Pengertian Pemasaran

Pengertian PemasaranDalam membangun sebuah bisnis, pemasaran merupakan salah satu hal penting di dalamnya. Pemasaran tidak hanya pada promosi saja tetapi juga mencakup penjualan serta memberikan pengertian lebih dalam terkait produk ataupun jasa yang dimiliki perusahaan. Pada artikel kali ini akan dibahas tentang pengertian pemasaran.

Pengertian Pemasaran

Pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk atau layanannya. Di dalam pemasaran mencakup juga pengiklanan, penjualan, dan pengiriman produk ke konsumen atau perusahaan lain.

Pada saat melakukan promosi, perusahaan akan menargetkan konsumen yang sesuai dengan produk yang dipasarkannya. Selain itu, dengan adanya pemasaran juga sangat membantu para konsumen sehingga mereka akan lebih mudah dalam menemukan produk yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Fungsi Pemasaran

  1. Pengenalan Produk

Pemasaran dilakukan agar produk lebih mudah dikenal oleh calon konsumen. Pemasar harus mengedepankan keunggulan dari produk yang dipasarkan, sehingga bisa lebih menarik perhatian dibanding produk pesaingnya.

  1. Riset

Pemasaran menjadi salah satu tempat untuk melakukan riset. Dengan melakukan Riset memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan informasi mengenai target pasarnya.

  1. Distribusi

Dengan jalur distribusi yang baik, perusahaan akan memastikan bahwa produk dapat dengan mudah didapatkan oleh pelanggan. Pemasar harus memastikan produknya dapat didistribusikan dengan baik dari tempat produksi ke pasar luas menggunakan berbagai transportasi.

  1. Layanan Purna Jual

Dalam sebuah penjualan, pelayanan setelah penjualan sangatlah dibutuhkan. Pemasar harus memastikan pelanggan dapat menggunakan produk yang dibeli sesuai dengan yang seharusnya.

Jenis-Jenis Pemasaran

Terdapat beberapa jenis atau cara pemasar dalam memasarkan produk atau layanan yang dijual oleh perusahaan, berikut beberapa jenis pamasaran tersebut.

  • Branding

Branding adalah salah satu bentuk pemasaran sebagai iklan jangka panjang. Dengan adanya branding sangat membantu dalam membuat produk atau layanan menjadi lebih menarik dan terkenal. Branding sering kali menonjolkan nama, slogan, dan logo agar dapat diingat oleh konsumennya

  • Iklan Siaran

Menggunakan radio atau televisi sebagai media pemasaran merupakan salah satu bentuk iklan berbayar yang paling umum digunakan. Dengan menggunakan cara ini memungkinkan untuk menjangkau pelanggan secara lebih luas.

  • Multi-Level Marketing

Pemasaran dengan menggunakan multi-level marketing adalah bentuk pemasaran secara langsung yang melibatkan banyak orang di mana perusahaan merekrut dan menjual produk-produknya. Multi-level marketing juga dikenal dengan istilah network marketing karena tenaga pemasarannya mendapatkan komisi berdasarkan produk yang mereka jual.

  • Internet

Pemasaran melalui internet mulai populer sejak era digital. Dengan internet pemasaran dilakukan dengan beriklan melalui website, mesin pencari, media online, hingga media sosial.

Tujuan Pemasaran

Tidak hanya membahas menganai fungsi pemasaran, ada juga tujuan dari pemasaran, antara lain sebagai berikut:

  • Mempromosikan produk atau layanan

Tujuan pertama dari pemasaran adalah memperkenalkan produk yang dimiliki kepada calon konsumen baik itu tentang produk maupun layanan yang ada. Memperkenalkan produk atau layanan biasanya dilakukan dengan cara promosi, promosi dilakukan dengan berbagai cara tergantung dengan kebutuhan dan juga modal yang dimiliki perusahaan.

  • Merealisasikan target penjualan atau layanan

Semua perusahaan baik baik skala besar maupun kecil pasti memiliki target penjualan yang harus dipenuhi dalam satu periode. Dengan pemasaran yang baik maka perusahaan dapat memperoleh penjualan yang maksimal, namun hal tersebut juga tergantung dengan jenis strategi pemasaran yang digunakan.

  • Mengetahui kepuasan konsumen

Dalam pemasaran perusahaan tidak hanya ditekankan untuk membuat produk yang berkualitas dengan harga yang kompetitif saja. Namun, kepuasan konsumen juga harus menjadi perhatian perusahaan. Karena konsumen yang merasa puas akan membantu perusahaan memilki masa depan yang lebih baik.

Pemasaran merupakan hal yang penting dalam sebuah bisnis, semakin baik strategi pemasaran yang dijalankan, semakin cepat bisnis berkembang. Sebagai pemilik bisnis, sebaiknya memikirkan dan memastikan sejak awal metode pemasaran seperti apa yang akan digunakan dalam menjalankan perusahaan.

Demikianlah artikel mengenai pentingnya pemasaran. Untuk mengetahui artikel menarik lainnya dapat mengunjungi Blog Krishand.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *