Rekonsiliasi Aktiva Tetap

Rekonsiliasi Aktiva Tetap

Aktiva tetap merupakan sebuah aset yang digunakan oleh perusahaan untuk menunjang aktivitas operasionalnya dan tidak untuk diperjualbelikan. Kepemilikan aktiva tetap juga merupakan suatu kekayaan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Dari banyaknya aktiva tetap yang dimiliki perusahaan, tentunya kesalahan pencatatan pada nilai aktiva sering dialami, oleh karena itu perusahaan diharuskan melakukan rekonsiliasi pada nilai aktiva tetap yang dimiliki.

Dengan dilakukannya rekonsiliasi terhadap nilai aktiva tetap, maka nilai dari suatu aktiva yang dimiliki dapat diperbarui sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Selain itu, rekonsiliasi juga diperlukan agar perusahaan dapat menemukan cara mengakui biaya yang dikeluarkan untuk penambahan aktiva tetap.

Pengertian Rekonsiliasi Aktiva Tetap

Rekonsiliasi aktiva tetap merupakan penyajian yang menjelaskan tentang perbedaan nilai aktiva tetap yang telah dicatat dari awal sampai dengan akhir periode. Dilakukannya rekonsiliasi terhadap nilai aktiva tetap ini agar perusahaan mengetahui setiap kesalahan atau ketidakwajaran yang ada pada catatan perusahaan serta mencari sebab-sebab ketidakcocokan yang terjadi.

Kesalahan pencatatan nilai aktiva akan berpengaruh terhadap nilai aktiva dan nilai akumulasi penyusutannya pada neraca dan biaya penyusutan pada laporan laba rugi. Kesalahan tersebut dapat mempengaruhi laporan keuangan sehingga perlu dilakukan  penyesuaian terhadap aktiva tetap tersebut.

Kesalahan Yang Mengharuskan Dilakukannya Rekonsiliasi

Hal yang dapat menyebabkan kesalahan pencatatan terhadap nilai suatu aktiva diantaranya yaitu :

  • Faktor kesalahan prosedur pembelian.
  • Ketidaktelitian atau human error.
  • Aktiva tetap yang tidak tercatat.
  • Terjadi doubel input atau duplicate entry
  • Kesalahan identifikasi umur ekonomis aktiva tetap.

Kesalahan tersebut dapat dilakukan penyesuaian dengan rekonsiliasi nilai terhadap aktiva tetap.

Untuk menghindari kesalahan-kesalahan di atas, perusahaan perlu melakukan pencatatan aktiva atau inventarisasi fisik secara periodik pada saat memperoleh aktiva tetap.

Penyesuaian Kesalahan Terhadap Nilai Aktiva Tetap

Jika terjadi kesalahan dalam pencatatan nilai aktiva tetap, perlu dilakukan penyesuaian demi menjaga validitas pada laporan keuangan. Oleh karena itu, rekonsiliasi ini lah yang diperlukan agar penyajian pada laporan keuangan sesuai dengan yang sebenarnya, sehinggal informasi yang dihasilkan akurat.

Laporan keuangan dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan, tentunya informasi yang tersaji haruslah benar agar dapat dipertanggungjawabkan.

Selama ditemukan ketidaksesuaian dalam pencatatan pada nilai aktiva tetap, penyesuaian perlu kita lakukan selagi masih ada manfaat dari aktiva yang dimiliki.

Dalam melakukan penyesuaian, perlu dilakukan penghapusan jurnal sebelumnya dengan melakukan jurnal penyesuaian lalu lakukan kembali pencatatan jurnal yang benar.

Demikian artikel mengenai rekonsiliasi aktiva tetap, untuk mengetahui artikel-artikel menarik lainnya, Anda dapat mengunjungi blog kami dengan cara klik Blog Krishand. Atau jika ada ingin mencoba Program Fixed Asset, Anda bisa mengunjungi website kami untuk download program trial secara gratis dengan cara klik Krishand Software. Semoga bermanfaat.

Untuk membantu pekerjaan Anda, Krishand memiliki Software dengan nama Krishand Fixed Assets yang dapat mempermudah Anda dalam mengelola aktiva tetap perusahaan, baik itu mutasi fisik, penyusutan komersial maupun fiskal dan lainnya yang berhubungan dengan aktiva tetap. Dengan menggunakan software Krishand Fixed Assets, maka pekerjaan Anda dalam mengontrol aktiva tetap dapat lebih mudah.

Krishand Software kini memberikan akses penuh secara gratis untuk Krishand Fixed Assets. Daftar melalui link berikut ini bit.ly/krishandpromo

(AK-2109)