Pengertian Segmentasi Pasar, Jenis, Tujuan Dan Juga Manfaatnya

Segmentasi PasarMenjalankan sebuah bisnis harus tahu bagaimana cara menentukan target pasar yang tepat. Agar penentuan target pasar dapat tepat sasaran, diperlukan adanya segmentasi pasar guna mengetahui produk apa yang tepat untuk di produksi. Banyak pebisnis yang belum mengetahui segmentasi pasar dari produknya dan menganggap produknya bisa untuk semua kalangan. Pada akhirnya bisnis yang dijalankan tidak memiliki fokus utama yang dituju, dan sumber daya yang dimiliki pelaku usaha terbuang sia-sia. Hal seperti inilah yang dapat mematikan bisnis secara perlahan. Oleh karena itu melakukan riset untuk menemukan segmentasi pasar merupakan hal yang sangat penting dalam kelancaran suatu bisnis. Segmentasi pasar yang tepat akan berpengaruh pada penjualan produk, di mana produk yang ditawarkan akan lebih cepat terjual. Lalu apakah pengertian segmentasi pasar itu?

Pengertian Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah proses pemetaan kelompok konsumen yang mempunyai karakteristik, perilaku dan juga kebutuhan berbeda-beda atau heterogen di dalam pasar tertentu yang kemudian akan menjadi kelompok yang lebih kecil (homogen) yang akan menjadi sasaran pasar dengan strategi tersendiri. Segmentasi pasar merupakan strategi di dalam dunia bisnis dengan mengelompokkan produk yang dimiliki sesuai dengan kemiripan, kebutuhan dan juga minat konsumen.

Dengan kata lain, segmentasi pasar akan merubah pasar yang tadinya hanya satu pasar dengan cakupan yang luas menjadi beberapa pasar yang sifatnya homogen. Informasi yang dihasilkan dapat membantu perusahaan mengetahui target konsumen mana yang tepat untuk bisnisnya. Sehingga memberikan hasil optimal dan memiliki efektivitas pemasaran dalam bisnis yang dijalankan.

Jenis-Jenis Segmentasi Pasar

  1. Segmentasi Perilaku

Segmen ini mengandalkan perilaku konsumen terhadap suatu bisnis seperti sikap, kebiasaan, reaksi, dan juga penggunaan produk oleh konsumen yang kerap berhubungan dengan keputusan yang diambil. Segmentasi perilaku memungkinkan Anda untuk mengembangkan target penjualan yang lebih spesifik. Selain itu, Anda juga bisa menyusun strategi agar terbangun brand loyalty dari konsumen untuk bisnis yang Anda jalankan.

  1. Segmentasi Psikografis

Segmentasi psikografis melibatkan aspek-aspek psikologis dari para calon konsumen. Pembagian kelompok ini berdasarkan hal yang konsumen sukai, aktivitas yang dilakukan, dan juga pendapatannya. Menerapkan segmentasi ini bisa dengan cara melakukan survei kelompok konsumen tertentu. Segmentasi psikografis memberikan informasi akan preferensi target pasar terhadap perusahaan dan juga produknya. Dengan begitu Anda bisa menyusun strategi pemasaran yang mampu menarik selera konsumen.

  1. Segmentasi Geografis

Segmentasi geografis melibatkan aspek seperti negara, kota, kepadatan penduduk, sampai iklim yang ada di daerah tersebut. Pada segmen ini target pasar dikelompokan sesuai dengan lokasi dan lingkungan sekitar. Memahami kebutuhan konsumen juga bisa terlihat dari lokasi sekitarnya.

  1. Segmentasi Demografis

Pada segmentasi demografis konsumen dikelompokkan berdasarkan aspek seperti pekerjaan, pendidikan, jenis kelamin, usia, status pernikahan, dan lainnya. Jenis segmentasi demografis merupakan segmen pasar yang paling dasar dan dapat membantu Anda untuk mempersempit lingkup pasar yang Anda sasar sehingga Anda dapat mengakses dan memperoleh informasi target pasar dengan mudah.

  1. Segmentasi Firmografis

Segmentasi yang terakhir yaitu segmentasi firmografis. Segmen ini akan membantu pelaku usaha dalam memposisikan produk dan layanannya dengan mengumpulkan data untuk membaca kondisi sebuah perusahaan. Segmentasi ini dapat dimanfaatkan perusahaan untuk menentukan bisnis seperti usaha mikro kecil dan menengah cocok untuk berinvestasi atau tidak. Segmentasi firmografis biasa melihat dari pendapatan tahunan, jumlah karyawan, siklus penjualan dan status kepemilikan suatu perusahaan.

