Pengertian Termin Pembayaran

Termin Pembayaran

Dalam transaksi jual beli baik barang maupun jasa, perlu adanya invoice sebagai dokumen penagihan pembayaran atas transaksi tersebut. Dalam satu transaksi dapat dibuat dalam satu invoice transaksi ataupun beberapa invoice sesuai dengan teknis pembayaran dan kebijakan perusahaan. Satu perusahaan dengan perusahaan lainnya bisa memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Satu invoice dapat dibayarkan sekaligus ataupun dilakukan pembayaran secara berkala/bertahap. Pembayaran secara berkala tersebut dapat disebut dengan termin. Termin pembayaran bisa memiliki jangka waktu yang berbeda-beda antara termin 1 dengan termin selanjutnya. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai termin pembayaran dalam transaksi jual beli barang atau jasa.

Pengertian Termin

Pengertian termin secara umum adalah suatu metode pembayaran yang dilakukan secara bertahap dengan tempo atau jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan yang dilakukan antara penjual dengan pembeli dalam transaksi penjualan barang ataupun jasa. Pembayaran ini dilakuakan ketika barang atau jasa sudah diterima atau dapat dinikmati. Kesepakatan adanya pembayaran termin dapat terjadi jika terdapat kondisi sebagai berikut:

  1. Supplier membutuhkan waktu untuk menyediakan barang/penyelesaian jasa dari transaksi tersebut.
  2. Customer tidak sanggup jika pembayaran atas barang/jasa dilakukan sekaligus.

Manfaat Termin

Adapun manfaat dari adanya termin pembayaran diantaranya sebagai berikut:

  1. Adanya waktu untuk penyiapan dana

Dengan adanya termin maka customer memiliki waktu yang lebih panjang untuk penyiapan dana. Sehingga untuk customer yang tidak memiliki cukup dana atau tidak memiliki dana yang besar tetap bisa melakukan transaksi pembelian sesuai jangka waktu pembayaran termin selanjutnya.

  1. Waktu pengerjaan/penyiapan barang menjadi lebih terkontrol

Jika pembayaran dilakukan berdasarkan termin dan penyelesaian perkerjaan maka waktu pengerjaan dan penyelesaian barang lebih terkontrol.

  1. Biaya yang harus dibayarkan menjadi lebih ringan

Karena pembayaran tidak dilakukan sekaligus sehingga biaya yang dibebankan dalam sekali pembayaran akan lebih ringan jika dibandingkan pembayaran sekaligus.

Jenis Termin Pembayaran

Ada beberapa jenis termin yang dapat diterapkan dalam transaksi. Termin yang diterapkan dapat disesuaikan dengan kondisi dan keadaan baik penjual atau pembeli. Adapaun beberapa jenis termin yang biasa digunakan diantaranya sebagai berikut:

  1. End Of Month

End of month merupakan termin pembayaran yang akan jatuh tempo pada akhir bulan. Akhir bulan yang dimaksud disini bisa akhir bulan transaksi atau akhir bulan periode selanjutnya, sesuai kesepakan antara penjual dan pembeli.

  1. n/30

n/30 merupakan termin khusus, di mana 30 yang dimaksud di sini adalah 30 hari setelah terjadinya transaksi. Jika transaksi dilakukan pada tanggal 29 September maka jatuh tempo transaksi tersebut adalah 30 Oktober. Hal ini juga berlaku dengan kondisi 60 hari setelah atau 90 hari setelah transaksi, maka Anda bisa menggunakan kode n/60 atau n/90

  1. n/15, EOM

n/15 end of month dapat diartikan termin pembayaran di mana jatuh temponya adalah 15 hari setelah akhir bulan.

  1. 5/10, n/30

5/10, n/30 jenis termin ini merupakan termin yang banyak digunakan karena terdapat diskon di dalamnya. Dari termin tersebut dapat diartikan jatuh tempo pembayaran adalah 30 hari setelah transaksi, jika pembayaran dilakukan sebelum 10 hari setelah transaksi maka akan mendapatkan diskon 5%.

  1. 5/10, EOM

Termin ini hampir sama dengan sebelumnya, perbedaannya pada jatuh tempo pembayarannya. Jatuh tempo pembayaran atas transaksi tersebut adalah akhir bulan, namun jika pembayaran dilakukan sebelum 10 hari setelah transaksi makan akan mendapatkan potongan sebesar 5%.

Demikian penjelasan artikel kali ini, jika Anda memerlukan program yang dapat membantu Anda dalam pengelolaan waktu pembayaran atau aging hutang dan piutang Anda dapat menggunakan program terbaru dari Krishand Software yaitu Krishand Accounting. Di dalam program Krishand Accounting tedapat laporan hutang ataupun piutang berdasarkan jatuh tempo transaksi, yang dapat digunakan untuk monitoring pembayaran dan terdapat juga laporan lain yang sangat berguna dalam pengelolaan data transaksi Anda. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai Krishand Accounting Anda dapat mengunjungi website kami dengan cara klik Krishand Software. Semoga bermanfaat.

JP2201