Pengertian Diferensiasi Produk

Pengertian Diferensiasi ProdukSaat ini, sangat mudah bagi konsumen melihat perbedaan produk dan memilih yang terbaik sesuai kebutuhan mereka karena banyaknya akses yang bisa dimanfaatkan, di antaranya melalui media e-commerce atau marketplace maupun informasi yang diterima dari sales produk. Sebagai pelaku bisnis, harus mampu menghadirkan hal-hal yang menarik pada produk yang ditawarkan demi menarik minat konsumen di pasaran.

Ketatnya persaingan bisnis membuat para produsen atau pelaku bisnis menyadari pentingnya berinovasi dalam menciptakan suatu produk yang berbeda dengan produk dari para pesaing. Atas dasar itulah pelaku bisnis perlu melakukan strategi diferensiasi produk.

Strategi yang tepat dalam diferensiasi produk dapat meningkatkan kesadaran para konsumen atas merek yang Anda pasarkan (brand awareness). Lalu apa itu pengertian diferensiasi produk?

Pengertian Diferensiasi Produk

Pengertian diferensiasi produk adalah suatu upaya atau strategi yang dilakukan produsen untuk membedakan produknya dari produk-produk para pesaing untuk menarik konsumen. Produk dibedakan dari segi bentuk, corak, kemasan, kualitas, daya tahan, fitur, sampai mutu kinerja produk tersebut.

Diferensiasi produk berkaitan dengan unique selling proposition atau USP yaitu sisi unik dari sebuah produk, karena biasanya produk bisnis yang dihasilkan perusahaan memiliki sisi unik yang tak dimiliki oleh pemilik bisnis lainnya. Strategi untuk memanfaatkan keunikan produk atau USP tersebut yaitu diferensiasi produk.

Konsumen cenderung lebih tertarik dengan produk yang dianggap berbeda bahkan sampai mencari produk-produk yang menurutnya unik. Diferensiasi produk membuat produk memiliki ciri khas dan terlihat lebih unggul dari produk sejenisnya.

Diferensiasi produk juga merupakan strategi perusahaan agar mampu bertahan di tengah persaingan bisnis, dengan tetap berinovasi serta menawarkan layanan sesuai kebutuhan pelanggan.

Kenapa Butuh Diferensiasi Produk?

Perusahaan harus mempunyai sifat unik pada produknya dan berbeda dibandingkan dengan produk pesaing. Keunikan dan keistimewaan dari produk dapat yang ditawarkan berpengaruh dalam menghadapi persaingan usaha.

Beberapa alasan kenapa produsen butuh diferensiasi produk di antaranya adalah:

  1. Meningkatkan Nilai Produk Perusahaan

Kelebihan yang ditawarkan oleh produk baik itu manfaat, fitur, hingga kualitas, dapat menjadi nilai yang ditonjolkan dan secara langsung memengaruhi penilaian konsumen terhadap produk yang ditawarkan.

  1. Menyoroti Keuntungan Diperoleh Konsumen

Selain keputusan harga yang dilakukan oleh pelaku bisnis, diferensiasi produk juga suatu strategi untuk bersaing pada bidang lainnya di luar harga.

  1. Retensi Pelanggan Dan Repetisi Pembelian

Retensi pelanggan dan repetisi pembelian dapat diciptakan melalui ciri dan keunikan produk juga inovasi yang selalu dihadirkan, karena hal tersebut dapat menciptakan persepsi pada benak konsumen bahwa tidak ada produk pengganti atau layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhannya selain produk yang ditawarkan oleh produsen tersebut.

  1. Menciptakan Loyalitas Merek

Keberhasilan diferensiasi produk dapat membangun loyalitas merek (brand loyalty) pada pelanggan potensial. Brand loyalty ini juga dapat mengarah pada retensi pelanggan dan repetisi pembelian.

