Pengertian Perusahaan Tbk

Pengertian Perusahaan TbkBeberapa perusahaan yang pernah kita dengar mungkin memiliki singkatan Tbk di belakanganya. Namun tidak banyak orang yang mengerti maksud dari singkatan tersebut. Singkatnya, Tbk adalah perusahaan terbuka. Pada artikel kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai pengertian perusahaan tbk.

Pengertian Perusahaan Tbk

Perusahaan dengan akhiran Tbk adalah perseroan terbatas, di mana kepemilikan sahamnya dipegang paling sedikit 300 pemegang saham dan memiliki jumlah modal yang dikantongi minimal berjumlah Rp3.000.000.000. Perusahaan Tbk adalah perusahaan yang dapat menjual saham serta obligasinya pada masyarakat agar mampu mendapatkan modal tambahan. Lalu, modal yang didapatkan dapat digunakan untuk ekspansi bisnis atau usaha, maupun menjalankan proyek lainnya agar dapat meningkatkan keuntungan perusahaan. (Baca : Pengertian IPO)

Karakteristik Perusahaan TBK

Perusahaan tbk memiliki beberapa karakteristik yang dapat dikenali. Salah satunya yang paling nampak terlihat dari perusahaan ini ialah memiliki Tbk di belakang nama perusahaan. Selain itu terdapat lima karakteristik lainnya, yaitu:

  1. Memiliki Tujuan yang Jelas

Perusahaan Tbk adalah perusahaan yang memiliki tujuan bisnis dengan jelas dan terarah, sehingga setiap titik dalam tujuan perusahaan dapat tercapai dengan manfaat signifikan. Tujuan perusahaan Tbk sudah ditetapkan dan dibentuk dengan jelas agar mudah dipahami oleh seluruh komponen perusahaan.

  1. Menawarkan Dividen Pada Investor

Karakteristik berikutnya adalah pemberian dividen kepada para pemegang sahamnya. Dividen merupakan bentuk pembagian keuntungan atau laba perusahaan. Selain dibagikan sebagai dividen, keuntungan perusahaan juga dapat digunakan sebagai tambahan modal perusahaan. Penggunaan dividen untuk tambahan modal atau ekspansi dapat dilakukan jika pemegang saham sudah sepakat. Sehingga, dividen akan dialokasikan untuk pengembangan usaha.

  1. Tidak Mendapat Fasilitas dari Negara

Perusahaan Tbk adalah perusahaan yang tidak dikelola oleh pemerintah, sehingga mereka bertanggung jawab sendiri atas seluruh kepentingan operasional usaha. Pada umumnya, perusahaan tbk tidak mendapatkan fasilitas dari negara dan harus melakukan pengadaan barang inventaris atau kebutuhan lainnya dengan memanfaatkan modal usaha.

  1. Investor Tidak Bertanggung Jawab Atas Operasional

Karakteristik berikutnya dari perusahaan Tbk adalah pemegang saham atau investor tidak bertanggung jawab atas operasional perusahaan. Kelalaian yang terjadi di perusahaan tidak menjadi tanggung jawab investor atau pemegang saham. Semua pengelolaan perusahaan menjadi tanggung jawab direksi dan jajaran terkait.

  1. Keputusan Ditentukan oleh RUPS

Pada perusahaan Tbk, sistem pengambilan keputusan ditentukan melalui Rapat Umum Pemegang Saham atau RUPS. Rapat umum pemegang saham biasanya dilakukan untuk menentukan siklus modal dan berbagai faktor utama lain untuk menjalankan operasional perusahaan.

Keuntungan dan Kekurangan Perusahaan Tbk

Keuntungan

  • Mudah mengumpulkan modal dari penjualan saham untuk mengembangkan bisnis
  • Memiliki laporan keuangan yang akuntabel karena bersifat terbuka yang bisa diakses oleh publik
  • Mengembangkan bisnis dengan melakukan diversifikasi usaha
  • Meningkatkan penjualan produk/jasa sebagai bentuk dari perusahaan yang makin prestisius
  • Mudah melakukan merger dan akuisisi perusahaan menggunakan saham
  • Meningkatkan nilai atau valuasi perusahaan, sehingga dapat mendongkrak harga jual lembar sahamnya
  • Bisa mendapatkan pembiayaan dari bank dengan bunga pinjaman lebih kecil, dan masih banyak lagi lainnya.

Kekurangan

Kekurangan perusahaan Tbk adalah keterbukaan informasi dalam mengambil keputusan dan informasi seputar perusahaan. Karena, semua informasi terkait pengembangan perusahaan harus dibagikan kepada seluruh pemegang saham.

Perusahaan tbk harus memberikan laporan keuangannya kepada para pemegang saham sehingga pada RUPS dapat ditentukan penggunaan atas keuntungannya. Krishand Software menyediakan program Krishand General Ledger. Dengan menggunakan Krishand General Ledger dapat membantu anda dalam membuat beberapa laporan keuangan seperti neraca saldo, laporan laba rugi, laporan arus kas dan beberapa laporan lainnya. Segera hubungi 021-7367364 untuk informasi lebih lanjut.