Pengertian Manajemen Aset

Manajemen Aset

Aset merupakan unsur sumber daya ekonomi atau kekayaan yang dimiliki dan dikendalikan oleh individu, perusahaan atau pemerintah yang diharapkan dapat memberikan manfaat atau keuntungan usaha di masa depan. Dalam dunia usaha, keberadaan aset merupakan hal yang sangat penting karena dapat menunjang kegiatan operasional dalam perusahaan. Oleh karena itu, manajemen aset sangat perlu untuk dilakukan oleh perusahaan.

Pengertian Manajemen Aset

Manajemen Aset adalah proses pengambilan keputusan yang penerapan implementasinya sesuai dengan etika perolehan, penggunaan, dan pembagian aset tersebut. Sementara itu, pengertian lain dari manajemen aset adalah proses sistematis yang bertujuan untuk mempertahankan, menjunjung tinggi, dan mengoperasikan aset secara ekonomi melalui akuisisi, pembuatan, operasi, pemeliharaan, rehabilitasi, dan penghapusan aset sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai secara efektif dan efisien.

Manfaat Manajemen Aktiva

Berikut beberapa menfaat yang didapat oleh perusahaan yang melakukan manajemen aktiva.

1. Dapat Menjaga Nilai Aset

Manajemen aset yang baik dalam perusahaan sangat dibutuhkan agar menjaga nilai aktiva tersebut tetap berkualitas. Semua aset berisiko mengalami pengurangan nilai baik itu karena kerusakan atau kerugian. Perusahaan dalam hal ini menggunakan manajemen aset untuk mempertahankan nilai aset agar tetap tinggi dan tidak berkurang.  Penggunaan manajemen aset dapat meminimalkan pengurangan nilai aset sehingga masa penggunaan aktiva dapat bertahan lebih lama.

2. Memantau Penyusutan Aset

Salah satu risiko yang perlu di cermati atas penggunaan aktiva tetap adalah terjadinya penyusutan atau depresiasi. Penyusutan aktiva dapat kita artikan sebagai pengalokasian pengurangan nilai aktiva secara sistematis dari harga perolehan suatu aktiva tetap sepanjang penggunaan aset tersebut. Penyusutan aset/aktiva tetap dapat mengurangi nilai manfaat aset dari sisi fungsional dan nilai aset. Untuk mempermudah perusahaan dalam mengontrol penyusunan aset dan memonitor valuasi aset tersebut sangat diperlukan manajemen aset. Laporan penyusutan aset ini nantinya harus dimasukkan ke dalam laporan keuangan perusahaan karena berhubungan dengan valuasi yang dimiliki.

3. Meningkatkan Keamanan

Aset yang dimiliki perusahaan biasanya dalam jumlah banyak dan tidak bisa dikontrol secara individual. Perusahaan yang menerapkan manajemen aset, dapat meminimalisir kemungkinan terjadi kerusakan atau kehilangan aset tersebut. Dengan demikian, aset-aset ini akan tersimpan dengan benar, terjamin dan terlindungi.

4. Mempermudah Penyusunan Anggaran

Dengan menerapkan manajemen aset dalam perusahaan, penyusunan anggaran berupa pembangunan, pembelian aset, pemeliharaan aset yang berkaitan dengan pendanaannya lebih mudah dilakukan. Hal ini akan mempermudah perusahaan dalam mengambil keputusan untuk memilih aset mana yang dapat diperpanjang usianya atau harus dihapuskan.

5. Menghindari Pembelian Berlebih

Perusahaan yang menerapkan manajemen aset dapat mengontrol pembelian aset. Karena perusahaan dapat mengetahui umur dan kondisi aset tersebut dengan demikian perusahaan dapat memperkirakaan apakah aset tersbut harus diperbarui atau tidak.

Salah satu manfaat management aset adalah dapat memantau penyusutan aset. Jika Anda memiliki kesulitan dalam menghitung penyusutan aset tetap, Krishand memiliki Software dengan nama “Krishand Fixed Asset” yang dapat mempermudah Anda dalam pencatatan aktiva tetap. Krishand Fixed Asset juga dapat digunakan untuk menghitung biaya penyusutan aktiva tetap baik secara komersial maupun fiskal. Disamping itu, program ini dapat juga digunakan untuk mengelola mutasi fisik aktiva tetap. Anda bisa mendapatkan informasi kondisi aktiva dan posisi aktiva berada meliputi cabang, lokasi, area, departemen, dan pemakai. Saat ini Krishand Fixed Assets dapat digunakan secara gratis. Info selanjutnya silakan klik link ini Promo Krishand Fixed Assets.