Pengertian Merger Perusahaan

merger perusahaan

Dua perusahaan startup Indonesia, Gojek dan Tokopedia akhirnya resmi melakukan merger. Gojek dan Tokopedia mengumumkan merger menjadi Grup GoTo. Bergabungnya kedua startup ini disebut akan menjadi grup teknologi terbesar di Indonesia. Dijelaskan dalam akun YouTube resmi Gojek Indonesia, GoTo adalah sebuah kombinasi antara layanan e-commerce, on-demand, dan layanan keuangan dan pembayaran, menciptakan platform pertama di Asia Tenggara yang menghadirkan tiga layanan penting dalam satu ekosistem. Grup GoTo juga mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam ekonomi digital, sehingga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi bangsa. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan merger?

Pengertian Merger Perusahaan

Merger adalah kesepakatan dalam proses penyatuan dua atau lebih perusahaan sehingga terbentuk sebuah bisnis hasil merger yang baru. Dalam proses merger salah satu perusahaan tetap berdiri dengan nama yang dimilikinya dan perusahaan yang lain kehilangan nama beserta kekayaannya dan bergabung dengan perusahaan yang lainnya.

Jenis-jenis Merger

1. Merger Horizontal

Merger horizontal adalah merger antar kompetitor bisnis. Kedua perusahaan yang bergabung merupakan usaha yang beroperasi dalam industri yang sama dan menawarkan produk atau jasa yang mirip.

2. Merger Vertikal

Merger vertikal adalah merger beberapa bisnis yang berhubungan satu sama lain. Salah satu perusahaan berlaku sebagai pemasok atau distributor terhadap perusahaan lainnya. Contohnya seperti perusahaan motor yang bergabung dengan pemasok suku cadangnya.

3. Merger Konglomerat

Merger konglomerat adalah penggabungan dua perusahaan atau lebih dimana perusahaan yang bergabung tidak dalam kegiatan bisnis yang sama dan tidak ada keterkaitan satu sama lain.

4. Merger Kon Generik

Merupakan proses merger yang menggabungkan dua perusahaan atau lebih dimana bentuk usaha perusahaan tersebut masih berhubungan namun berbeda produk. Misalnya, merger antara Bank dengan perusahaan pembiayaan.

Tujuan Merger

1. Meningkatkan Pertumbuhan Perusahaan

Salah satu cara agar perusahaan agar dapat tumbuh lebih cepat, baik ukuran, pasar saham, dan diversifikasi bisnis adalah melakukan merger. Merger juga meningkatkan nilai bisnis yang baru dibentuk setelah penggabungan dilakukan.

2. Diversifikasi

Merger adalah salah satu cara yang biasa dilakukan pengusaha untuk melakukan diversifikasi. Sebuah perusahaan melakukan diversifikasi bisnis dengan memasuki pasar baru dan menawarkan produk atau jasa baru. Hal tersebut juga termasuk manajemen risiko untuk menurunkan kemungkinan rugi dalam operasi perusahaan.

3. Meningkatkan Finansial

Perusahaan yang ingin melakukan ekspansi internal pasti akan memerlukan finansial yang bagus. Kebutuhan akan finansial itu dapat diperoleh dengan melakukan ekspansi eksternal, yakni menggabungkan diri dengan perusahaan yang memiliki likuiditas tinggi.

4. Meningkatkan Efisiensi

Saat perusahaan yang memiliki layanan atau produk yang sama melakukan penggabungan, hal tersebut dapat meningkatkan efisiensi perusahaan. Terutama efisiensi yang ada dapat meningkatkan tenaga kerja dan fungsi perusahaan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *