Pengertian Purchase Order

Pengertian Purchase OrderPada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai purchase request yang merupakan salah satu dasar dalam pembuatan purchase order. Purchase order merupakan formulir yang digunakan oleh perusahaan untuk melakukan pemesanan barang kepada supplier. Untuk format purchase order setiap perusahaan dapat berbeda-beda sesuai dengan kebijakan dan kebutuhan perusahaan. Pada artikel kali ini akan dibahas lebih dalam mengenai pengertian purchase order.

Pengertian Purchase Order

Secara umum purchase order dapat diartikan sebagai dokumen yang digunakan untuk pemesanan barang kepada supplier yang berisi detail barang-barang yang dibutuhkan perusahaan. Selain sebagai dokumen pemesanan juga dapat diartikan sebagai kontrak jual-beli atas barang baik kuantitas, harga, nomor/tanggal pemesanan dan lainnya tergatung seberapa spesifik detail barang yang ingin dicantumkan dalam dokumen tersebut.

Komponen Purchase Order

Adapun Komponen dalam Purchase Order di antaranya:

  1. Nama supplier
  2. Tanggal pemesanan
  3. Alamat kantor/alamat pengiriman
  4. Cara pembayaran dan cara pengiriman
  5. Nama produk atau barang yang dipesan
  6. Kuantitas barang
  7. Harga satuan
  8. Pajak
  9. Total harga
  10. Syarat/ketentuan/keterangan transaksi
  11. Kolom otorisasi

Fungsi Purchase Order

Ada beberapa manfaat adanya purchase order, di antaranya:

  1. Bukti adanya pemesanan barang dari pembeli kepada supplier
  2. Dokumen yang dapat digunakan untuk pengecekan ulang pesanan
  3. Bukti komitmen/kontrak jual beli antara penjual dan pembeli
  4. Memudahkan pihak finance pembeli untuk menyiapkan anggaran
  5. Memudahkan supplier dalam menyediakan barang pesanan
  6. Memudahkan perusahaan dalam melacak pesanan
  7. Media dalam mengontrol jumlah stok yang tersedia

Program Pengelolaan Purchase Order

Untuk membantu anda dalam melakukan pengelolaan data purchase order dan transaksi pembelian lainnya krishand software menyediakan program Krishand Accounting. Dengan program Krishand Accounting pembuatan serta pencetakkan formulir purchase order akan menjadi lebih mudah. Tidak hanya dalam pembuatan purchase order transaksi pembelian dan penjualan juga dapat diproses dari program Krishand Accounting. Jika Anda tertarik dan mau tau lebih jauh mengenai program Krishand Accounting segera kunjungi website kami dengan cara klik Krishand Software. Untuk artikel yang berhubungan dengan pajak, akuntansi, payroll dan lainnya dapat Anda baca di blog kami dengan cara klik blog krishand. Demikian Artikel mengenai purchase order, semoga bermanfaat.

JP2303