Pengertian Sales Order Dan Komponen Di Dalamnya

Pengertian Sales OrderDalam pencatatan transaksi penjualan banyak dokumen yang dapat digunakan untuk menunjang kelancaran transaksi penjualan. Dokumen-dokumen tersebut dapat berupa informasi, perjanjian, maupun tagihan atas transaksi penjualan tersebut. Kelengkapan dokumen dapat membantu penjual ataupun pembeli dalam mempermudah proses transaksi penjualan. Salah satu dokumen yang digunakan dalam proses transaksi penjualan barang salah satunya adalah sales order. Sales order akan diterbitkan/dibuat oleh pihak penjual ketika penjual menerima purchase order dari pihak pembeli. Dalam artikel ini akan dibahas lebih dalam mengenai pengertian sales order.

Pengertian Sales Order

Sales order merupakan dokumen yang dibuat oleh penjual setelah menerima pesanan/purchase order dari pembeli sebagai dokumen konfirmasi data pesanan sebelum melakukan pengiriman barang kepada pelanggan. Dokumen sales order biasanya akan berisi detail barang-barang yang dipesan oleh pelanggan, baik nama barang, kuantitas, harga barang, metode pembayaran dan data-data lain yang dibutuhkan. Format dan detail data sales order setiap perusahaan akan menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Komponen Sales Order

Adapun beberapa komponen yang biasanya ada dalam sales order di antaranya:

  1. Nomor dan tanggal sales order
  2. Informasi data pelanggan
  3. Cara pembayaran
  4. Cara pengiriman
  5. Salesman
  6. Data detail barang
  7. Kuantitas barang
  8. Harga barang
  9. Diskon (jika ada)
  10. Pajak (jika ada)
  11. Keterangan tambahan lain jika diperlukan

Program Sebagai Alat Bantu Pencatatan

Semakin banyak jumlah transaksi penjualan maka semakin banyak juga dokumen sales order yang perlu disiapkan. Untuk membantu Anda dalam melakukan pengelolaan data sales order Anda dapat menggunakan program Krishand Accountingdari Krishand Software. Dengan adanya program Krishand Accounting pekerjaan Anda akan semakin mudah, tidak hanya dalam proses pengelolaan dan penginputan  data sales order namun juga dalam proses mencetak dan penarikan laporan yang berhubungan dengan penjualan. Kunjungi website Krishand Software untuk download gratis program trial Krishand Accounting.

Format Laporan Sales Order

Ada 2 format laporan sales order yang dapat dihasilkan dari Krishand Accounting:

  1. Format 1

Sales Order Krishand

  1. Format 2

Sales Order Krishand 2

Demikian artikel mengenai sales order, untuk artikel menarik lainnya kunjungi blog kami dengan cara klik blog krishand. Semoga bermanfaat.

JP2304