipasarkan, agar mempengaruhi penjualan secara langsung. Berikut objek dari riset pemasaran:

Persona Konsumen

Objek pertama yang harus diriset yaitu persona konsumen, baik dari segi karakteristik maupun pola pikir seseorang yang akan dijadikan target pasar. Riset pada objek ini bertujuan agar Anda mengenali konsumen lebih jauh, baik dari motif pembelian sampai latar belakang mereka membuat keputusan untuk beli.

Jika persona konsumen sudah Anda kenal, besar kesempatan untuk Anda membuat produk sesuai kebutuhan mereka.

Efektivitas Strategi Pemasaran

Objek selanjutnya yang perlu dilakukan riset yaitu efektivitas strategi yang akan dilakukan. Apakah strategi pemasaran yang saat ini dilakukan efektif atau tidak. Jika melihat dari tren yang berkembang dan semakin dinamisnya kondisi pasar, sebaiknya strategi sering dievaluasi.

Jika strategi pemasaran yang dilakukan tidak efektif, tim dapat langsung ganti strategi yang lain dengan cepat, tanpa harus menunggu waktu yang lama.

Produk Dan Fitur

Objek berikutnya yang perlu diriset adalah produk dan juga fitur yang baru dirilis ke masyarakat. Produk yang baik dan bagus tidak selalu dibuat dengan waktu lama dan bentuk sempurna. Sebaliknya, produk akan lebih baik jika mendapat saran dan masukan dari pengguna untuk kemudian diperbaiki oleh perusahaan.

Jadi jika Anda melakukan inovasi produk, jangan menghabiskan waktu agar produk dibuat sesempurna mungkin. Terjunkan dulu ke masyarakat dan tunggu bagaimana reaksi mereka terhadap produk yang Anda tawarkan.

Harga dan Laba

Harga dan laba menjadi objek yang tidak boleh dilewatkan, karena perlu juga untuk diriset. Dengan adanya riset, Anda mengetahui harga pasar untuk produk tersebut dan mengukur potensi laba yang didapatkan, dengan begitu Anda dapat merencanakan strategi pemasaran terkait harga tersebut.

Banyak perusahaan melakukan promo dan diskon bahkan menaikkan harga sebagai keputusan strategi pemasarannya, karena faktor tuntutan kompetisi pasar. Hal semacam ini tidak bisa diputuskan begitu saja, harus dilakukan riset harga dan keuntungan terlebih dahulu.

Kompetitor

Objek riset pemasaran yang tidak kalah penting yaitu kompetitor. Amati setiap pergerakan dan gebrakan yang dilakukan oleh kompetitor, dengan begitu Anda dapat menemukan keunggulan dan kelemahan dari produk mereka, dan Anda dapat menentukan langkah terbaik untuk menghadapi persaingan.

Demikianlah artikel mengenai riset pemasaran. Dengan adanya riset pemasaran, pemasaran produk akan tepat sasaran, meminimalisir kerugian dan siap menghadapi persaingan. Untuk melihat artikel lainnya Anda dapat mengunjungi blog Krishand.

Untuk membantu aktivitas pekerjaan Anda, gunakanlah software Krishand. Terdapat banyak pilihan software yang bisa membantu Anda dari mulai perhitungan gaji karyawan, perhitungan pajak, pencatatan laporan keuangan, kontrol stok barang, pembuatan invoice dan lainnya. Kunjungi www.krishandsoftware.com untuk melihat pilihan software yang Anda butuhkan.

AK-2307