Pengertian Pasar Monopoli

Pengertian Pasar MonopoliDunia ekonomi tak pernah lepas dari yang namanya persaingan usaha, terlepas dari sebesar atau sekecil apa pun skalanya. Persaingan yang ada di dunia usaha yang terjadi pun tak selamanya sempurna, pasar monopoli adalah salah satu bentuknya. Pada artikel kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai pengertian pasar monopoli.

Pengertian Pasar Monopoli

Pasar monopoli adalah keadaan di mana hanya ada satu penjual di dalam pasar dan tidak memiliki kompetitor. Biasanya, produk atau jasa yang dimonopoli merupakan kebutuhan yang banyak dibutuhkan masyarakat. Pasar monopoli merupakan tempat di mana hanya ada satu produsen yang menyediakan produk untuk konsumen. Dengan begitu, produsen atau penjual dapat menentukan harga seperti menaikkan atau menurunkan dengan memperhitungkan jumlah barang.

Ciri-Ciri Pasar Monopoli

Terdapat beberapa ciri-ciri yang ada dalam pasar monopoli yang membedakan dengan pasar lainnya, yaitu:

  1. Hanya ada satu perusahaan atau pemasok

Pada pasar monopoli hanya ada satu perusahaan atau produsen sebagai penyedia produk atau jasa.

  1. Tidak ada barang substitusi atau pengganti

Konsumen tidak memiliki alternatif lain seperti barang substitusi atau pengganti pada barang atau jasa tersebut.

  1. Price maker

Perusahaan monopoli dapat menentukan harga karena tidak adanya penyedia lain, sehingga dapat disebut juga sebagai price maker.

  1. Pendatang baru akan sulit memasuki pasar

Para pendatang baru akan memiliki banyak halangan saat ingin memasuki pasar tersebut. Hal tersebut karena ketiga ciri sebelumnya, yaitu perusahaan dapat menentukan harganya sendiri dan konsumen sudah terbiasa untuk tidak punya pilihan kecuali membeli produk atau jasa di perusahaan tersebut.

Penyebab Terjadinya Pasar Monopoli

Terdapat tiga penyebab terjadinya pasar monopoli, yaitu:

  1. Monopoly by nature

Penyebab pertama adalah secara alami atau monopoly by nature, seperti ketika perusahaan berada di suatu lokasi yang terpencil. Letak geografis atau iklim juga dapat membuat perusahaan menjadi perusahaan satu-satunya penyedia produk atau jasanya pada area tersebut.

  1. Monopoly by law

Monopoly by law adalah monopoli terjadi karena adanya aturan atau undang-undang yang berlaku. Monopoly by law dilakukan agar produk atau jasa yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat harganya bisa dikendalikan oleh pemerintah.

  1. Monopoly by licence

Penyebab terakhir adalah monopoly by license yaitu monopoli dikarenakan perusahaan tersebut memiliki hak paten atas kekayaan intelektual yang dimiliki, misalnya perusahaan Microsoft.

Kekurangan dan Kelebihan Pasar Monopoli

Kekurangan

  1. Pembeli pada pasar monopoli tidak memiliki pilihan selain membeli produk atau jasa yang ditawarkan di pasar monopoli.
  2. Perusahaan monopoli bisa menaikkan harga jual sesuai keinginan karena konsumen atau pembeli tidak bisa pindah ke perusahaan lain untuk memenuhi kebutuhan mereka, kondisi ini tentu menguntungkan perusahaan tersebut.
  3. Adanya kemungkinan perusahaan tidak memberikan layanan dengan optimal dan efisien karena perusahaan dapat mengurangi maupun menetapkan harga jual bahkan perusahaan tersebut mampu memanipulasi kelangkaan produk.

Kelebihan

  1. Dapat melindungi hak kekayaan seseorang dari seorang individu, dengan potensi melakukan pengembangan serta inovasi meskipun pada akhirnya nanti memang diperlukan dan dibutuhkan agar tetap laku di masyarakat.
  2. Pemerintah dapat turun tangan untuk melindungi sumber daya alam negara, sesuatu yang sangat penting ini memang dibutuhkan oleh masyarakat di suatu negara tempat mereka tinggal dan hidup.
  3. Dapat menjaga kestabilan ekonomi dan efisiensi pada produk maupun jasa, adanya perusahaan lain dengan menawarkan produk maupun jasa yang sama hanya akan membuat siklus ekonomi menjadi tidak stabil.
  4. Perusahaan monopoli tak perlu mengeluarkan banyak modal, khususnya untuk promosi. Karena produk ataujasa yang ditawarkan sudah pasti dibutuhkan oleh masyarakat.
  5. Kelebihan lain dari pasar monopoli adalah para penjual dengan bebas bisa menentukan harga dari produk atau jasa yang mereka tawarkan. Penjual bisa menetapkan harga paling rendah, atau harga paling tinggi sekalipun.

Demikianlah artikel penjelasan pasar monopoli. Untuk mendapatkan informasi lainnya Anda dapat mengunjungi Blog Krishand.

Untuk membantu bisnis Anda agar dapat berjalan dengan baik, Krishand hadir menciptakan beberapa pilihan software yang dapat memudahkan Anda dalam pembukuan perusahaan, perhitungan gaji karyawan sampai perhitungan pajak. Untuk mengetahui software apa yang cocok untuk bisnis Anda, kunjungi website kami di https://www.krishand.com/.