Tips Bersepeda Saat New Normal

Pandemi Covid 19 membuat sebagian masyarakat menjadikan bersepeda saat new normal menjadi salah satu cara untuk membuat tubuh menjadi bugar. Selain itu tak sedikit juga yang menjadikan sepeda menjadi transportasi alternatif di kala pandemi untuk mencegah penularan covid19. Namun sayangnya banyak pesepeda yang bergerombol dan berkumpul dengan jumlah orang yang cukup banyak. Hal itu malah mengabaikan prinsip physical distancing yang menjadi cara pencegahan utama penularan Covid19.

bersepeda

Bersepeda saat pandemi itu aman, asalkan kita tetap menerapkan protokol kesehatan, misalnya memakai masker, tidak bergerombol/ nongkrong, membawa bekal sendiri.

Berikut ini tips yang bisa dilakukan ketika bersepeda saat new normal:

  • Pastikan kondisi sepeda dalam keadaan baik (setang, rem, ban normal) dan kondisi Anda juga fit.
  • Tetap gunakan masker dan sarung tangan. Jangan lupa bawa masker cadangan untuk mengganti masker yang basah karena keringat.
  • Gunakan pakaian yang aman dan nyaman. Pakaian ngantor jangan dipakai untuk bersepeda, simpan dulu pakaian kantor Anda di dalam tas.Anda bisa ganti baju saat sudah sampai tujuan. Lalu, pakaian yang dipakai untuk berangkat disemprot dulu dengan disinfektan, baru dimasukkan dalam kantong.

Ketika ingin pulang, ganti lagi dengan pakaian yang lebih nyaman dan simpan pakaian kantor plus pakaian berangkat tadi di dalam kantong yang sama. Saat sampai rumah, langsung masukkan ke mesin cuci atau ember cucian kotor.

  • Jangan lupa pakai helm sepeda. Akan lebih baik bila Anda pakai kacamata supaya mata tidak terkena debu atau droplet dari orang-orang di sekitar.

Saat laju sepeda sedang melambat atau bahkan berhenti, pejalan kaki atau pengendara sepeda motor yang tidak pakai masker lalu tak sengaja batuk atau bersin tetap bisa menularkan droplet bervirus.

  • Pilih rute yang tidak terlalu ramai atau rute yang memang menyediakan jalur sepeda.

Buat yang belum terbiasa, bersepeda di jalanan yang ramai dengan kendaraan bermotor justru bisa bikin Anda panik dan membahayakan keselamatan.

  • Bila merasa lelah atau kepanasan, berhentilah sejenak di tempat yang rindang dan sejuk. Hindari beristirahat di tempat yang ramai.
  • Cuci tangan setelah naik sepeda dan semprotkan disinfektan ke sepeda Anda. Jangan lupa langsung mandi atau membersihkan diri sebelum berinteraksi dengan orang rumah.