Tujuan Segmentasi Pasar

Dilakukannya segmentasi pasar berguna untuk meningkatkan efisiensi pemasaran dengan fokus pada segmen tertentu dan juga membuat proses pemasaran lebih terarah. Selain itu, berikut tujuan dari segmentasi pasar:

  1. Mengenali Kompetitor Bisnis

Tujuan yang pertama yaitu untuk mengenal kompetitor bisnis secara lebih dalam. Dilakukannya segmentasi pasar membuat Anda bisa membaca siapa target konsumen dan juga siapa kompetitor di dalamnya. Hal tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan strategi pemasaran bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa mempelajari segala informasi yang di dapat dan menjadikan bahan evaluasi dari taktik pemasaran yang dilakukan kompetitor.

  1. Meningkatkan Mutu Pelayanan

Segmentasi pasar dapat membantu Anda mengetahui akan kebutuhan dan juga permintaan pasar yang lebih spesifik. Dan Anda akan lebih mudah mengevaluasi tingkat pelayanan agar menjadi lebih baik lagi.

  1. Bahan Evaluasi dan Perencanaan Bisnis

Segmentasi pasar membuat identifikasi masalah dan kebutuhan konsumen lebih mudah dan lebih spesifik. Dengan begitu Anda dapat menjadikan hasil identifikasi tersebut sebagai bahan evaluasi dan perencanaan bisnis ke depan.

  1. Meningkatkan Efektivitas Strategi Pemasaran

Segmentasi pasar mengelompokkan masalah secara spesifik sehingga membuat strategi pemasaran menjadi lebih terarah. Anda juga dapat mengetahui strategi pemasaran yang cocok untuk bisnis yang dijalankan.

  1. Mudah Mengikuti Perubahan Pasar

Segmentasi pasar juga dapat mengetahui perubahan-perubahan yang ada di pasar. Sehingga bisnis Anda dapat mengikuti perubahan-perubahan tersebut dan menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan permintaan pasar.

Manfaat Segmentasi Pasar

Berikut beberapa manfaat yang akan didapat perusahaan dengan adanya segmentasi pasar.

  1. Lebih Mudah Mengatur Produk

Anda akan lebih mudah mengatur produk dikarenakan sasaran konsumen dari produk tersebut sudah ada. Dengan kata lain pihak perusahaan tinggal memasarkan saja. Ini juga menjadi alasan kenapa pemasaran akan lebih efektif dan efisien setelah adanya segmentasi pasar. Peluang yang didapat agar produk laku terjual pun lebih besar dari pada yang tidak menerapkan segmentasi pasar.

  1. Gagasan Pemasaran Menjadi Lebih Jelas

Gagasan pemasaran menjadi lebih jelas dikarenakan sebelum menyuplai produk, perusahaan sudah memiliki data konsumen yang akan membeli. Tidak hanya berkaitan dengan karakteristik dan kebutuhan pasar, data-data tersebut juga terkait kemampuan daya beli serta animo masyarakat. Atas dasar itulah gagasan pemasaran yang ditentukan oleh perusahaan akan lebih tepat karena sesuai data konsumen.

  1. Menemukan Perbandingan Antar Pasar

Berbekal data-data yang dimiliki dari segmentasi pasar, pihak perusahaan dapat mengelompokkan konsumen untuk melakukan perbandingan antar pasar. Dari situ perusahaan akan mengetahui kelompok mana yang lebih banyak membeli produk dan mana yang tidak.

Demikianlah artikel mengenai apa itu pengertian segmentasi pasar. Jadi segmentasi pasar sangat baik dilakukan oleh pelaku usaha agar pemasaran yang dilakukan lebih efektif dan efisien. Segmentasi pasar juga dilakukan agar bisnis berjalan dengan baik dan lancar. Untuk melihat artikel menarik lainnya bisa mengunjungi blog Krishand.

Jika Anda membutuhkan software yang dapat membantu pekerjaan Anda, Krishand merupakan pilihan yang tepat. Krishand memiliki banyak pilihan software yang berhubungan dengan pekerjaan Anda dari mulai perhitungan gaji, pencatatan keuangan, perhitungan pajak, pembuatan invoice, stok barang dan lainya. Kunjungi website Krishand untuk melihat pilihan software yang dibutuhkan.

AK-2304