Perbedaan Biaya dan Beban

perbedaan biaya dan beban

Dalam akuntansi terdapat istilah biaya (cost) dan beban (expense), kedua istilah tersebut sering diartikan sebagai hal yang sama. Meskipun kedua istilah tersebut sekilas sama namun memiliki arti dan fungsi yang  berbeda. Untuk membantu Anda dalam membedakan kedua istilah tersebut pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan antara biaya dan beban.

Biaya (cost) adalah pengeluaran-pengeluaran atau nilai pengorbanan untuk memperoleh barang dan jasa yang berguna untuk masa yang akan datang atau mempunyai manfaat melebihi satu periode akuntansi. Beban (expense) adalah biaya yang telah memberikan suatu manfaat dan termasuk pula penurunan dalam aset atau kenaikan dalam kewajiban sehubungan dengan penyerahan barang dan jasa dalam rangka memperoleh pendapatan.

Perbedaan antara biaya dengan beban secara umum diantaranya sebagai berikut:

1. Masa Manfaat/Periode Akuntansi

Perbedaan yang sangat mencolok antara biaya dan beban dalam akuntansi adalah masa manfaat/periode akuntansinya. Biaya memiliki masa manfaat  yang lebih panjang  dibandingkan dengan beban, sesuai dari deskripsinya biaya memiliki masa manfaat lebih dari satu periode akuntansi sementara beban memiliki masa manfaat yang relatif lebih cepat yaitu kurang dari atau selama satu periode akuntansi.

2. Posisi Dalam Laporan Keuangan

Selain masa manfaat perbedaan lain adalah posisi/letak dalam laporan keuangan. Biaya biasanya dianggap sebagai bagian dari neraca yang dapat berupa biaya belum terpakai dan dapat dianggap sebagai aktiva perusahaan. Sementara beban masuk kedalam laporan laba/rugi karena dianggap sebagai pengeluaran yang sudah terpakai dan tidak akan dibawa ke periode selanjutnya. Beban digunakan untuk menghitung keuntungan/kerugian perusahaan pada periode tersebut.

3. Jumlah Yang Dikeluarkan

Perbedaan jumlah pengeluaran antara modal dan beban  pada umumnya lebih besar jumlah pengeluaran dari biaya. Biaya yang dikeluarkan dari pengeluaran modal, sementara beban dikeluarkan dengan pengeluaran pendapatan. Semakin besar biaya yang dikeluarkan maka semakin besar juga modal yang dikeluarkan sebaliknya untuk beban, semakin besar beban yang dikeluarkan maka akan semakin kecil keuntungan/pendapatan yang diperoleh.

Demikian artikel mengenai perbedaan biaya dan beban, untuk membantu Anda dalam mengelola laporan keuangan Krishand Software menyediakan program Krishand General Ledger. Dengan Krishand General Ledger Anda dapat mengelola jurnal hingga laporan keuangan seperti neraca dan laba/rugi serta laporan lain yang berguna bagi perusahaan. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai Krishand General Ledger Anda dapat klik Krishand General Ledger. Atau untuk mengetahui program-program lain yang dapat membantu Anda dalam mengelola laporan payroll, akuntansi dan pajak, Anda dapat mengunjungi website kami dengan klik Krishand Software. Semoga Bermanfaat 

JP2105

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *