Nilai Perolehan vs Nilai Buku

Nilai Perolehan

Aset atau aktiva tetap merupakan salah satu sumber daya suatu perusahaan yang dimiliki perusahaan untuk menunjang kegiatan operasional perusahaan. Tentunya perusahaan harus selalu menjaga dan memantau bagaimana aktiva tetap tersebut memberikan kontribusi bagi perusahaan. Begitu juga untuk data-data aset tetap yang harus selalu dipastikan kelengkapannya agar dapat mengetahui nilai perolehan asetnya. Selain memastikan nilai perolehan aset tersebut, nilai buku dalam aset tetap juga penting diketahui oleh perusahaan untuk mengetahui berapa nilai dalam aset tetap. Setelah membahas mengenai penyusutan yang dapat dilihat pada artikel tentang metode penyusutan, kali ini kita akan membahas apa itu nilai perolehan dan nilai buku dalam aset tetap.

Nilai Perolehan

Pada pembahasan pertama, kita akan membahas apa itu nilai perolehan atau yang biasa dikenal dengan istilah acquisition cost. Berikut ini beberapa pengertian dari acquisition cost dari beberapa ahli.

  • Pengertian acquisition cost adalah pengeluaran keseluruhan yang dikorbankan seseorang. Untuk mendapatkan aktiva tetap serta pengeluaran lainnya agar dapat menjadi aktiva yang siap digunakan. Dengan kata lain, biaya yang dikeluarkan untuk mendapat aktiva tetap yang bisa digunakan dan diolah seseorang  agar dapat menghasilkan kembali pendapatan. (Haryono Jusup, 2005; 155)
  • Acquisition cost sebagai harga beli yang ditambah dengan biaya keseluruhan. Harga tersebut dikorbankan agar memperoleh dan mempersiapkan aktiva tetap untuk dapat dioperasikan. Sesuai dengan prinsip ekonominya dimana aktiva tetap ini harus dicatat dan disesuaikan dengan acquisition cost. (Wit & Erhans, 2000; 82)

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai perolehan atau acquisition cost adalah seluruh perhitungan biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam memperoleh aktiva tetapnya, dimana di dalamnya terdapat biaya pembelian ditambah semua biaya yang timbul pada aset tetap tersebut, sampai aset tetap tersebut dapat digunakan dan dioperasikan ke dalam perusahaan.

Nilai Buku

Berbeda dengan nilai perolehan, nilai buku adalah nilai sebuah aset tetap yang dimiliki oleh perusahaan, dimana nilai ini dihitung dari nilai aset yang ada dikurangi dengan akumulasi penyusutan yang sudah berjalan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), nilai buku adalah nilai aset perusahaan yang tertera pada catatan (informasi) akun-perakunan, umumnya tidak sama dengan nilai pasar; biasanya, yang dicatat adalah harga ketika aset tersebut dibeli; setiap tahun nilai aset tersebut dikurangi atau didepresiasikan dan pengurangan nilai tersebut dibebankan pada pendapatan perusahaan; nilai buku adalah biaya dikurangi akumulasi depresiasi.

Nilai buku untuk satu jenis aset yang sama dalam periode tertentu jumlahnya bisa berbeda antara satu perusahaan dengan yang lainnya. Perusahaan yang menggunakan metode penyusutan aset garis lurus tentunya akan mempunyai hasil yang berbeda dengan perusahaan yang menggunakan metode penyusutan saldo menurun. Meski pada pencatatan awal nilai aset tersebut sama, nantinya bisa berbeda jauh setelah mengalami penyusutan dikarenakan efek dari metode penyusutan yang digunakan oleh perusahaan.

Kesimpulan

Setelah melihat pembahasan mengenai nilai perolehan dengan nilai buku, dapat disimpulkan bahwa keduanya sama sekali berbeda. Nilai perolehan adalah nilai yang dihitung ketika perusahaan akan membeli atau memperoleh aset tetap, sedangkan nilai buku adalah nilai saat ini yang dimiliki aset tetap dalam perusahaan. Selain itu tujuan keduanya pun berbeda dimana nilai perolehan dihitung ketika perusahaan mau membeli aset tetap dan nilai buku dihitung untuk mengetahui seberapa besar nilai aset tetap setelah digunakan oleh perusahaan. Tetapi kembali lagi bahwa kedua hal ini tidak dapat dipisahkan dalam aset tetap karena nilai perolehan dan nilai buku adalah salah satu faktor penting dalam perhitungan aset tetap.

Aset tetap yang dimiliki perusahaan haruslah dihitung dengan benar dan tepat agar dapat tetap memberikan kontribusi bagi perusahaan. Untuk kemudahan Anda dalam mengelola aset tetap, Krishand Fixed Asset hadir untuk membantu Anda dalam pengelolaan aset tetap sampai kepada perhitungan penyusutannya. Saat ini Krishand Fixed Asset dapat digunakan secara gratis, informasi lebih lanjut silakan klik berikut ini Promo Krishand Fixed Asset.