Biaya Dalam Penggunaan Aktiva Tetap

Biaya Dalam Penggunaan Aktiva Tetap

Dalam penggunaan suatu aktiva tetap, tentu akan ada biaya-biaya yang dikeluarkan untuk menunjang kinerja aktiva tetap tersebut. Jika suatu aktiva tetap tidak digunakan atau tidak ada perawatan terhadap ativa tersebut, tentu aktiva tersebut akan mudah rusak atau bekerja tidak maksimal. Pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa biaya yang mungkin muncul dalam masa penggunaan aktiva tetap. Setiap aktiva tetap memiliki perawatan yang berbeda-beda sesuai dengan intensitas penggunaan ataupun kinerja suatu aktiva.

Beberapa pengeluaran/biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam masa penggunaan aktiva tetap perusahaan, diantaranya:

1. Biaya reparasi dan pemeliharaan

Biaya reparasi dan pemeliharaan aktiva tetap merupakan biaya yang dikeluarkanĀ  untuk memelihara aktiva tetap yang kita gunakan tetap dalam kondisi baik. Reparasi atau pemeliharaan tersebut dapat berupa penggantian oli, pembersihan, pengecatan dan biaya lain. Biaya reparasi dapat dibedakan menjadi dua yaitu:

  • Biaya reparasi besar (reparasi yang memakan biaya yang cukup besar)
  • Biaya reparasi kecil (reparasi yang memakan biaya yang relatif kecil, seperti penggantian baut, mur dan sekring mesin)

2. Biaya penggantian aktiva tetap

Yang dimaksud denganĀ  biaya penggantian aktiva tetap adalah biaya yang dikeluarkan untuk mengganti aktiva atau suatu bagian aktiva dengan unit yang baru yang tipenya sama, seperti penggantian dinamo mesin dll.

3. Perbaikan aktiva tetap

Penggantian suatu aktiva tetap dengan aktiva tetap yang baru agar memperoleh masa manfaat yang lebih besar

4. Penambahan komponen aktiva tetap

Penambahan komponen aktiva tetap dapat berupa perluasan atau memperbesar kapasitas aktiva tetap seperti penambahan ruang parkir atau bangunan.

5. Penyusunan kembali

Biaya yang dikeluarkan untuk penyusunan kembali aktiva tetap, perubahan rute produksi atau menguruangi biaya produksi

Demikian pembahasan mengenai biaya yang mungkin muncul ketika proses penggunaan aktiva tetap. Untuk membaca artikel-artikel menarik lainnya Anda dapat mengunjungi blog kami dengan cara klik Blog Krishand. Atau Anda juga bisa mengunjungi link berikut ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenaiĀ software aktiva tetap dari Krishand.

JP2106