Pengertian Pasar Oligopoli Dan Ciri-Cirinya

pengertian pasar oligopoliSetelah membahas mengenai pasar persaingan sempurna pada artikel sebelumnya, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai salah satu jenis pasar persaingan tidak sempurna, yaitu pasar oligopoli. Kenapa pasar oligopoli disebut pasar persaingan tidak sempurna? Karena di pasar ini akan lebih banyak konsumen dibanding produsen. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya ketidakseimbangan antara jumlah konsumen dengan jumlah produsen yang ada, dan bisa saja menimbulkan persaingan yang tidak sehat. Maskapai penerbangan yang ada di setiap negara merupakan salah satu perusahaan jasa yang termasuk ke dalam jenis pasar oligopoli. Seperti kita ketahui, jumlah maskapai penerbangan di setiap negara tidaklah banyak, dan memiliki kebijakan harga yang relatif sama. Jika salah satu maskapai menaikkan harga, maka maskapai lain pun akan ikut menaikkan harga, dan konsumen tidak punya pilihan selain menerima harga tersebut. Untuk mengulas lebih jauh apa itu pengertian pasar oligopoli, Anda dapat menyimak artikel ini sampai selesai.

Pengertian Pasar Oligopoli

Dalam bahasa Yunani, oligopoli terdiri dari dua suku kata yaitu oligos yang artinya sedikit dan polein yang artinya penjual. Jadi bila diartikan secara bahasa, pasar oligopoli adalah pasar yang memiliki sedikit penjual.

Sedangkan menurut ilmu ekonomi, pasar oligopoli merupakan jenis pasar yang jumlah produsennya (penjual) sedikit namun memiliki banyak jumlah konsumen (pembeli), sehingga pasar ini disebut dengan pasar persaingan tidak sempurna.

Ketidakseimbangan antara jumlah penjual dengan jumlah pembeli dapat menciptakan persaingan yang tidak sehat antar penjual. Hal ini dapat berpengaruh pada harga barang, karena penjual dapat menentukan harga yang mereka ciptakan baik secara kolektif antar produsen yang menguasai komoditi maupun produsen itu sendiri.

Dari sedikitnya jumlah produsen yang ada, para produsen tersebut dapat menguasai pasar dan saling bersaing untuk menarik konsumen. Atas dasar itulah yang membuat produsen-produsen baru akan sulit untuk masuk ke dalamnya, dan menjadikan penjual di dalamnya hanya sedikit.

Ciri-Ciri Pasar Oligopoli

Untuk mengetahui ciri-ciri pasar oligopoli, Anda dapat mengenali karakteristik yang membedakan jenis pasar oligopoli dengan jenis pasar lain. Ciri-ciri pasar oligopoli adalah sebagai berikut.

  1. Hanya terdapat dua produsen atau lebih

Dalam pasar oligopoli hanya terdapat dua atau kurang dari sepuluh produsen. Dari ciri-ciri ini akan muncul persaingan yang tidak sempurna karena hanya produsen yang sudah memiliki nama yang produknya akan laris di pasar, karena mereknya sudah dikenal banyak orang.

  1. Harga Produk Hampir Sama

Harga dari produk yang ada di pasar oligopoli cenderung sama dan tidak jauh beda antara produsen satu dengan produsen lainnya. Pada umumnya, jika ada kenaikan harga produk dari salah satu produsen, maka produsen lainnya juga akan menaikkan harga.

  1. Produk Bersifat Homogen

Produk-produk yang diperjualbelikan dalam pasar oligopoli bersifat homogen, artinya produk tersebut memiliki kesamaan dari segi fungsi, bentuk, harga dan lainnya, sehingga konsumen tidak sulit untuk mendapatkan produk tersebut.

  1. Sulit Dimasuki Produsen Baru

Pada pasar oligopoli biasanya para produsen baru akan mengalami kesulitan untuk masuk ke pasar. Karena sulitnya memasuki pasar ini, banyak produsen baru yang mendapatkan keuntungan kecil bahkan sampai mengalami kebangkrutan. Hal ini dikarenakan produk yang dijualnya tidak mampu bersaing dengan merek dari produsen yang sudah dikenal oleh masyarakat.

  1. Butuh Strategi Pemasaran yang Matang

Ciri-ciri oligopoli berikutnya yaitu dibutuhkan strategi pemasaran yang matang karena ketatnya persaingan dalam pasar ini. Produsen biasanya memiliki strategi pemasaran yang matang dalam menghadapi persaingan dengan produsen lainnya.

  1. Kebijakan Produsen dapat memengaruhi Produsen lainnya

Kebijakan dari produsen utama atau produsen yang sudah dikenal masyarakat dapat mempengaruhi kebijakan produsen yang lain. Kebijakan yang dikeluarkan oleh produsen utama seperti masalah harga, perubahan fungsi produk dan lainnya, produsen lain akan mengikuti kebijakan tersebut.

Kelebihan dan Kelemahan Pasar Oligopoli

Seperti jenis pasar lainnya, pasar oligopoli juga memiliki kelebihan dan kelemahan di antaranya yaitu:

Kelebihan Pasar Oligopoli

  • Adanya persaingan yang ketat bagi produsen menjadikan produsen menyadari bahwa konsumen akan lebih menyukai produk yang memiliki kualitas dengan harga relatif terjangkau.
  • Kesadaran untuk menciptakan inovasi-inovasi baru akan muncul pada benak produsen. Hal tersebut dikarenakan pesatnya perkembangan produk di dalam pasar oligopoli.
  • Meski produk yang ditawarkan bersifat homogen, namun konsumen bisa menemukan varian merek yang berbeda dan pilihan produk yang disukai sesuai kebutuhan.

Kelemahan Pasar Oligopoli

  • Biaya strategi promosi cukup besar yang harus dikeluarkan oleh produsen demi menarik minat konsumen dan menjadikannya pelanggan.
  • Produsen harus siap perang harga dengan produsen lain untuk menarik lebih banyak konsumen.
  • Persaingan di dalamnya sangat ketat sehingga membuat produsen baru kesulitan untuk masuk dan bertahan di pasar ini.

Demikianlah artikel mengenai pengertian pasar oligopoli. Dengan begitu Anda dapat mengetahui apa itu pasar oligopoli, ciri-ciri, kelebihan dan juga kelemahannya dari pasar tersebut. Sebagai produsen sangat penting mengetahui tentang struktur-struktur pasar yang ada, karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kegiatan bisnis yang dijalankan.

Kunjungi artikel menarik lainnya di blog Krishand. Dan jika Anda membutuhkan software untuk membantu pekerjaan Anda, pilihlah software Krishand. Krishand memiliki banyak pilihan software yang dapat membantu pekerjaan Anda dari mulai perhitungan gaji, perhitungan pajak, pencatatan keuangan, kontrol stok barang, pembuatan invoice dan lainnya. Kunjungi www.krishandsftware.com untuk melihat pilihan software yang dibutuhkan.

AK-2305