Faktor Penyebab, Kelebihan Dan Kekurangan Pasar Monopolistik

Pasar MonopolistikPasar persaingan monopolistik atau pasar monopolistik dikenal sebagai pasar yang di dalamnya terdapat banyak produsen yang memproduksi produk atau jasa yang sama dengan produsen lain, namun dengan corak yang berbeda-beda (differentiated product). Sama seperti pasar monopoli dan pasar oligopoli, pasar monopolistik juga termasuk struktur pasar persaingan yang tidak sempurna karena produsen di pasar ini dapat mempengaruhi harga, berbeda dengan pasar persaingan sempurna yang mana harga terbentuk atas dasar penawaran penjual dan permintaan pembeli. Lalu apa penyebab pasar monopolistik ini bisa terbentuk?

Faktor Penyebab Terjadinya Pasar Monopolistik

Pasar persaingan monopolistik tidak terbentuk begitu saja, ada beberapa faktor yang menyebabkan terbentuknya pasar monopolistik ini, di antaranya yaitu:

  1. Ketidakpuasan Terhadap Pasar Persaingan Sempurna Dan Monopoli

Dikarenakan produsen yang tidak puas pada sistem yang ada di pasar persaingan sempurna dan pasar monopoli sehingga banyak perusahaan selaku produsen yang pindah ke sistem pasar monopolistik.

  1. Sumber Alam

Indonesia yang sangat kaya akan sumber daya alamnya, membuat setiap orang maupun produsen mudah terjun dalam industri monopolistik ini. Hal tersebut dikarenakan bahan baku produksi maupun bahan pendukung sangat mudah untuk dicari.

  1. Mudah Keluar Masuk Pasar

Faktor berikutnya disebabkan karena mudahnya produsen untuk keluar masuk pasar. Masing-masing produsen menganggap memasuki pasar ini tidak ada hambatan yang berati bagi mereka sehingga dengan bebasnya produsen untuk memasuki pasar ini.

Kelebihan Dan Kekurangan Pasar Monopolistik

Seperti halnya jenis pasar lain, pasar monopolistik juga memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Kelebihan dan kekurangan tersebut antara lain:

Kelebihan Pasar Monopolistik

  1. Bebas Memilih Produk

Banyaknya jumlah produsen di pasar memberikan kemudahan dan keuntungan bagi konsumen untuk dapat memilih suatu produk. Konsumen bisa memilih yang terbaik baginya, baik dalam segi corak, kualitas maupun harga.

  1. Produsen Mudah Berinovasi

Mudah dan bebasnya keluar masuk pasar, mendorong produsen dalam melakukan peningkatan kualitas produknya, dan membuat produsen mampu melakukan sebuah inovasi dalam produknya agar produk yang ditawarkan mampu bersaing di pasaran. Dengan begitu akan memperkuat posisi produk dan tidak tergeser oleh produk-produk kompetitor.

  1. Menciptakan Konsumen Yang Loyal

Adanya diferensiasi produk dalam pasar monopolistik mendorong para konsumen untuk selektif   dalam memilih produk yang akan dibelinya, dan mampu membuat konsumen loyal terhadap produk-produk yang ditawar kan oleh produsen tersebut.

  1. Mudah Diminati Masyarakat

Kelebihan pasar monopolistik berikutnya yaitu pasar ini lebih mudah diminati oleh masyarakat selaku konsumen, karena sebagian besar pasar ini menjual kebutuhan sehari-hari.

Kekurangan Pasar Monopolistik

  1. Tingginya Tingkat Persaingan

Dikarenakan faktor keluar masuk pasar sangat mudah menjadikan pasar ini memiliki tingkat persaingan yang cukup tinggi, baik dari segi pelayanan, kualitas maupun harga.

  1. Butuh Biaya Pemasaran

Karena tingginya tingkat persaingan, mengharuskan produsen yang masuk ke dalam pasar monopolistik memiliki modal yang cukup besar. Hal tersebut dikarenakan agar produsen mampu menghadapi persaingan yang ada. Modal tersebut dibutuhkan untuk biaya promosi yang dilakukan dalam mengenalkan keunggulan produk dibanding produk-produk yang ditawarkan produsen lain.

  1. Harga Produk Lebih Tinggi

Dikarenakan produsen didorong untuk selalu berinovasi, produsen pastinya akan memproduksi produk serupa namun dengan kualitas yang berbeda. Dengan begitu harga produk akan lebih mahal dari produk standarnya, walaupun secara fungsi dan manfaat produk tersebut sama.

Demikianlah artikel mengenai faktor yang menyebabkan terjadinya pasar monopolistik juga kelebihan dan kekurangannya. Sebagai pelaku bisnis, sangat penting mempelajari jenis dan juga struktur-struktur pasar yang ada, karena hal tersebut dapat memberi wawasan dan juga berpengaruh terhadap bisnis yang dijalankan.

Kunjungi artikel menarik lainnya di blog Krishand. Untuk membantu aktivitas pekerjaan Anda, gunakanlah software Krishand. Krishand memiliki banyak pilihan software yang dapat membantu Anda dari mulai perhitungan gaji karyawan, perhitungan pajak, pencatatan laporan keuangan, kontrol stok barang, pembuatan invoice dan lainnya. Untuk melihat pilihan software Krishand kunjungi www.krishandsoftware.com.

AK-2306