Strategi, Syarat Dan Cara Melakukan Diferensiasi Produk

Cara Melakukan Diferensiasi ProdukMembangun sebuah bisnis tidak cukup hanya dengan menyediakan produk dan tempat, namun perlu adanya strategi untuk menjalankannya. Strategi dibutuhkan agar perusahaan siap untuk menghadapi persaingan karena banyaknya produk sejenis yang ditawarkan oleh produsen lain. Banyaknya pilihan produk baru yang setiap harinya masuk ke pasar membuat konsumen bingung dalam memilih. Atas dasar itulah diperlukan strategi sebagai cara agar produk Anda terlihat menonjol dan dianggap unik di mata konsumen dari produk serupa yang ditawarkan kompetitor. Produsen dapat melakukan diferensiasi produk, yaitu suatu upaya untuk membedakan produk dari produk-produk yang ditawarkan kompetitor baik dari segi bentuk, corak, kemasan, kualitas, daya tahan, fitur, sampai mutu kinerja produk tersebut. Pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai apa itu diferensiasi produk. Namun Anda juga perlu memahami strategi, syarat dan juga cara-cara dalam melakukan diferensiasi produk yang akan dibahas pada artikel kali ini.

Strategi Apa Yang Dilakukan Dalam Diferensiasi Produk?

Segala sesuatu yang kita lakukan dalam bisnis, tidak boleh kita lakukan dengan asal, termasuk melakukan diferensiasi produk. Perlu strategi khusus agar produk tersebut mudah diterima oleh konsumen.

Berikut beberapa strategi yang harus dilakukan agar produk yang didiferensiasikan berhasil di pasaran:

  1. Mengetahui Kebutuhan Konsumen

Dalam diferensiasi produk, hal pertama yang perlu diketahui adalah apa yang dibutuhkan konsumen. Dengan memahami kebutuhan konsumen diharapkan dapat membuat konsumen merasa dipedulikan karena bisa mendapatkan produk yang dibutuhkannya dengan mudah.

Menjual produk yang dibutuhkan oleh konsumen dapat mempengaruhi minat konsumen dalam memutuskan produk yang akan dibelinya. Karena produk dianggap memiliki perbedaan yang positif dari produk sejenis lainnya yang dihasilkan kompetitor.

  1. Menjaga Kualitas Produk

Kualitas produk menjadi salah satu hal yang dicari konsumen. Untuk itu produsen harus memastikan produk yang ditawarkannya terjaga dalam segi kualitas. Dengan kualitas yang baik menjadikan produk tersebut lebih unggul dibandingkan produk sejenis yang ditawarkan kompetitor, sehingga konsumen cenderung memilih produk tersebut.

Untuk menghasilkan produk yang berkualitas, dapat diproduksi dengan menggunakan bahan baku yang berkualitas pula dan sedikit memoles produk agar terlihat menarik di mata konsumen.

  1. Melakukan Inovasi Produk

Inovasi merupakan bagian dari diferensiasi. Dengan dilakukannya inovasi, produk akan menjadi lebih menarik dan memiliki warna baru yang ditawarkan, sehingga akan lebih unggul dibandingkan dengan produk kompetitor. Oleh sebab itu, inovasi sangat penting bagi produsen guna menjadikan produknya berbeda dengan yang lain.

  1. Jujur dalam Penawaran

Penawaran juga menjadi bagian yang perlu diperhatikan dalam melakukan diferensiasi produk. Penawaran juga akan terasa menarik bagi konsumen jika dilakukan dengan cara yang jujur, yaitu dengan menjelaskan kelebihan dan kekurangan produk yang Anda tawarkan, sehingga konsumen mendapatkan informasi produk dengan akurat.

Penawaran yang jujur dapat menjadi bentuk pelayanan yang baik bagi konsumen dan akan menjadi nilai tambah bagi produk. Meski tidak ada inovasi yang ditawarkan, konsumen tetap memilih produk tersebut karena merasa nyaman dengan pelayanan yang didapatkan.

