Virtual Holiday Saat Pandemi

TREND VIRTUAL HOLIDAY SAAT PANDEMI ALA KEMENPAREKRAF

Pandemi Corona yang terjadi di seluruh dunia membuat dunia pariwisata lumpuh. Penutupan akses dari warga negara asing membuat tingkat kunjungan pariwisata turun drastis. Dengan masih berlangsungnya pandemi hingga saat ini, sebagian masyarakat masih ragu untuk melakukan pariwisata mengingat grafik pertambahan kasus positif corona yang masih tinggi. Namun, internet bisa menjadi jalan keluar bagi kita untuk tetap bisa melakukan tur keliling dunia di tengah pandemi virus Corona baru (Covid-19).

Untuk itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menghadirkan program layanan digital yang memungkinkan masyarakat untuk menjelajah kecantikan alam Indonesia meski harus dari dalam rumah saja atau dapat melakukan virtual holiday saat pandemi. Program tersebut bernama 360 Destinasi Indonesia dan Online Museum dan diluncurkan pada 5 April 2020. Program ini bisa dijadikan pilihan wisata bagi masyarakat yang mulai jenuh berminggu-minggu di rumah aja. Lewat program ini, kita bisa mengakses kumpulan foto maupun video yang menampilkan keindahan alam, karya budaya, maupun museum di Indonesia.

virtual holiday kemenparekraf

Program layanan digital ini menampilkan destinasi wisata seperti Aling-Aling Waterfall di Bali, Kawah Gunung Ijen, Banyuwangi Jawa Timur, dan banyak tempat wisata lainnya dalam bentuk Virtual Reality (VR) Google. Meski hanya gambar atau video 360 derajat, kita bisa merasakan sensasi seakan-akan langsung menikmati perjalanan wisata tersebut.

Selain tempat wisata, kita juga bisa mengunjungi museum, seperti museum Tsunami Aceh yang didirikan pada tahun 2011. Di museum ini, kita bisa mempelajari bencana tsunami yang menghancurkan Aceh pada Desember 2004 silam.

Semua dilakukan di dalam rumah dan hanya mengandalkan gadget Anda. Inilah mengapa program ini juga disebut sebagai Virtual Holiday. Liburan digital ini, disebut Kemenparekraf, sebagai cara termudah untuk menemukan tempat-tempat indah di Indonesia. Program ini dapat diakses di https://pedulicovid19.kemenparekraf.go.id/360-destinasi-indonesia-dan-online-museum/.

Setelah tahu ada cara untuk jalan-jalan meski di rumah aja, pilihan tempat mana yang akan kamu kunjungi nih, Sobat Krishand Software? Untuk sementara sabar dulu ya untuk tetap #dirumahaja.