Mengenal Pengertian Nilai Buku

pengertian nilai buku

Book value atau nilai buku adalah salah satu istilah yang sering digunakan di dalam akuntansi. Pengertian Nilai Buku adalah suatu nilai aset yang dinyatakan dalam pembukuan. Cara menghitung nilai buku biasanya dengan cara mengurangi nilai aset terhadap akumulasi depresiasi atau penyusutannya. Nilai buku juga bisa dihitung dengan mengurangkan total aset dengan aset tidak berwujud dan liabilitas.

Nilai buku untuk satu jenis aset yang sama dalam periode tertentu jumlahnya dapat berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya karena nilai buku sebuah aset dipengaruhi oleh metode penyusutan yang digunakan oleh perusahaan yang bersangkutan.

Metode Penyusutan Nilai Buku

Metode-metode yang biasanya digunakan untuk perhitungan penyusutan aktiva tetap diantaranya:

1. Metode Penyusutan Garis Lurus

Metode perhitungan penyusutan garis lurus yang mampu menghasilkan jumlah beban penyusutan yang sama untuk setiap periode pembukuan selama masa fungsi aset tersebut.

2. Metode Penyusutan Saldo Menurun

Metode yang membebankan penyusutan lebih tinggi di awal namun akan berkurang pada tahun-tahun selanjutnya.

3. Metode Penyusutan Jumlah Angka Tahun

Metode ini diterapkan dengan cara menjumlahkan angka-angka dari taksiran umur ekonomis, kemudian perhitungan penyusutan dimulai dari angka tertinggi dari umur yang terkait dan selanjutnya menurun secara berurutan.

Tujuan Nilai Buku

  1. Menunjukkan nilai rupiah dari aset suatu perusahaan yang akan diterima pemiliknya jika perusahaan tersebut dilikuidasi.
  2. Jika dibandingkan dengan nilai pasar, nilai buku akan memberikan pengertian apakah perusahaan tersebut akan dijual di atas harga pasar atau di bawahnya.

Nilai Buku vs. Nilai Pasar

Nilai buku dan nilai pasar merupakan ukuran yang berbeda, nilai buku bersih suatu aset dapat berbeda dengan nilai pasarnya. Nilai buku didasarkan pada penyusutan, yang merupakan perkiraan pada masa manfaat dan nilai sisa aset. Nilai buku mesin atau peralatan juga dapat dipengaruhi oleh kerusakan. Sementara nilai pasar mencerminkan harga aset saat ini, berdasarkan kondisinya yang sering kali diperkirakan sebagai biaya penggantian aset.

Langkah dalam Menghitung Nilai Buku

Dalam menghitung nilai buku terdapat beberapa langkah, yaitu:

1. Memahami pengertian nilai buku

Setelah mengetahui pengertian nilai buku, selanjuntya Anda juga harus mengetahui lebih dalam konsepsi dari book value tersebut. Perhitungan sederhananya adalah nilai aset yang dicatat pada pembukuan lalu dikurang dengan nilai penyusutan.

2. Menentukan biaya

Langkah berikutnya adalah menentukan biaya yang akan dihitung sebagai unsur dari book valuetersebut. Maka langkah awal yang harus dilakukan dengan cara menentukan nilai awal dari aset tersebut. Di mana nilai aset yaitu semua uang yang dikeluarkan sampai aset siap digunakan seperti biaya impor, pajak, biaya pemasangan dan asuransi

3. Menentukan metode penyusutan

Secara umum penyusutan dapat kita artikan sebagai pengalokasian pengurangan nilai secara sistematis dari harga perolehan suatu aktiva tetap sepanjang masa manfaat aset tersebut. Besarnya nilai penyusutan tidak hanya bergantung pada nilai asset tersebut, tapi juga pada metode yang digunakan untuk menghitung penyusutannya. Metode penyusutan yang biasa digunakan seperti, metode penyusutan garis lurus, metode penyusutan saldo menurun dan metode penyusutan jumlah angka tahun.