  1. Mengajak Persepsi Pada Konsumen

Persepsi konsumen merupakan aspek psikologis seseorang (konsumen), yang menimbulkan suatu proses agar orang tersebut memilih atau menentukan pilihannya.

Persepsi bisa dilakukan dengan penawaran produk, promosi, dan ajakan. Dengan begitu produk lebih mudah untuk dikenali. Dalam hal ini konsumen akan diajak persepsinya agar menggunakan produk tersebut.

Tidak mudah mengubah keputusan konsumen bila tidak tahu strateginya. Melakukan promosi dan penawaran dapat mengikat emosional konsumen untuk mengajak persepsi konsumen.

Syarat Yang Harus Diperhatikan Dalam Diferensiasi Produk

Ada beberapa syarat yang harus diperhatikan oleh perusahaan dalam melakukan diferensiasi produk. Hal ini bertujuan agar diferensiasi produk yang dilakukan berhasil. Syarat-syarat tersebut yaitu sebagai berikut:

  1. Important, yaitu produk yang didiferensiasikan harus bernilai bagi konsumen.
  2. Distinctive, yaitu produk yang didiferensiasikan harus berbeda atau belum pernah ada selama ini.
  3. Superior, yaitu produk harus memberikan keunggulan atau kelebihan dari produk pesaing.
  4. Communicable, yaitu produk yang didiferensiasikan itu bisa diamati dan dikomunikasikan kepada konsumen.
  5. Pre-emptive, produk yang didiferensiasikan dibuat sulit untuk ditiru oleh pesaing.
  6. Affordable, harga produk terjangkau sehingga pembeli dapat membayar dengan adanya diferensiasi tersebut.
  7. Profitable, harus ada keuntungan bagi perusahaan akibat efek dari diferensiasi tersebut.

Cara Melakukan Diferensiasi Produk

Dalam melakukan diferensiasi produk ada beberapa cara umum yang dapat Anda lakukan agar produk berbeda dari produk pesaing. Anda dapat membedakan produk dari segi:

  • Ukuran
  • Bahan baku
  • Cara branding
  • Cara packaging
  • Menambahkan fitur tertentu
  • Menonjolkan fitur tertentu
  • Menawarkan kelebihan
  • Memaparkan kekurangan kompetitor

Selain cara umum yang disebutkan di atas, Anda juga harus mempunyai cara lainnya dalam diferensiasi produk tersebut. Berikut cara yang dapat dilakukan:

  1. Ketahui Pasar Anda

Menerapkan diferensiasi produk harus mengetahui pasar yang akan Anda tuju. Dengan kata lain Anda harus mengamati dan memperhatikan pasar yang dimasuki. Siapa saja kompetitor yang ada di dalamnya? Apa yang ditawarkan kompetitor? Apa kebutuhan dan yang diharapkan konsumen?

  1. Seluruh Tim Harus Terlibat

Selanjutnya, libatkan seluruh tim terkait seperti tim manajemen produk, marketing, engineering, dan juga sales. Arahkan seluruh tim untuk mencari dan menganalisis data mengenai nilai dan manfaat dari produk yang ditawarkan.

  1. Identifikasi Peluang

Cara berikutnya yang tak kalah penting untuk menerapkan diferensiasi produk adalah dengan mengidentifikasi peluang yang ada. Dengan begitu Anda bisa membedakan produk lebih jauh lagi dari produk kompetitor. Dalam mengidentifikasi peluang, Anda memerlukan peta produk yang strategis.

Demikianlah artikel mengenai strategi, syarat dan juga cara melakukan diferensiasi produk. Untuk melihat artikel lainnya Anda dapat mengunjungi blog Krishand.

Untuk membantu aktivitas pekerjaan Anda, gunakanlah software Krishand. Krishand memiliki banyak pilihan software yang dapat membantu Anda dari mulai perhitungan gaji karyawan, perhitungan pajak, pencatatan laporan keuangan, kontrol stok barang, pembuatan invoice dan lainnya. Untuk melihat pilihan software Krishand kunjungi www.krishandsoftware.com.

AK-2307