Langkah-Langkah Yang Perlu Diperhatikan Dalam Strategi Pemasaran

Langkah Yang Perlu Diperhatikan Dalam Strategi PemasaranPada artikel sebelumnya sudah kami bahas mengenai apa itu strategi pemasaran, fungsi dan juga contoh-contohnya. Artikel kali ini akan membahas tentang langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam strategi pemasaran.

Seperti kita ketahui, strategi pemasaran adalah suatu rancangan untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat agar masyarakat tertarik untuk membeli produk yang dipasarkan dan juga bertujuan untuk menjangkau target konsumen. Untuk menjangkau target tersebut, Anda harus memperhatikan langkah-langkah penting dalam menerapkan strategi pemasaran.

Langkah – Langkah Strategi Pemasaran

1. Menentukan Tujuan

Langkah pertama yang perlu diperhatikan dalam strategi pemasaran yaitu menentukan tujuan. Adanya tujuan membuat pemasaran menjadi lebih fokus, hasilnya jelas, dan mudah dievaluasi.

Tujuan strategi pemasaran bisa saja berbeda-beda tergantung situasi bisnis yang dijalankan. Misal, meningkatkan kesadaran pelanggan akan produk Anda (brand awareness), meningkatkan respon konsumen (conversion), dan juga meningkatkan pendapatan (revenue).

2. Menyusun Anggaran

Strategi pemasaran bisa Anda lakukan lewat media sosial secara gratis dengan memposting produk yang Anda pasarkan. Namun memanfaatkan media sosial secara gratis untuk strategi pemasaran tidaklah cukup untuk menarik calon konsumen. Algoritma media sosial yang terus berubah setiap saat membuat postingan Anda sering terlewat begitu saja oleh calon konsumen.

Untuk itu dalam ilmu pemasaran juga menyarankan Anda untuk menyusun anggaran iklan. Anggaran yang dikeluarkan untuk iklan tergantung dari penyedia layanan iklan tersebut. Dalam dunia digital, banyak penyedia layanan iklan menerapkan pay per click di mana Anda hanya membayar sesuai jumlah klik yang Anda dapat, dengan begitu Anda tidak terbebani oleh biaya iklan yang tinggi.

3. Melakukan Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar merupakan upaya untuk memecah pasar menjadi beberapa kelompok yang lebih kecil. Pembagian dapat dilakukan berdasarkan geografis, demografis, psikografis dan juga perilaku.

  • Segmentasi dari segi geografis, informasi yang dibutuhkan yaitu lokasi dan juga aksesibilitas tempat
  • Segmentasi dari segi demografis, informasi yang dibutuhkan yaitu jenis kelamin, umur, dan juga tingkat pendidikan.
  • Segmentasi dari segi psikografis, informasi yang dibutuhkan yaitu perilaku berbelanja seseorang dilihat dari penghasilan, frekuensi belanja, preferensi platform belanja.
  • Segmentasi dari segi perilaku, informasi yang dibutuhkan yaitu apa tujuan pembelian produk (kebutuhan atau gaya hidup), bagaimana cara membelinya (pembelian online atau datang ke toko).

4. Menentukan Target Pasar

Setelah Anda membagi pasar sesuai segmentasinya, langkah selanjutnya yaitu menentukan target pasar. Target pasar adalah kelompok tertentu yang dituju untuk meningkatkan penjualan suatu produk. Target pasar umumnya memiliki kesamaan karakteristik yang sudah diidentifikasi sebagai pelanggan potensial untuk produknya.

Dengan memahami target pasar, Anda lebih mudah untuk menentukan produk yang akan dijual dan juga langkah promosi yang akan dilakukan.

Penentuan target pasar juga membantu Anda mengetahui peta persaingan. Dengan begitu Anda bisa menimbang apakah menguntungkan untuk melakukan terobosan pada target pasar tertentu.

5. Market Positioning

Anda bisa saja menemukan kompetisi yang ketat dalam pemasaran produk. Kondisi ini dapat menuntut Anda melakukan perang harga yang kurang menguntungkan. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan strategi market positioning.

Market positioning adalah strategi pemasaran yang menonjolkan perbedaan produk Anda dari yang lain. Salah satu caranya adalah membangun brand equity. Brand equity yaitu nilai lebih perusahaan karena produknya lebih dikenal dibanding dengan produk kompetitor. Dengan begitu, secara perlahan akan terbangun kelompok pelanggan yang loyal.

6. Keyword Research

Keyword research atau riset kata kunci secara umum berfungsi untuk menentukan kata kunci yang relevan untuk website atau blog Anda. Keyword atau kata kunci yang tepat akan berpengaruh ke performa website atau blog Anda di hasil pencarian.

Selain itu, keyword research juga dapat membantu Anda mengetahui hal-hal atau tren yang sering dicari orang-orang di mesin pencarian. Dengan begitu, Anda bisa memastikan pemasaran yang dilakukan bermanfaat, relevan dan tidak sia-sia.

7. Membagikan Konten

Langkah yang dapat Anda gunakan berikutnya yaitu dengan membagikan konten. Anda dapat membagikan secara rutin dan konsisten konten yang relevan dan penting, baik itu di media sosial atau marketing channel lain yang Anda pakai.

Konten yang Anda bagikan membantu calon pelanggan tetap update dengan produk yang ditawarkan. Keuntungan lain dari membagikan konten secara rutin dan konsisten akan menguntungkan Anda dari sisi algoritma platform.

Demikianlah artikel mengenai langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam strategi pemasaran. Dengan langkah-langkah strategi pemasaran ini, Anda mampu membuat bisnis berjalan dengan baik.

Kunjungi blog dan website Krishand untuk melihat artikel dan pilihan software yang Anda butuhkan.

AK-2303