Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Pengertian Pasar Persaingan SempurnaPasar adalah tempat di mana pihak penjual dan pihak pembeli saling bertemu, berinteraksi dan melakukan transaksi. Saat ini pasar memiliki definisi yang lebih luas dan tidak dibatasi oleh waktu maupun tempat.

Pasar dikenal sebagai tempat produsen memproduksi barang atau jasa dalam skala kecil yang harus menghadapi persaingan dengan produsen yang memproduksi barang atau jasa dalam skala besar. Begitupun sebaliknya, produsen dengan skala besar bersaing dengan produsen berskala kecil.

Pasar memiliki struktur yang dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti jumlah produsen yang ada di dalamnya, barang yang diperjualbelikan, kemudahan memasuki pasar, pengetahuan penjual dan pembeli, dan juga skala produksi yang dihasilkan oleh perusahaan.

Salah satu struktur pasar yang kita ketahui dan bisa dibilang klasik yaitu pasar persaingan sempurna. Lalu apa yang disebut dengan pengertian pasar persaingan sempurna?

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna adalah jenis pasar yang terdapat banyak jumlah pembeli dan penjual di dalamnya dan produk yang ditawarkan bersifat homogen atau sejenis. Dalam pasar persaingan sempurna, pembeli maupun penjual tidak dapat mempengaruhi harga secara sepihak karena harga yang ada di pasar merupakan hasil dari kesepakatan kedua belah pihak yaitu pembeli dan penjual atas proses terjadinya penawaran dan permintaan. Pada pasar ini segala penawaran dan permintaan dapat bergerak secara bebas.

Jenis struktur pasar ini dianggap sangat sesuai bagi produsen dan konsumen karena menjamin terwujudnya kegiatan produksi baik barang maupun jasa yang lebih optimal atau efisien.

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna memiliki ciri-ciri dan juga karakteristik yang berbeda dari jenis struktur pasar lainnya, di antaranya yaitu:

  1. Barang atau jasa yang dijual bersifat homogen

Ciri-ciri dari pasar persaingan sempurna yaitu barang atau jasa yang dijual bersifat homogen atau memiliki karakteristik yang sama. Produsen pada pasar ini menjual produk yang sama baik dari segi mutu dan juga kualitasnya, sehingga konsumen sulit untuk membedakan barang tersebut diproduksi oleh produsen mana.

  1. Terdapat banyak penjual dan pembeli

Terdapat banyak penjual dan pembeli di dalam struktur pasar ini dan Interaksi yang dilakukan antara penjual dan pembeli dianggap price taker atau sebagai pengikut harga yang menyebabkan harga di pasar ini bersifat tetap meski dijual dengan jumlah banyak (datum) sehingga pembeli maupun penjual tidak dapat menentukan harga.

Jika harga barang yang ditawarkan di bawah harga pasar, maka penjual akan akan mengalami kerugian. Sedangkan jika menawarkan harga di atas harga pasar, maka penjual akan sulit untuk menemukan pembeli.

  1. Penjual dan pembeli mengetahui kondisi pasar

Penyebaran informasi yang ada pada struktur pasar ini cenderung sempurna. Pembeli dan penjual mengetahui informasi pasar dengan baik. Kondisi pasar yang dimaksud seperti tingkat harga dan kualitas produk.

  1. Produsen memiliki kebebasan

Produsen memiliki kebebasan untuk membuka maupun menghentikan usahanya di dalam pasar. Para penjual tidak akan terikat dalam kegiatan bisnisnya sehingga bebas untuk masuk dan keluar pasar tanpa ada yang menahannya.

  1. Tidak ada campur tangan pemerintah

Pada dasarnya harga ditentukan oleh pihak penjual dan pembeli, sehingga penjual memiliki kebebasan dalam mengambil keputusan karena tidak ada pengaruh dan campur tangan pihak lain seperti pemerintah.

Kelebihan Dan Kekurangan Dari Pasar Persaingan Sempurna

Kelebihan:

  1. Harga ditentukan dari proses penawaran dan permintaan.
  2. Pihak pembeli lebih diuntungkan karena penjual tidak dapat mampu mempengaruhi harga jual produknya.
  3. Penjual tidak perlu mengeluarkan biaya promosi karena produk memiliki mutu dan kualitas yang sama dari produk yang ditawarkan penjual lainnya.

Kekurangan:

  1. Tidak ada kontrol pemerintah yang dapat mengakibatkan pelanggaran norma di kalangan penjual dan pembeli.
  2. Karena produk yang dijual memiliki kesamaan sehingga penjual cenderung malas melakukan inovasi produk.
  3. Minimnya varian produk sehingga konsumen tidak dapat memilih

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

  1. Pasar Beras

Pasar beras adalah salah satu bahan makanan pokok, sehingga kebutuhan konsumen akan beras sangatlah tinggi. Beras masuk dalam kategori produk yang dijual dalam pasar persaingan sempurna, karena mempunyai banyak jumlah penjual dan pembelinya, harga pasar yang tidak bisa diubah sepihak, dan memiliki kebebasan dalam menjualnya.

  1. Pasar Sayur dan Buah

Contoh berikutnya yaitu pasar sayur dan juga buah-buahan. Buah dan juga sayur juga merupakan salah satu jenis produk yang dibutuhkan masyarakat secara umum. Walaupun kebutuhannya tidak seperti pasar beras, namun masyarakat juga perlu mengkonsumsinya.

  1. Bursa Efek atau Pasar Modal

Bursa efek atau pasar modal juga menjadi salah satu contoh dari pasar persaingan sempurna. Walaupun jenis pasar ini tidak menjual produk kebutuhan masyarakat umum. Namun memiliki ciri dari pasar persaingan sempurna.

Harga saham yang dijual di dalam pasar modal sudah tersistem, sehingga tidak akan ada pihak yang dapat mempengaruhi harga jualnya.

Demikianlah artikel mengenai pasar persaingan sempurna. Dengan begitu Anda dapat mengetahui apa itu pasar persaingan sempurna, ciri-ciri, contoh, kelebihan dan juga kelemahannya dari pasar tersebut. Sebagai produsen sangat penting mengetahui tentang struktur-struktur pasar yang ada, karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kegiatan bisnis yang dijalankan.

Kunjungi artikel menarik lainnya di blog Krishand. Dan jika Anda membutuhkan software untuk membantu pekerjaan Anda, pilihlah software Krishand. Krishand memiliki banyak pilihan software yang dapat membantu pekerjaan Anda dari mulai perhitungan gaji, perhitungan pajak, pencatatan keuangan, kontrol stok barang, pembuatan invoice dan lainnya. Kunjungi www.krishandsoftware.com untuk melihat pilihan software yang dibutuhkan.

AK-2305