Pentingnya Mengelola Data Pelanggan

Pentingnya Mengelola Data Pelanggan

Perusahaan dalam melakukan transaksi tentunya akan dihadapkan dengan pelanggan. Terutama perusahaan besar yang memiliki transaksi lebih banyak dari biasanya. Seringkali masalah yang timbul dalam pengelolaan data pelanggan membuat perusahaan kesulitan dalam mengidentifikasi lawan transaksi. Maka dari itu pengelolaan data pelanggan sangatlah penting bagi perusahaan karena hal tersebut akan membantu manajemen perusahaan dalam menentukan arah penjualan selanjutnya. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai pentingnya mengelola data pelanggan.

Beberapa manfaat atau kegunaan pengelolaan data pelanggan diantaranya sebagai berikut:

1. Pengelompokkan Data

Dengan adanya kumpulan data pelanggan maka akan mempermudah bagi perusahaan untuk mengelompokkan pelanggan berdasarkan, lokasi, jenis usaha ataupun data lain. Pengelompokkan data pelanggan dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, sehingga mempermudah proses identifikasi data. Pengelompokkan data ini akan mempermudah perusahaan dalam melakukan pengelompokkan laporan transaksi  yang akan digunakan sebagai evaluasi/monitoring transaksi perusahaan.

2. Mempermudah Pencarian Data

Setelah semua data pelanggan dikumpulkan dan dikelompokkan, maka data dapat dicari dan digunakan dengan mudah tanpa harus membuka data satu per satu. Kita dapat menentukan kelompok pencarian atas data pelanggan tersebut.

3. Membantu Dalam Menganalisis Penjualan

Dengan adanya pengelompokkan data pelanggan maka perusahaan dapat dimudahkan dalam menganalisa sektor penjualan tertinggi dan terendah berdasarkan kelompok pelanggan atas penjualan yang sudah dilakukan.

4. Mempermudah Dalam Melacak Transaksi

Dengan adanya data pelanggan, perusahaan dapat melakukan pelacakan atas transaksi dari pelanggan tersebut apabila terjadi kesalahan. Kesalahan dapat terjadi karena adanya human error terkait data pelanggan yang diinput ketika terjadinya transaksi. Perusahaan dapat membandingkan data ketika terjadinya transaksi dengan data master pelanggan.

5. Mempermudah Share Informasi

Dengan adanya master data pelanggan, perusahaan akan lebih mudah dalam menyebarkan informasi, baik berupa promo, info libur atau informasi lain yang perlu di share kepada customer. Penyebaran informasi tersebut dapat dilakukan melalui broadcast atau email. Dengan adanya master data pelanggan maka perusahaan tidak perlu lagi mencari kontak pelanggan satu per satu.

Demikan artikel mengenai pentingnya mengelola data pelanggan, untuk membantu Anda dalam pengelolaan data pelanggan dan transaksi lain Krishand Software menyediakan program Krishand Accounting. Di dalam program Krishand Accounting Anda dapat melakukan pengelolaan data pelanggan, data supplier, transaksi pembelian, penjualan, retur, inventory, PPN dan data lainnya. Untuk mengetahui beberapa artikel menarik lainnya Anda dapat mengunjungi blog kami dengan cara klik Blog Krishand. Semoga bermanfaat.

JP2109