Potongan Pembayaran Dan Diskon

Potongan Pembayaran dan DiskonSebelumnya sudah dibahas mengenai sistem pembayaran di Indonesia, selain itu juga pernah dibahas mengenai termin pembayaran. Dalam artikel termin pembayaran terdapat beberapa jenis termin, di antaranya adalah 5/10, n/30 dan 5/10, EOM. Dalam termin tersebut mengandung nilai potongan pembayaran jika dibayar sesuai jangka waktu tertentu. Pada artikel kali ini akan dibahas lebih dalam mengenai potongan pembayaran dan diskon.

Pengertian Potongan Pembayaran dan Diskon

Potongan pembayaran merupakan sejumlah nilai pengurangan nilai pembayaran yang diberikan oleh penjual kepada pembeli atas barang yang dibeli. Potongan pembayaran dapat diberikan kepada pelanggan atau pembeli karena pelanggan memenuhi syarat tertentu, kesepakatan kedua belah pihak ataupun murni dari penjual memberikan potongan untuk pelanggan tertentu. Sementara diskon adalah pengurangan secara langsung dari harga  yang diberikan oleh penjual terhadap produk-produk yang dijual.

Perbedaan Potongan Pembayaran Dengan Diskon

Antara potongan pembayaran dengan diskon atau potongan harga memilki fungsi yang hampir sama, sama-sama akan mengurangi jumlah pembayaran yang dilakukan. Akan tetapi meskipun memiliki fungsi yang hampir sama ada beberapa perbedaan antara potongan pembayaran dengan diskon. Adapun bebera perbedaan tersebut di antaranya:

PerbedaanDiskonPotongan Pembayaran
InformasiKetika awal terjadinya transaksi sudah diketahuiSetelah atau saat terjadinya transaksi pembelian
Subjek potonganJelas sesuai dengan barang yang dijual, meskipun beragam akan jelas barang mana saja yang mendapatkan diskonPotongan pembayaran biasanya bersifat global tidak hanya melihat rincian barang
Waktu PelaksanaanUmumnya pada event tertentuSesuai kebijakan penjual atau ketika pembeli mencapai kriteria tertetu
Objek potonganSemua pelangganHanya pelanggan tertentu
TargetMencari calon pelanggan sebanyak-banyaknyaMengelola dan memberikan pelayanan khusus terhadap pelanggan

Contoh Potongan Pembayaran Dengan Diskon

Potongan pembayaran diberikan kepada pelanggan contohnya, karena adanya termin pembayaran dan pelanggan membayar sebelum batas termin pembayaran waktu diskon, contohnya pada termin 5/10, EOM namun pelanggan melakukan pembayaran sebelum 10 hari setelah transaksi maka pelanggan tersebut mendapatkan potongan 5% dari jumlah pembayaran. Sementara contoh diskon adalah sebagai berikut: sebuah mall memberikan diskon sebesar 10% untuk baju dan celana selama hari raya idhul fitri mulai H-1 sampai H+2, maka ketika pelanggan membeli baju atau celana pada waktu tersebut akan mendapatkan potongan sebesar 10% dari harga jual  masing-masing barang yang dipilih.

Besarnya nilai pembayaran tersebut akan mempengaruhi nilai pendapatan atas penjualan barang tersebut, maka dari itu perlu adanya pengelolaan pencatatan potongan dan diskon secara benar. Untuk membantu Anda dalam pengelolaan transaksi penjualan dan pembayaran transaksi, Krishand Software menyediakan program Krishand Accounting. Dengan program krishand Accounting Anda dapat melakukan pencatatan transaksi penjualan, diskon atas barang yang dijual, pembayaran transaksi penjualan hingga potongan penjualan. Selain itu juga masih banyak lagi fitur dan laporan yang dapat Anda manfaat untuk pengelolaan data transaksi pembelian dan penjualan Anda.

Untuk menguduh trial program Krishand Accounting secara gratis Anda dapat mengunjungi website kami dengan cara klik Krishand Software. Demikian artikel mengenai potongan harga dan diskon, semoga bermanfaat.

JP2210