Pengertian Cost Center

Pengertian Cost CenterSetiap perusahaan tentu menginginkan usahanya maju dan menghasilkan keuntungan yang besar, namun sering kali manajemen keuangan perusahaan kurang tertata dengan rapi sehingga proses evaluasi perusahaan menjadi lebih sulit. Proses evaluasi kinerja perusahaan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan agar perusahaan dapat melakukan perbaikan kinerja untuk ke depannya. Hal yang perlu diperhatikan adalah biaya-biaya yang dikeluarkan perusahaan, karena biaya-biaya tersebut akan mempengaruhi besarnya nilai keuntungan dari suatu transaksi. Maka dari itu perlu adanya pencatatan khusus untuk biaya-biaya yang disebut cost center. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai pengertian cost center.

Pengertian Cost Center

Pengertian cost center secara umum adalah pusat laba yang merupakan divisi atau departemen yang ada pada perusahaan tetapi tidak secara langsung menghasilkan pendapatan bagi perusahaan akan tetapi menimbulkan biaya bagi perusahaan.  Bagian cost center biasanya memiliki peran administratif, layanan maupun dukungan terhadap operasional perusahaan.

Fungsi Cost Center

Ada beberapa fungsi dari cost center, di antaranya:

  1. Melakukan penelitian dan pengembangan

Divisi penelitian dan pengembangan bertugas mencari solusi yang inovatif bagi setiap masalah perusahaan baik berhubungan dengan konsumen, produksi maupun manajemen operasional perusahaan.

  1. Menjalankan tugas-tugas administratif

Bagian administratif dapat meliputi bagian akuntansi dan bagian lainnya yang tugasnya melaporkan anggaran, penggajian dan aktivitas perusahaan yang bersifat administratif

  1. Melakukan analisis data dan strategi bisnis

Bagian ini bertugas menganalisa pasar dan tren yang ada kemudian menciptakan strategi bisnis untuk menarik pelanggan atau meningkatkan penjualan

  1. Membantu melakukan perawatan peralatan dan bangunan

Bagian ini meliputi bagian IT, karyawan kebersihan dan karyawan pemeliharaan, yang bertugas memastikan kinerja peralatan dan kebersihan bangunan perusahaan tetap dalam kondisi baik.

  1. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan

Bagian ini bertugas membantu pelanggan dalam menemukan produk, mengatasi keluhan, garansi hingga kebijakan perusahaan.

Jenis-jenis Cost Center

Cost Center dapat dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai kebutuhan, di antaranya:

  1. Personal Cost Center (Pusat Biaya Pribadi)

Jenis pusat biaya ini dianggap pusat biaya pribadi jika hanya mengacu pada seseorang atau sekelompok orang, seperti manajer pekerjaan, manajer penjualan dan lainnya

  1. Impersonal Cost Center (Pusat Biaya Impersonal)

Jenis pusat impersonal merupakan pusat biaya yang mengacu pada peralatan atau grup peralatan di lokasi manapun.

  1. Service Cost Center (Pusat Biaya Layanan)

Pusat Biaya Layanan merupakan pusat biaya yang melakukan aktivitas layanan baik ke pusat produksi maupun ke pusat biaya lainnya.

  1. Production Cost Center (Pusat Biaya Prouksi)

Pusat biaya dianggap pusat biaya produksi jika kegiatan pusat biaya tersebut berhubungan dengan aktivitas produksi perusahaan.

  1. Operation Cost Center (Pusat biaya Produksi)

Pusat biaya operasi merupakan oarang atau mesin yang mengikuti kegiatan operasional perusahaan.

 Manfaat  Cost Center

Adapun pusat biaya memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

  1. Memantau efisiensi dan efektivitas operasi bisnis di dalam perusahaan
  2. Mengurangi biaya yang terkait dengan fungsi tertentu
  3. Menganalisa profitabilitas dengan membandingkan biaya antar periode

Kekurangan Cost Center

Adapun kekurangan dari pusat biaya adalah:

  1. Manajer pusat biaya tidak memiliki kendali atas keuntungan perusahaan, namun hanya bertanggung jawab mengendalikan biaya divisi atau pusat biaya internal.
  2. Pengurangan biaya pada pusat biaya terkadang dapat berdampak buruk pada kinerja departemen lain.

Cost Center Dalam Program

Pada penjelasan di atas sudah dibahas mengenai cost center, dalam pencatatan keuangan perusahaan transaksi perusahaan dapat dikelompokkan sesuai masing-masing cost center. Pengelompokkan transaksi sesuai cost center  dapat mempermudah perusahaan dalam melakukan pengelolaan data transaksi dan mengentahui biaya dari masing-masing cost center tersebut. Untuk memudahkan dalam pengelolaan pencatatan cost center tersebut Krishand Software menyediakan program Krishand Accounting yang dapat Anda gunakan dalam pengelolaan data transaksi sesuai cost center masing-masing. Selain digunakan untuk pengelompokkan transaksi Krishand Accounting juga memiliki banyak fungsi dan jenis laporan yang dapat Anda manfaatkan.

Jika Anda tertarik dan ingin mengetahui Krishand Accounting lebih jauh, Anda dapat mengunjungi website kami dengan cara klik Krishand Software. Anda dapat mempelajari Krishand Accounting dari deskripsi yang ada pada website tersebut dan Anda juga dapat mengunduh secara gratis trial program dari Krishand Accounting. Demikian artikel mengenai cost center, semoga bermanfaat.

JP2210