Tips Membangun Teamwork Yang Solid

Dalam mencapai tujuan, ada kalanya kita membutuhkan sebuah team untuk kita bangun. Teamwork, yang saling melengkapi dan berkomitmen untuk mencapai  misi yang disepakati.

Namun membangun sebuah team yang solid bukanlah perkara mudah karena team berarti ada beberapa orang di dalamnya. Dan pada dasarnya setiap individu seseorang memiliki pemikiran, sifat dan perilaku yang berbeda, hal tersebut tentunya akan menjadi hambatan jika tidak ditangani dengan tepat.

Namun perbedaan tersebut bukanlah suatu penghalang dalam sebuah organisasi atau perusahaan dalam mencapai suatu tujuan. Justru perbedaan itulah yang menjadikan kerja sama semakin kuat, jika kita mau mengkaji lebih dalam tentunya .

Berikut beberapa tips untuk membangun teamwork :

  1. Tujuan

Tahap awal yang harus dilakukan adalah menciptakan tujuan team yang jelas. Tentukan tujuan dan harapan dalam team secara jelas dan spesifik. Untuk itu Anda harus melakukan rapat rutin dan mengatur pola komunikasi yang terbuka.

  1. Kepercayaan

Membangun kepercayaan dalam tim adalah dengan membuat mereka berani bicara untuk mengutarakan opini. Jangan langsung mematahkan pendapat seseorang, karena itu akan membuat mereka menahan diri untuk bicara. Ciptakan juga komunikasi timbal balik, sehingga anggota tim bisa saling memberi kritik tanpa terkesan menjatuhkan.

  1. Menjalin kedekatan dengan anggota team

Tak ada salahnya sesekali melakukan kegiatan yang bisa mendekatkan anggota tim. Melakukan makan siang atau makan malam bersama-sama tim secara rutin, merupakan contoh sederhana sebuah kegiatan yang bisa mendekatkan tim. Dengan bertemu di luar lingkungan kerja, sesama anggota tim bisa saling mengenal secara personal.

  1. Beri penghargaan

Agar anggota tim merasa hasil kerja mereka dihargai adalah dengan membuat sistem reward (penghargaan). Siapa saja anggota tim yang berhasil menonjol, maka berilah penghargaan, bisa berupa insentif atau lainnya. Ciptakan kompetisi yang sehat di dalam tim, namun tetap fokus pada tujuan bersama.

  1. Kompetensi dalam anggota tim

Teamwork bisa berhasil jika masing-masing anggota melakukan pekerjaan yang sesuai kompetensi mereka. Selalu komunikasikan mengenai tugas, kendala saat mengerjakan tugas, dan apakah mereka mampu mengerjakan. Jika ada anggota tim yang belum memiliki keahlian tertentu, apakah mungkin mendapatkannya melalui training atau pelatihan.

  1. Lakukan pemeriksaan secara rutin

Secara rutin, lakukan pengukuran dan pemeriksaan hasil kerja setiap anggota tim. Pemeriksaan rutin ini untuk bisa mengetahui perkembangan pekerjaan, kesulitan yang dialami, atau bisa saja ada perubahan yang perlu dilakukan di tengah jalan untuk bisa mencapai tujuan.

Demikianlah tips yang dapat kita aplikasikan agar tim kita kuat dan solid. (AK – 1910)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *