5 Elemen Penting Dalam Strategi Pemasaran

Elemen Strategi PemasaranSegala upaya cenderung dilakukan oleh para pelaku bisnis untuk memasarkan produk dan membangun brand mereka melalui berbagai elemen pemasaran. Upaya yang biasa dilakukan oleh pelaku bisnis mulai dari mendesain logo yang menarik, membuat website, juga mengatur program otomatisasi pemasaran via email. Namun upaya yang dilakukan tersebut tidaklah cukup tanpa kuatnya produk yang dipasarkan.

Pastinya Anda sering mendengar kabar mengenai beberapa bisnis perusahaan yang meluncurkan produk baru dan berakhir gagal. Hal tersebut bisa saja terjadi karena kurangnya pemahaman tentang kondisi pasar, kurangnya pemahaman tentang pelanggan, sampai strategi pemasaran produk yang tidak efektif.

Tentunya setiap pelaku usaha tidak ingin menghabiskan waktu dan energi untuk membangun brand bisnis yang berakhir sia-sia. Untuk itu setiap bisnis yang dijalankan membutuhkan strategi pemasaran untuk produk yang yang ditawarkan. Atas dasar itulah, setiap pelaku usaha perlu memahami strategi pemasaran dan juga elemen-elemen penting di dalamnya.

Dalam strategi pemasaran, terdapat lima elemen penting yang perlu Anda perhatikan. Lima elemen tersebut yaitu Product, Price, Promotion, Place, dan People atau dikenal juga dengan sebutan 5P.

1. Product

Produk merupakan elemen strategi pemasaran pertama. Hal-hal yang bisa Anda pertimbangkan dalam menentukan strategi pemasaran melalui produk meliputi fungsi, kualitas, tampilan, dan juga pengemasan dari produk tersebut.

Pelanggan akan mempertimbangkan manfaat dan kelebihan dari produk yang akan dipilihnya. Bahkan biasanya para pelanggan akan mencari tahu terlebih dahulu lewat informasi terdekat maupun di media internet mengenai produk yang akan dibelinya.

Sebab itu lah penjual harus benar-benar mempertimbangkan fitur utama, manfaat, juga keinginan pelanggan terhadap produk yang akan ditawarkan. Dengan begitu strategi pemasaran akan yang dijalankan dapat berhasil.

2. Price

Price (harga) merupakan elemen yang berhubungan dengan strategi yang digunakan dalam menetapkan harga produk atau jasa yang tawarkan, dan juga sejauh apa harga yang sudah ditawarkan tersebut dapat mempengaruhi pelanggan.

Anda dapat mengacu pada beberapa hal dalam memutuskan harga yang akan ditawarkan. Seperti harga jual di pasaran, metode pembayaran, kredit, diskon dan lainnya. Dengan begitu Anda dapat menentukan harga yang masih bisa diterima oleh pembeli, dan Anda tidak mengalami kerugian.

Saat menentukan strategi penetapan harga, baiknya mempertimbangkan posisi bisnis yang Anda jalankan di pasaran saat ini. Contohnya jika Anda memasarkan produk dengan kualitas terbaik, Maka harga yang ditawarkan juga harus mencerminkan hal itu.

3. Promotion

Strategi pemasaran sangat erat kaitannya dengan promosi. Promosi merupakan aktivitas yang dilakukan agar bisnis dapat dikenal oleh banyak orang. Promosi yang dilakukan dapat berupa iklan, relasi, dan juga sponsor.

Adanya strategi pemasaran sangat penting bagi promosi yang dilakukan. Jika menghitung biaya produksi yang mungkin saja tidaklah rendah, sangat penting untuk menentukan apakah promosi yang dilakukan layak atau tidak dalam meningkatkan penjualan.

4. Place

Place atau tempat juga merupakan elemen dari strategi pemasaran yang penting untuk diperhatikan. Tempat mengacu pada lokasi dibuat, dijual, dan didistribusikannya produk bisnis yang dipasarkan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mempertimbangkan tempat, di antaranya yaitu terjangkau dan juga tidak mengeluarkan biaya yang terlalu besar.

Jangkauan atau akses produk terhadap pelanggan sangatlah penting dipertimbangkan, karena dapat memudahkan pelanggan menemukan produk.

Selain itu, biaya juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk tempat tersebut, apakah sudah sesuai dengan modal atau tidak. Jangan sampai tempat yang dipilih menguras terlalu banyak modal. Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan beberapa online shop yang tersedia di internet, toko ritel, distributor pihak ketiga dan sebagainya untuk tempat bisnis.

5. People

Elemen strategi pemasaran terakhir yaitu people atau orangnya. Orang yang dimaksud yaitu tenaga penjual, karyawan atau staf dan sebagainya.

Orang merupakan sumber daya manusia untuk setiap bisnis yang dijalankan. Keberhasilan suatu usaha salah satunya karena sumber daya manusianya, Anda dapat merekrut karyawan yang kompeten di bidangnya agar bisnis yang dijalankan bisa memperoleh keuntungan.

Salah satu contoh kompeten yang bisa dinilai dari karyawan yaitu karyawan tersebut mampu memberikan pelayanan yang baik terhadap pelanggan. Karena pelayanan yang baik cukup penting untuk menarik minat calon pelanggan.

Demikianlah artikel mengenai lima elemen penting dalam strategi pemasaran. Dengan memperhatikan elemen-elemen tersebut diharapkan strategi pemasaran yang Anda terapkan berjalan dengan baik.

Kunjungi blog dan website Krishand untuk melihat artikel dan pilihan software yang Anda butuhkan.

AK-2303