Pengertian Manajemen Strategis

Manajemen StrategisDalam membangun sebuah bisnis, pastinya seorang pengusaha memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis yang dia jalankan. Untuk mencapainya seorang pengusaha harus memiliki kesabaran, konsistensi dan perencanaan yang baik. Tanpa itu semua, seorang pengusaha akan mengalami kesulitan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Untuk mewujudkannya, pengusaha harus memiliki pengertian manajemen strategis dalam bisnis perusahaan yang sedang dijalankan.

Manajemen strategis merupakan suatu upaya yang dilakukan perusahaan untuk merumuskan serangkaian kegiatan, perencanaan jangka panjang dan keputusan manajerial untuk mencapai suatu tujuan. Manajemen strategis memiliki peran penting dalam bisnis perusahaan karena perusahaan dapat mengetahui setiap keputusan yang akan dilakukan sesuai dengan visi dan misi atau tidak. Selain dari itu, manajemen strategis juga mampu memberikan kekuatan dan juga membuka peluang keuntungan yang besar.

Pengertian Manajemen Strategis

Secara umun pengertian manajemen strategis merupakan suatu rangkaian tindakan dan keputusan mendasar yang dibuat oleh manajemen puncak (top management) dan diaplikasikan oleh seluruh anggota di tingkat manajemen menengah dan manajemen bawah demi mencapai suatu tujuan. Manajemen strategis dapat juga diistilahkan sebagai seni dalam ilmu penyusunan, penerapan, dan pengevaluasian keputusan.

Manajemen puncak, menengah dan bawah memiliki peran masing-masing dalam menjalankan manajemen strategis. Semua harus berpartisipasi dalam menyusun, menjalankan, dan mengontrol keputusan yang telah disepakati agar tercapainya tujuan.

John A. Pearce II dan Richard B. Robinson Jr, menyebutkan bahwa manajemen strategis adalah seperangkat alat keputusan dan tindakan yang menghasilkan formulasi dan implementasi dari rencana yang dibuat untuk mencapai tujuan.

Thomas L Wheelen dan J. David Hunger menyebutkan bahwa manajemen strategis adalah serangkaian keputusan manajerial dan tindakan yang menentukan kinerja jangka panjang dari organisasi maupun perusahaan. Mencakup perumusan strategi atau perencanaan jangka panjang, pelaksanaan dan evaluasi pengendalian strategi.

Fred R. David menyebutkan bahwa manajemen strategis didefinisikan sebagai seni dan pengetahuan dalam merumuskan, mengimplementasikan dan mengevaluasi semua keputusan lintas fungsional yang memampukan suatu organisasi mencapai tujuannya. Manajemen strategis berfokus pada usaha untuk mengintegrasikan manajemen, pemasaran, keuangan, produksi, penelitian dan pengembangan, serta sistem informasi untuk mencapai keberhasilan.

Tujuan Manajemen Strategis

Tujuan dibuatnya manajemen strategis yaitu:

  1. Memberi Arahan

Manajemen strategi memiliki tujuan untuk memberikan arahan jangka panjang kepada perusahaan berupa pedoman, cara-cara, dan gambaran agar dapat mencapai tujuan sesuai dengan visi misi yang dimiliki.

  1. Memikirkan Kepentingan Banyak Pihak

Setiap keputusan yang diambil oleh pemimpin atau seorang manajer harus mempertimbangkan keuntungan dan kerugian di dalam sebuah tim. Jangan sampai merugikan salah satu pihak dalam mencapai tujuan. Untuk itu perlu dibuat manajemen strategi agar kepentingan banyak pihak dapat dipikirkan.

  1. Kinerja Lebih Efektif dan Efisien

Pengimplementasian dalam mencapai sebuah tujuan tentunya akan samar dan hanya bisa diterka-terka, untuk itu perlu adanya manajemen strategi. Adanya manajemen strategi yang jelas, kegiatan atau aktivitas apapun di dalam sebuah perusahaan akan terlaksana dengan lebih efektif dengan memaksimalkan sumber daya yang ada.

  1. Mengantisipasi Adanya Perubahan

Berkembangnya zaman akan membawa perubahan yang mungkin saja tidak bisa dihindari oleh perusahaan. Untuk itu perlu adanya manajemen strategis agar bisa menjadi pedoman untuk menentukan langkah-langkah antisipatif dari perubahan yang dilalui saat mencapai tujuan bersama.

    1. Inovasi

Dalam pelaksanaannya, perusahaan pasti akan banyak melewati hal-hal baru dan perusahaan dituntut mampu beradaptasi terhadap perkembangan yang ada. Dengan adanya manajemen strategi, perusahaan dapat memikirkan inovasi apa yang akan dibuat.

