Neraca Saldo VS Neraca Keuangan

Neraca Saldo VS Neraca Keuangan

Dalam proses pencatatan akuntansi ada beberapa istilah yang mungkin terdengar hampir sama namun memilki arti dan fungsi yang berbeda. Contohnya adanya laporan neraca saldo dan laporan keuangan neraca. Meskipun sama-sama neraca, namun keduanya memiliki pengertian dan fungsi yang berbeda. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai neraca percobaan atau biasa disebut dengan neraca saldo dengan laporan keuangan.

Pengertian Neraca Saldo dan Neraca Keuangan

Secara umum neraca saldo dapat diartikan sebagai bagian dari proses akuntansi, yang merupakan laporan yang dibuat setelah pembuatan laporan buku besar yang digunakan untuk menampung nilai-nilai saldo akhir dari masing-masing akun, baik akun riil (aktiva, kewajiban, dan ekuitas) maupun akun nominal (pendapatan dan beban/biaya). Dalam neraca saldo terdapat dua jenis saldo, yaitu saldo debet dan saldo kredit sesuai dengan saldo normal dari masing-masing akun. Nilai saldo debet dan saldo kredit harus sama atau tidak terdapat selisih dalam istilah akuntansi biasa disebut dengan balance.

Sementara neraca keuangan merupakan bagian dari proses akuntansi dimana laporan ini menampung laporan saldo akhir dari akun riil (aktiva, kewajiban dan ekuitas), laporan ini dibuat setelah pembuatan laporan laba/rugi. Berbeda dengan neraca saldo yang masih memunculkan keseluruhan nominal saldo dari pendapatan dan beban/biaya, pada laporan keuangan neraca hanya menampung nilai laba/rugi yang merupakan akumulasi dari total pendapatan dan beban/biaya.

Tabel Perbandingan

PerbandinganNeraca saldoNeraca Keuangan
Isi laporanMerupakan penampung nilai-nilai saldo akhir masing-masing akun dari buku besar baik akun riil maupun akun nominalMenunjukan nilai nominal akun riil (aset, ekuitas, dan kewajiban) perusahaan.
Kolom SaldoKolom Debit dan KreditSatu kolom sesuai saldo normal masing-masing akun (Plus/Minus)
Jenis LaporanBagian siklus akuntansi sebagai alat bantu pembuatan laporan keuangan (bukan laporan keuangan)Laporan Keuangan
Waktu PembuatanSetelah dilakukan posting ke buku besar tahap awal (sebelum penyesuaian)Dibuat diakhir setelah nominal laba/rugi diketahui

Contoh Neraca Saldo

Contoh Neraca Keuangan

Demikian artikel mengenai neraca, untuk membantu Anda dalam mengelola jurnal hingga laporan keuangan Krishand Software menyediakan program Krishand General Ledger. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai Krishand General Ledger Anda bisa mengunjungi website kami dengan klik Krishand Software. Atau untuk mengetahui artikel-artikel menarik lainnya Anda bisa mengunjungi blog kami dengan klik Krishand Blog. Semoga bermanfaat.

JP2104