Pengertian Strategi Pemasaran

Pengertian Strategi PemasaranDalam menjual suatu barang atau jasa, pelaku bisnis harus aktif memasarkan produk yang dijualnya. Memasarkan suatu produk merupakan upaya pelaku bisnis agar usahanya dapat berkembang. Hal penting yang perlu dipikirkan dalam memasarkan suatu produk adalah merancang dan membuat strategi pemasaran. Mengingat jumlah pesaing di berbagai bidang usaha saat ini semakin tinggi, membuat strategi pemasaran menjadi hal yang harus ada pada bisnis yang dijalankan. Tanpa adanya strategi pemasaran, pelaku bisnis akan sulit menjual suatu produk dan bisnis pun akan sulit berkembang. Dengan dibuatnya strategi pemasaran yang tepat, produk yang dihasilkan akan lebih mudah terjual. Simak penjelasan mengenai pengertian strategi pemasaran berikut ini.

Pengertian Strategi Pemasaran

Secara sederhana, pengertian strategi pemasaran adalah strategi yang dirancang untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat agar masyarakat tertarik untuk membeli produk tersebut dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan. Strategi pemasaran juga bertujuan untuk menjangkau target konsumen, dan perlahan strategi tersebut akan mengubah mereka menjadi konsumen tetap produk tersebut.

Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli

Menurut pendapat Michael Baker, strategi pemasaran merupakan tujuan dasar dalam meningkatkan penjualan dan mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

Menurut pendapat Paul dan Guiltinan, strategi pemasaran adalah pola pikir yang dipakai untuk mengembangkan suatu bisnis yang dijalankan. Cara yang dipakai dapat menyatukan beberapa unsur pemasaran seperti bauran pemasaran (marketing mix), segmentasi pasar, hingga sasaran.

Menurut pendapat Christian Homburg, strategi pemasaran merupakan segala upaya yang dilakukan dalam waktu jangka pendek dan panjang, khususnya di bidang pemasaran. Memiliki hubungan dengan analisis situasi strategis perusahaan, strategi ini diawali lewat perumusan terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan evaluasi dan pemilihan strategis dalam memberi kontribusi terhadap tujuan.

Fungsi Strategi Pemasaran

  1. Meningkatkan Inovasi Bisnis

Adanya strategi pemasaran, pelaku bisnis dapat mengetahui kebutuhan dan apa yang diinginkan konsumen saat ini hingga masa mendatang. Dengan begitu pelaku bisnis dapat membuat inovasi-inovasi baru untuk pengembangan bisnis. Adanya inovasi baru atau tampilan baru dari sebuah produk tentunya dapat menarik minat masyarakat untuk membelinya.

  1. Koordinasi Tim Lebih Efektif

Strategi dapat membantu mengatur tugas setiap anggota yang terlibat pada setiap divisi agar bisa bekerja sama untuk mencapai tujuan. Dengan begitu koordinasi tim akan berjalan baik dan terarah. Jika terjadi kenaikan permintaan konsumen, maka divisi pemasaran dan produksi akan bekerja sama untuk memenuhi permintaan tersebut.

  1. Merumuskan Tujuan Perusahaan

Tujuan adalah hal penting yang harus ada dalam bisnis yang dijalankan. Dengan adanya tujuan bisnis akan lebih terarah dan mampu berkembang ke depannya. Adanya strategi pemasaran juga dibutuhkan untuk menentukan tujuan perusahaan dalam hal merumuskan maupun mencapai tujuan jangka pendek maupun jangka panjang.

  1. Mengawasi Kegiatan Pemasaran

Pelaku bisnis dituntut untuk menerapkan pengawasan terkait strategi apa yang akan digunakan. Lalu menganalisa apakah strategi pemasaran yang ada sudah berjalan efektif atau tidak. Secara tidak langsung strategi pemasaran juga berfungsi untuk mengawasi kegiatan pemasaran.

  1. Meningkatkan Penjualan

Strategi pemasaran juga berfungsi untuk meningkatkan penjualan, sebab pelaku bisnis akan memasarkan suatu produk, mempromosikan dan mengajak orang lain untuk membeli dan menggunakan produknya. Namun mengajak orang untuk membeli tidaklah mudah, butuh strategi khusus untuk menonjolkan fungsi atau kelebihan produk yang dijual.

Contoh Strategi Pemasaran

Banyak contoh strategi pemasaran yang dapat diterapkan untuk bisnis yang Anda jalankan, berikut beberapa contoh strategi pemasaran:

  1. Pemasaran transaksional

Salah satu tantangan terbesar yang harus dihadapi perusahaan adalah pemenuhan target dari penjualan produk atau jasa. Strategi pemasaran transaksional ini dinilai cukup efektif dalam mengatasi tantangan tersebut. Pada penggunaan strategi ini perusahaan dapat menarik konsumen melalui hal-hal menarik. Misalnya dengan menerapkan diskon produk, membuat kupon belanja, promosi dan juga mengadakan acara dalam skala besar.

