Pengertian Purchase Request

Pengertian Purchase RequestSebelum dilakukan proses pemesanan barang kepada vendor diperlukan adanya proses dalam internal perusahaan untuk menampung kebutuhan barang. Proses internal yang dimaksud di sini merupakan permintaan barang dari masing-masing departemen kepada bagian purchasing. Meskipun begitu, proses ini belum tentu ada dalam prosedur pembelian setiap perusahaan. Beberapa perusahaan melewati proses ini dan langsung melakukan proses purchase order. Sementara itu purchase request dianggap prosedur informal dalam internal perusahaan. Untuk artikel mengenai perbedaan antara purchase request dengan purchase order sudah kami bahas pada artikel dengan judul perbedaan purchase requesition dan purchase order. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian purchase request dan manfaatnya.

Pengertian Purchase Request

Secara umum purchase request merupakan dokumen pemesanan untuk kebutuhan departemen-departemen yang ada pada perusahaan atas barang yang akan diajukan kepada bagian purchasing, kemudian bagian purchasing akan menerbitkan purchase order kepada vendor.

Komponen Purchase Request

Untuk komponen yang yang biasanya ada pada purchase request di antaranya:

  1. Nomor purchase request
  2. Tanggal purchase request
  3. Estimasi harga
  4. Barang dan jumlah barang yang dibutuhkan
  5. Tanggal kebutuhan barang
  6. Nama vendor penyedia
  7. Nama/bagian yang membutuhkan barang

Manfaat Adanya Purchase Request

Adapun manfaat adanya purchase request di antaranya:

  1. Prosedur pembelian perusahaan menjadi lebih rapih
  2. Kontrol perusahaan terhadap jumlah barang menjadi semakin mudah
  3. Menghindari adanya kecurangan dalam pengadaan barang
  4. Kebutuhan barang menjadi lebih jelas
  5. Adanya approval sebelum melakukan pemesanan barang

Program dalam Pembuatan Purchase Request

Untuk perusahaan-perusahaan yang tingkat transaksi pembeliannya cukup tinggi, kebutuhan untuk pembuatan purchase request tentu juga cukup banyak. Maka dari itu kebutuhan program sebagai penunjang proses pembuatan purchase request pasti juga diperlukan. Krishand Accounting bisa menjadi salah satu alternatif dalam proses pembuatan purchase request tersebut. Tidak hanya dalam pembuatan prurchase request, Krishand Accounting juga dapat membantu Anda dalam proses pembuatan form lain seperti purchase order, penerimaan barang, pembayaran, sales order, invoice dan masih banyak lainnya. Jika Anda tertarik dan ingin mengetahui Krishand Accounting lebih jauh silahkan mengunjungi website kami dengan klik Krishand Software. Semoga bermanfaat.

JP2302