Pengertian Manajemen Pemasaran

Pengertian Manajemen PemasaranPada umumnya setiap bisnis perusahaan harus memiliki manajemen yang fokus mengurusi pemasaran, terlebih perusahaan tersebut bergerak di bidang yang memproduksi suatu produk. Kontribusi yang diberikan oleh manajemen ini sangatlah penting guna kelancaran proses pemasaran suatu produk atau jasa. Selain itu, manajemen ini juga berfungsi sebagai pengukur dan analisis strategis dalam proses pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Manajemen ini dikenal dengan manajemen pemasaran atau marketing management. Dengan adanya manajemen pemasaran dapat memberikan peluang perusahaan untuk bisa meraih target pasar yang diinginkan dan juga dapat menarik lebih banyak konsumen. Untuk menggali lebih dalam apa itu manajemen pemasaran, pada artikel kali ini akan mengulas pengertian, fungsi, tujuan, dan ruang lingkup manajemen pemasaran.

Pengertian Manajemen Pemasaran

Pengertian manajemen pemasaran (marketing management) adalah suatu proses yang dilakukan dalam analisis, implementasi dan juga pengendalian atas program-program yang dirancang untuk menghasilkan, membangun dan menjaga pertukaran yang menguntungkan dengan konsumen.

Menurut Philip Kotler, pengertian manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu dalam memilih target pasar dan mendapatkan, mempertahankan, serta menumbuhkan pelanggan dengan cara menciptakan, menyampaikan, dan mengkomunikasikan kualitas yang baik kepada pelanggan.

Menurut Peter R Dickson, Manajemen pemasaran adalah suatu kegiatan perusahaan yang terlibat dalam memahami apa yang konsumen inginkan dan bagaimana mereka berperilaku.

Menurut Sofyan Assauri, manajemen pemasaran adalah kegiatan menganalisis, merencanakan, mengkoordinasikan dan mengendalikan seluruh kegiatan yang terkait dengan perancangan dan peluncuran produk, pendistribusian produk, promosi produk, menetapkan harga dan mentransaksikannya. Dengan tujuan agar dapat memuaskan konsumen sekaligus mencapai tujuan perusahaan dalam jangka panjang.

Dalam praktiknya, manajemen pemasaran harus melewati beberapa proses tahapan agar produk atau dan jasa yang ditawarkan bisa diterima dan berkembang secara pesat di pasaran. Proses ini melibatkan beberapa hal, seperti promosi, iklan, penjualan, hingga hubungan masyarakat.

Peran manajemen pemasaran tak hanya mampu menyampaikan produk dan jasa ke konsumen saja, namun juga memikirkan bagaimana memberi kepuasan pada para pelanggan. Dengan kata lain produsen juga harus memiliki peran dalam memberi kepuasan kepada pelanggan sehingga mendorong terjadinya pembelian secara berkelanjutan. Dengan begitu perusahaan bisa memperoleh laba secara terus menerus.

Fungsi Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran memiliki fungsi analis untuk mengetahui pasar dan lingkungannya sehingga menghasilkan seberapa besar peluang merebut pasar dan ancaman yang kemungkinan dihadapi.

Berikut adalah fungsi manajemen pemasaran:

  1. Analis Pasar

Manajemen pemasaran harus mengetahui peluang, ancaman, kebutuhan dan keinginan dari konsumen. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses kegiatan analis pasar di antaranya analisis terhadap peluang, analisis ancaman, dan analisis perilaku konsumen.

  1. Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar merupakan kegiatan membagi suatu pasar ke dalam kelompok-kelompok yang berbeda, dan setiap kelompoknya memiliki ciri hampir sama. Dengan begitu, pemasaran akan lebih terarah.

  1. Menetapkan Sasaran Pasar

Menetapkan sasaran pasar artinya menentukan keputusan dan memilih pasar mana yang harus dilayani. Untuk menentukannya dapat memulai dengan asumsi, mencermati persaingan yang ada, melakukan komunikasi kepada konsumen dan menjelaskan keunggulan produk.

  1. Penempatan Pasar

Sebelum menentukan penempatan pasar, perusahaan harus mampu melakukan identifikasi posisi kompetitor yang ada. Perusahaan bisa menempatkan diri di sebelah kompetitor jika merasa produknya lebih unggul.

  1. Merencanakan Pemasaran

Fungsi manajemen pemasaran selanjutnya adalah merencanakan pemasaran. Rencana pemasaran meliputi beberapa tahap di antaranya menetapkan misi perusahaan, analisis dan evaluasi portofolio bisnis, mengenali unit-unit bisnis, serta mengenali area bisnis yang akan dimasuki.

Tujuan Manajemen Pemasaran

  1. Menciptakan Permintaan (Demand)

Manajemen pemasaran memiliki tujuan untuk menciptakan permintaan (demand) dengan berbagai cara. Menciptakan cara yang berhubungan untuk mengetahui selera dan kecenderungan yang dibutuhkan konsumen terhadap barang atau jasa yang diproduksi untuk memenuhi kebutuhannya.

