Saldo Awal Dan Manfaatnya

saldo awal dan manfaatnyaSaldo awal merupakan komponen yang sangat penting dalam menghitung nilai saldo akhir yang valid dan sesuai dengan data yang sebenarnya. Jika sebuah transaksi akun dicatat tanpa mempertimbangkan/memasukkan saldo awal dari akun tersebut maka nilai saldo akhir pencatatan tersebut dianggap tidak valid. Saldo Awal dalam pencatatan akuntansi dapat diartikan sebagai saldo awal perkiraan secara umumnya, dan di dalam perkiraan terdapat saldo awal atas kas/bank, piutang dan hutang serta ekuitas. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai saldo awal pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai saldo awal dan manfaatnya.

Pengertian Saldo Awal

Secara umum saldo awal adalah saldo-saldo/nilai yang terbawa dari periode sebelumnya. Sementara saldo awal piutang adalah nilai-nilai piutang perusahaan yang belum selesai hingga akhir periode dan akan dibawa pada awal periode selanjutnya. Kebalikannya adalah saldo awal hutang yang merupakan nilai-nilai hutang perusahaan yang belum selesai hingga akhir tahun dan terbawa hingga periode selanjutnya dan masih memiliki kewajiban membayar atau melunasi hutang tersebut.

 Jenis Saldo Awal

Adapun beberapa jenis saldo awal diantaranya sebagai berikut:

  1. Saldo Awal Kas

Saldo awal kas merupakan nilai saldo uang tunai yang yang disimpan secara fisik baik di brankas maupun tempat lain di kantor. Kas umumnya terbagi menjadi 2 yaitu kas kecil dan kas besar sesuai kebutuhan perusahaan.

  1. Saldo Awal Bank

Saldo awal bank merupakan nilai saldo awal sejumlah uang yang disimpan dalam rekening perusahaan.

  1. Saldo Awal Piutang

Saldo awal piutang merupakan saldo  piutang perusahaan yang masih outstanding atau belum dibayar oleh lawan transaksi. Piutang dapat berupa piutang dagang, piutang usaha, piutang karyawan, ataupun piutang lain.

  1. Saldo Awal Persediaan

Saldo awal persediaan merupakan nilai saldo awal atas persediaan barang yang di perjualbelikan.

  1. Saldo Awal Aktiva Tetap

Saldo awal aktiva tetap merupakan saldo-saldo dari harta perusahaan yang memiliki masa manfaat cukup lama atau melebihi satu periode akuntansi.

  1. Saldo Awal Hutang

Saldo awal hutang merupakan nilai saldo hutang perusahaan terhadap lawan transaksi yang masih outstanding atau belum dilunasi oleh perusahaan.

  1. Saldo Awal Modal

Saldo awal modal merupakan nilai saldo awal atas modal perusahaan yang digunakan dalam kegiatan operasional perusahaan secara langsung maupun tidak langsung.

  1. Saldo Awal Laba Ditahan

Saldo awal merupakan nilai saldo awal atas laba perusahaan  yang merupakan akumulasi dari laba-laba tahun berjalan dari periode/tahun akuntansi sebelumnya.

Manfaat Saldo Awal

Secara umum manfaat saldo awal adalah untuk menghubungkan atau mengintegrasikan data periode saat ini dengan periode sebelumnya. Saldo akhir suatu data perkiraan akan valid jika data saldo awal yang diinput dalam catatan perusahaan sudah benar. Jika terjadi kesalahan pada data saldo awal akan menyebabkan semua laporan yang dihasilkan  juga salah.

Manfaat Sistem dalam Pengelolaan Saldo Awal

Adapun manfaat sistem dalam pengelolaan  saldo awal adalah sebagai berikut:

  • Untuk mengurangi risiko kesalahan pencatatan saldo awal
  • Data perusahaan menjadi semakin rapih
  • Mengurangi risiko data hilang
  • Mempermudah dalam pengelolaan data saldo awal
  • Memudahkan user dalam penarikan data

Demikian pembahasan mengenai saldo awal dan manfaatnya, untuk membantu Anda dalam pengelolaan saldo awal dan transaksi perusahaan Krishand Software menyediakan Krishand Accounting, dalam program Krishand Accounting Anda dapat melakukan pengelolaan saldo awal perkiraan untuk keuangan, saldo awal hutang usaha, saldo awal piutang, saldo awal persediaan dan transaksi-transaksi yang mempengaruhi saldonya. Jika anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai Krishand Accounting, Anda dapat mengunjungi website kami dengan cara klik Krishand Software. Semoga bermanfaat

JP2211