Alasan QRIS Penting Saat Ini

Di masa transisi PSBB ini, masyarakat harus kembali beraktivitas di tengah pandemi. Harapannya tentu agar kita terbiasa produktif dengan menerapkan prosedur kesehatan yang sudah dibuat atau disebut juga sebagai new normal. New normal berdampak juga pada inovasi sistem pembayaran, yang mendukung protokol kesehatan untuk meredam resiko penyebaran virus terutama di ruang tertutup dan kegiatan yang melibatkan banyak interaksi manusia. Solusinya adalah contactless payment system seperti QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Alasan QRIS Penting adalah transaksi ini tidak memerlukan kontak fisik.

Alasan QRIS PentingPerlu diketahui bahwa QRIS adalah bentuk pembaruan dari penggunaan QR code dalam transaksi non tunai. Jika sebelumnya Anda menggunakan beberapa QR code yang berbeda untuk transaksi, maka QRIS memberikan bentuk layanan integrasi. Artinya, Anda hanya membutuhkan satu kode QRIS saja untuk seluruh transaksi QR code yang berbeda. Kehadiran QRIS tentunya menjadi jawaban dari proses modernisasi toko dan juga usaha untuk mewujudkan cashless society. Dengan adanya QRIS ini, pelaku usaha maupun masyarakat bisa menerima pembayaran dari seluruh e-money bank dan non bank.

Berikut ini manfaat transaksi pakai QRIS menjadi penting di era new normal ini.

1. Transaksi QRIS bisa dilakukan dimana saja

Konsumen dapat dengan mudah bertransaksi dimana saja dan kapan saja, cukup dengan scan kode QRIS yang disediakan oleh penjual, sehingga memudahkan penjual dan pembeli untuk melakukan kegiatan transaksi

2. Transaksi QRIS tanpa kontak fisik

Alasan QRIS paling penting saat ini, yaitu dengan QRIS, pelanggan hanya cukup memindai/ scan kode QR dan menyetujui pembayaran melalui layar smartphone. Cara ini cukup efektif karena sangat mengurangi kontak fisik antara pelanggan dengan penjual.

3. Menyediakan Lebih Banyak Alternatif Pembayaran

Dengan beralih ke sistem QRIS, kita bisa memiliki lebih banyak pilihan pembayaran dari berbagai e-wallet. Satu kode QR dapat digunakan untuk semua aplikasi pembayaran pada ponsel, seperti Bank BNI, Mandiri, Cimb Niaga, BCA, SpeedCash, GoPay, Ovo, Dana, LinkAja, hingga ShopeePay. Sistem pembayaran seperti ini akan memudahkan penjual yang tidak perlu menyediakan banyak kode QR untuk konsumen dan dari sisi pelanggan tidak perlu pusing dengan banyaknya kode QR, tetapi cukup menggunakan satu kode QR dengan terhubung ke berbagai aplikasi virtual payment.

Alasan QRIS Penting

4. Transaksi yang cukup mudah dan universal

Terhubungnya QRIS dengan beberapa aplikasi virtual payment membuat konsumen mudah dalam bertransaksi sehingga konsumen tidak perlu repot-repot memindahkan saldo dari aplikasi virtual payment yang sering digunakan ke saldo yang dibutuhkan untuk menggunakan QRIS.

5. Keamanan dan kenyamanan bertransaksi

Keempat poin diatas sudah menjelaskan bagaimana keuntungan yang bisa didapatkan oleh pelanggan dan penjual. Transaksi QRIS ini juga sudah dijamin oleh Bank Indonesia, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir apabila bertransaksi menggunakan sistem pembayaran ini.

Namun, QRIS bukannya tidak terlepas dari kekurangan. Transaksi dari QRIS membutuhkan koneksi internet yang bagus, jika terjadi gangguan koneksi, bisa saja transaksi Anda gagal. Untuk itu pastikan koneksi internet Anda stabil saat melakukan transaksi menggunakan QRIS.