  1. Pemasaran interaktif

Pada strategi pemasaran interaktif ini perusahaan melibatkan partisipasi dari para konsumen, dengan kata lain strategi pemasaran interaktif mengikutsertakan konsumen dalam proses pemasaran yang dilakukan perusahaan itu sendiri. Yang dapat dilakukan perusahaan pada strategi ini yakni mencantumkan nama konsumen di dalam strategi pemasarannya. Selain itu perusahaan juga harus melakukan sebuah kustomisasi dalam produknya yang masuk kategori edisi terbatas.

Metode yang digunakan memungkinkan seorang konsumen mendapatkan informasi terbaru dari produk tersebut dan angka permintaan konsumen terhadap produk atau jasa dapat meningkat.

  1. Pemasaran media sosial

Strategi pemasaran berikutnya adalah pemasaran melalui media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook dan media sosial lainnya. Di era saat ini media sosial memiliki pengaruh penting di dalam kehidupan, bahkan media sosial sudah menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat.

Strategi pemasaran dengan menggunakan media sosial merupakan hal yang sangat menguntungkan dan terbilang mudah untuk dilakukan. Selain akan mendapat target lebih banyak, strategi pemasaran ini juga tidak memerlukan biaya yang besar. Banyak perusahaan menerapkan strategi pemasaran ini dan hasilnya terbilang cukup efektif.

  1. Pemasaran konten

Konten merupakan suatu informasi yang tersedia melalui produk atau media elektronik. Konten menjadi daya tarik banyak pengguna media sosial saat ini. Sebab itulah konten dapat menjadi salah satu pilihan strategi dalam pemasaran.

Strategi ini yaitu membuat dan mendistribusikan konten yang penting, relevan, dan konsisten. Tujuannya, untuk menarik masyarakat dan merubah mereka menjadi konsumen. Salah satu media yang dapat digunakan untuk menjalankan pemasaran konten yaitu blog. Blog bisa berguna untuk mendapatkan trafik tinggi melalui pencarian dengan kata kunci (pencarian organik).

  1. Optimasi Search Engine Optimization (SEO)

Strategi pemasaran ini masih berhubungan dengan dunia digital. Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah proses sebuah situs untuk mendapatkan traffic yang dihasilkan dari pencarian organik maupun pencarian bebas di dalam sebuah mesin pencari seperti Google.

Optimasi SEO dapat menjadikan website perusahaan Anda berada di posisi atas hasil mesin pencarian seperti Google, sehingga produk Anda dikenal dan mudah ditemukan oleh calon pelanggan.

  1. Iklan berbayar

Strategi pemasaran adalah iklan berbayar mengharuskan perusahaan membayar kepada penyedia ruang iklannya. Tujuannya agar produk Anda dapat ditampilkan di ruang yang sudah dibayar tersebut. Iklan berbayar ada beberapa kategori, seperti display atau banner, pay per click (PPC), dan pay per impression (PPI). Strategi pemasaran dengan iklan berbayar ini dinilai sangat efektif, sebab dapat menunjukan produk atau jasa sekaligus perusahaannya kepada masyarakat luas.

  1. Earned media atau public relation

Strategi pemasaran ini cenderung mudah. Karena dapat dilakukan dengan pembicaraan dari mulut ke mulut (word of mouth). Selain itu, strategi pemasaran ini dapat dilakukan dengan testimoni dan menjadi salah contoh strategi pemasaran earned media dengan membicarakan produk melalui televisi, radio, siaran langsung pada media sosial, dan sebagainya.

  1. Telemarketing

Salah satu strategi pemasaran yang sudah tidak asing lagi yaitu telemarketing. Sebagian perusahaan menganggap strategi pemasaran dengan telemarketing ini sangat efektif. Pemasaran ini dilakukan dengan menggunakan metode pemasaran secara langsung. Proses yang dilakukan adalah seorang tenaga penjual menawarkan produk atau layanan melalui sambungan telepon.

Demikianlah artikel mengenai pengertian, fungsi dan juga contoh strategi pemasaran yang dapat diterapkan pada bisnis Anda. Teruslah melakukan evaluasi secara berkala pada bisnis yang Anda jalankan, dengan begitu Anda dapat mengetahui apakah strategi pemasaran yang Anda terapkan sudah efektif atau tidak.

Kunjungi blog dan website Krishand untuk melihat artikel dan pilihan software yang Anda butuhkan.

AK-2303