  1. Sebagai Return On Investment Perusahaan

Produsen perlu melakukan riset untuk memahami lebih baik tentang target atau konsumen potensial sebelum mencari titik pembeda produk, sehingga mempersempit target pasar dan pemasaran lebih terarah. Dengan begitu produsen dapat memfokuskan penawaran pada kelompok konsumen tersebut sehingga penjualan dan laba usaha dapat dihasilkan dengan lebih baik.

  1. Harga Jual Produk Akan Lebih Tinggi

Jika produk sudah unggul di mata konsumen, harga jual yang sedikit lebih tinggi tidak akan mempengaruhi minat beli konsumen akan produk tersebut.

Meski uang yang dikeluarkan lebih banyak, akan terbayar dengan kepuasan konsumen terhadap produk yang ditawarkan.

  1. Mengatasi Kejenuhan Pasar

Penjualan akan mengalami pasang surut jika terjadi suatu kejenuhan. Untuk itu, diferensiasi produk sangat penting untuk mengatasi kejenuhan tersebut. Selera konsumen akan muncul kembali seiring munculnya sesuatu yang beda.

Bentuk-bentuk Diferensiasi Produk

  1. Diferensiasi Horizontal

Bentuk diferensiasi horizontal mengacu pada penawaran hal yang sama pada titik harga yang sama. Keputusan pembelian pada bentuk diferensiasi ini tidak terkait harga dan kualitas produk, melainkan pada preferensi pribadi masing-masing konsumen.

Contoh diferensiasi produk dari bentuk horizontal ini adalah minuman bersoda seperti Coca Cola, Pepsi, A&W dan jenis minuman bersoda lainnya. Semua memiliki bentuk bahkan rasa yang sama. Namun keputusan pembelian seringkali bergantung pada selera konsumen.

  1. Diferensiasi Vertikal

Berbeda dengan diferensiasi horizontal, hal yang menjadi pembeda pada bentuk diferensiasi vertikal adalah harga dan kualitas sebuah produk. Dalam hal ini pastinya produk dengan kualitas terbaik adalah pemenangnya.

Contoh dari bentuk diferensiasi vertikal yang biasa dijumpai seperti produk fashion. Baju dengan merek ternama lebih dicari dibandingkan dengan baju dengan merek yang belum terkenal.

  1. Diferensiasi Campuran

Bentuk diferensiasi berikutnya yaitu diferensiasi campuran. Diferensiasi ini lebih kompleks karena gabungan antara diferensiasi vertikal dan horizontal. Dalam hal ini, konsumen akan mempertimbangkan seluruh aspek sebelum memutuskan untuk membeli.

Misalnya konsumen memilih kendaraan dari kelas yang sama dengan mempertimbangkan harga dari merek kendaraan yang berbeda (diferensiasi vertikal), dan juga warna interior yang menarik (diferensiasi horizontal).

Sebagai pelaku usaha harus memahami bahwa dalam suatu bisnis terdapat beberapa aspek mata rantai yang tak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Beberapa aspek tersebut adalah diferensiasi, segmentasi pasar, penguasaan pangsa pasar, penjualan, dan keuntungan.

Untuk menjamin perkembangan dan kesuksesan, pelaku bisnis perlu memahami apa itu diferensiasi produk dan bagaimana mengaplikasikannya. Karena diferensiasi produk adalah salah satu mata rantai penting dalam sebuah bisnis.

Demikianlah artikel mengenai diferensiasi produk. Untuk melihat artikel lainnya Anda dapat mengunjungi blog Krishand.

Untuk membantu aktivitas pekerjaan Anda, gunakanlah software Krishand. Krishand memiliki banyak pilihan software yang dapat membantu Anda dari mulai perhitungan gaji karyawan, perhitungan pajak, pencatatan laporan keuangan, kontrol stok barang, pembuatan invoice dan lainnya. Untuk melihat pilihan software Krishand kunjungi www.krishandsoftware.com.

AK-2306