  1. Meningkatkan Keuntungan

Bagian pemasaran merupakan bagian yang menghasilkan pendapatan untuk perusahaan. Keuntungan yang cukup harus diperoleh sebagai hasil dari penjualan barang atau jasa yang memuaskan. Apabila perusahaan tidak mampu menghasilkan keuntungan, perusahaan tidak akan mampu untuk bertahan. Keuntungan juga diperlukan untuk menganekaragamkan dan tumbuh kembang perusahaan.

  1. Menciptakan Konsumen Baru

Konsumen adalah dasar dari sebuah bisnis perusahaan, dari konsumen lah perusahaan memperoleh pendapatan dan menjadi penentu apa yang akan dijual perusahaan.

Menciptakan pelanggan baru adalah hal yang sangat krusial karena dapat menentukan maju dan bertahannya bisnis perusahaan. Untuk menciptakan konsumen baru diperlukan eksplorasi dan identifikasi kebutuhan pelanggan secara lebih luas, untuk itu perlu analisis dan memahami keinginan konsumen.

  1. Memuaskan Konsumen

Selain menciptakan konsumen baru, perusahaan juga harus mengembangkan dan mendistribusikan produk yang memenuhi harapan konsumen untuk memberikan kepuasan. Jika konsumen tidak puas, konsumen akan berhenti menggunakan produk dari perusahaan tersebut, sehingga bisnis tidak dapat menghasilkan pendapatan untuk mengembalikan modal dan memenuhi biaya perusahaan.

Konsumen yang puas sangat mungkin menjadi pihak yang rekomendasikan pada orang-orang terdekat mereka sehingga membuat barang atau jasa yang dipasarkan semakin dikenal oleh banyak orang.

  1. Mencitrakan Produk Yang Baik

Tujuan selanjutnya dari manajemen pemasaran yaitu dengan membangun citra produk yang baik di masyarakat. Bagian pemasaran dapat menyediakan barang dan jasa yang berkualitas dan dengan harga yang wajar kepada konsumen. Dari hal itulah akan menciptakan citra yang baik di mata konsumen.

Ruang Lingkup Manajemen Pemasaran

  1. Produk dan Layanan

Produk dan Layanan merupakan element yang dipasarkan, sebab jika tidak ada produk, tidak ada pemasaran. Lingkup manajemen pemasaran berkaitan dengan perencanaan dan pengembangan produk, jenis dan sifat produk, desain dan kualitas produk, keputusan yang berkaitan dengan merek dagang, branding, penjualan, pengemasan, dll.

  1. Riset Pemasaran

Analisis berbagai aspek pasar dan bidang terkait, mencakup analisis jenis dan sifat pelanggan, sikap dan perilaku pelanggan, ukuran pasar, dll. Analisis ini merupakan prasyarat bagi manajemen untuk memiliki pemasaran yang sukses.

  1. Keputusan Harga

Manajemen pemasaran memiliki andil dalam menentukan harga. Manajemen dapat menentukan kebijakan dan strategi penetapan harga, penentuan harga, diskon, dll.

  1. Keputusan Promosi

Manajemen pemasaran juga mempunyai lingkup pada promosi, di mana promosi ini bertujuan untuk menginformasikan pasar tentang ketersediaan produk agar dapat menciptakan permintaan. Berbagai sarana promosi yang dapat dimanfaatkan seperti iklan, promosi penjualan, penjualan pribadi, hubungan masyarakat, dll.

  1. Saluran Distribusi

Manajemen pemasaran memiliki ruang lingkup terhadap jalur pergerakan barang dari produsen ke konsumen, termasuk ke sejumlah perantara seperti agen, pengecer, pekerja dll.

  1. Distribusi Fisik

Manajemen pemasaran memiliki ruang lingkup terhadap pergerakan fisik barang dari produsen ke konsumen. Termasuk pergudangan, transportasi, kontrol inventaris dan manajemen, pemrosesan pesanan dll.

  1. Umpan balik dari Pelanggan

Umpan balik dari pelanggan sangat dibutuhkan oleh manajemen pemasaran, hal ini untuk bahan informasi dan evaluasi produk. Umpan balik harus dikembangkan sehingga dapat mengidentifikasi kepuasan atau ketidakpuasan pelanggan.

Demikianlah beberapa hal yang dapat ketahui tentang manajemen pemasaran. Untuk melihat artikel lainnya bisa mengunjungi blog Krishand Software.

Jika membutuhkan software yang dapat membantu pekerjaan Anda dalam menghitung gaji karyawan, pajak, membuat laporan keuangan, dan lainnya, bisa mengunjungi website Krishand Software. Krishand mempunyai banyak pilihan software yang Anda dan perusahaan butuhkan.

AK-2301