    1. Mengevaluasi Kinerja

Dengan manajemen strategi, perusahaan dapat mengevaluasi kinerja tim. Dengan begitu perusahaan dapat mengetahui informasi mengenai faktor yang menyebabkan tujuan bisa tercapai atau tidak. Selain itu juga bisa dijadikan bahan analisa mengenai kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.

Hasil dari evaluasi yang dilakukan bisa dijadikan sebagai penilaian dan dasar untuk menentukan strategi berikutnya.

Membuat Manajemen Strategi Yang Efektif

Dengan adanya manajemen strategi akan memudahkan perusahaan untuk mencapai tujuannya, untuk itu buatlah seefektif mungkin. Berikut langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat manajemen strategi yang efektif.

  1. Menetapkan Tujuan

Perusahaan harus menjelaskan tujuannya sebagai tahap awal yang diperlukan dalam membuat manajemen strategi. Tujuan tersebut juga sebagai tolak ukur untuk performa dan perkembangan perusahaan.

Tujuan harus dibuat secara spesifik, terukur dan bisa ditindaklanjuti dengan tepat, dengan itu perusahaan bisa menjabarkan fokus bisnisnya dan mencari cara untuk memimpin pasar demi mencapai profit perusahaan. Menentukan tujuan yang efektif serta melibatkan setiap karyawan, mampu meningkatkan motivasi dan performa setiap karyawan.

  1. Merumuskan Strategi

Langkah selanjutnya yaitu merumuskan strategi dan melakukan analisis yang berfokus pada kekuatan dan kelemahan perusahaan, peluang serta ancaman yang mungkin akan terjadi pada perusahaan. Strategi dan analisis mampu menentukan tindakan yang lebih tepat untuk bersaing di pasar.

Dalam merumuskan strategi, Anda harus melakukan identifikasi eksternal perusahaan yang mencakup kondisi ekonomi, sosial dan budaya masyarakat, politik dan pemerintahan, teknologi dan tingkat kompetitif.

Selain itu Anda juga harus melakukan identifikasi internal perusahaan seperti keuangan, pemasaran, manajemen, operasional, dan juga sistem informasi manajemen.

  1. Implementasi

Di tahap implementasi, perusahaan menerapkan strategi yang sudah dirumuskan sebelumnya. Pada penerapannya dapat dilakukan beberapa cara seperti mengembangkan struktur dan sistem, mengalokasikan sumber daya, melakukan strategi manajemen risiko, mengawasi perubahan manajemen, mengembangkan projek manajemen, mengembangkan proses pengambilan keputusan, memperkuat kemampuan bersaing, mengomunikasikan strategi, dan mengelola SDM dengan baik.

  1. Melakukan Evaluasi

Tahap akhir perusahaan dapat melakukan evaluasi dengan menganalisa dan menilai strategi yang sudah diimplementasikan agar perusahaan dapat memutuskan, apakah terus menggunakan strategi yang sudah ada atau harus membuat strategi yang baru. Tindakan yang diambil dengan tepat akan membantu perusahaan beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di pasar.

Evaluasi dapat dilakukan secara berkala dan menjadi proses berkelanjutan untuk perusahaan agar dapat meninjau ukuran performa kinerja dan juga menerapkan intervensi bila nantinya dibutuhkan.

Evaluasi dapat memberikan gambaran pada perusahaan terkait adanya potensi kegagalan dan juga rencana apa yang nantinya akan ditetapkan.

Manfaat Manajemen Strategis

Manfaat dari penerapan manajemen strategi dapat memaksimalkan keuntungan yang bisa diperoleh perusahaan, dan perusahaan dapat terus meningkatkan keuntungan tersebut di masa mendatang. Perusahaan harus terus pasang target, jika periode ini perusahaan mampu mendapatkan keuntungan 100 persen, maka di periode berikutnya perusahaan menargetkan keuntungan yang lebih besar lagi. Hal ini dapat terwujud dengan adanya manajemen strategi yang disusun dengan tepat.

Selain itu, manajemen strategis dapat menekan risiko, meningkatkan kemampuan dan keunggulan, memberikan target dan tujuan yang jelas, serta mengoptimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki.

Demikianlah artikel mengenai manajemen strategis. Untuk melihat artikel kami lainnya bisa mengunjungi blog Krishand Software.

Jika membutuhkan software yang dapat membantu pekerjaan Anda, bisa mengunjungi website Krishand Software. Krishand mempunyai banyak pilihan software yang Anda butuhkan.

AK-2212