Pengertian Penyerahan Barang

Pengertian Penyerahan BarangPada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengiriman barang. Setelah dilakukan proses pengiriman maka kegiatan selanjutnya adalah proses serah terima barang. Dalam proses penyerahan barang biasanya akan terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku. Agar lebih paham mengenai penyerahan barang pada artikel ini akan dibahas lebih dalam mengenai pengertian penyerahan barang. Simak artikel berikut untuk penjelasan lengkapnya.

Pengertian Penyerahan Barang

Secara umum penyerahan merupakan kegiatan memberi/menerima barang antara penjual dan pembeli atas barang yang diperjual-belikan. Penyerahan barang memiliki beberapa syarat, dan syarat tersebut umumnya akan diinfokan ketika transaksi jual-beli. Untuk pembahasan mengenai syarat penyerahan Anda dapat baca pada artikel kami dengan judul syarat penyerahan barang. Pada prakteknya syarat penyerahan barang tidak hanya berlaku pada FOB shipping point ataupun FOB Destination Point namun ada beberapa syarat lain yang belaku.

Syarat Penyerahan Lain

Adapun syarat-syarat penyerahan barang lainnya adalah sebagai berkut:

  1. Dokumen Penyerahan Barang

Dalam penyerahan barang terdapat beberapa dokumen yang menyertai proses penyerahan barang, yaitu:

    1. Ada kwitansi pembayaran dan invoice
    2. Adanya purchase order sebagai dokumen pembantu pengecekan barang
    3. Adanya nota debet/kredit untuk barang retur
    4. Adanya surat jalan
    5. Adanya tanda terima dari pembeli atas barang yang diterima
  1. Sistem Biaya Kirim

Sistem biaya kirim merupakan penentuan pembebanan biaya atas pengiriman barang yang dijual-beli menjadi tanggungjawab penjual atau pembeli.

  1. Adanya Asuransi

Adanya asuransi dalam penyerahan barang merupakan bentuk tanggungjawab atas kesesuaianĀ  barang yang dikirimkan

  1. Waktu Penyerahan Barang

Dalam transaksi jual-beli, penyerahan barang tidak selalu bersamaan dengan dilakukannya transksi pembayaran transaksi. Waktu penyerahan barang yang berlaku ketika terjadinya transaksi, di antaranya:

    1. Penyerahan Barang Bersamaan Dengan Pembayaran

Waktu penyerahan ini yang sering terjadi, di mana pembeli menyerahkan pembayaran dan penjual juga menyerahkan barang pada saat yang bersamaan. Penyerahan seperti ini biasa disebut dengan transaksi jual-beli cash, umumnya terjadi pada transaksi jual-beli kebutuhan sehari-hari yang nilainya tidak terlalu besar

    1. Pembayaran Terlebih Dahulu Kemudian Barang Diserahkan Setelahnya

Waktu penyerahan barang jenis ini juga sering dilakukan, di mana pembeli melakukan pembayaran terlebih dahulu namun barang akan dikirim setelah dilakukan pembayaran. Waktu penyerahan ini terjadi untuk barang-barang yang bersifat inden atau transaksi jual/beli online.

    1. Penyerahan Terlebih Dahulu Kemudian Dilakukan Pembayaran Setelahnya

Dalam transaksi bisa terjadi barang sudah diserahkan terlebih dahulu meskipun belum dilakukan pembayaran atas barang/transaksi tersebut. Metode ini biasa disebut dengan dengan transaksi jual-beli kredit atau hutang. Contoh mudahnya untuk transaksi jenis ini adalah langganan listrik PLN, telepon, internet yang bersifat pasca bayar atau dapat juga untuk pembelian barang di mana antara penjual dan pembeli sudah saling percaya.

  1. Transaksi Sudah Dilakukan Tetapi Pembayaran Dan Penyerahan Ditunda

Transaksi ini jarang terjadi, hal ini biasanya terjadi karena adanya kejadian tertentu yang yang menyebabkan pembayaran/penyerahan tertunda. Contohnya antara penjual dan pembeli sudah melakukan tandatangan kontrak/kesepakatan jual beli, namun terjadi bencana alam atau kejadian tertentu yang menyebabkan pengiriman barang ditunda begitupun dengan pembayarannya sampai waktu yang lebih kondusif atau tepat.

Program Sebagai Alat Bantu

Proses serah-terima barang merupakan hal yang sangat sensitif dan perlu dikelola dengan benar, karena akan mempengaruhi jumlah stok barang dan nilai transaksi yang dilakukan. Jika terjadi kesalahan pencatatan dapat berdampak pada kegiatan operasional perusahaan. Untuk membantu Anda dalam mengurangi risiko kesalahan pencatatan, Krishand Software menyediakan program Krishand Accounting. Di dalam program Krishand Accounting terdapat banyak fitur yang dapat Anda manfaatkan dalam pengelolaan transaksi penjualan dan pembelian barang dagang Anda, mulai dari pemesanan, penerimaan, penjualan, pengiriman hingga tagihan dan pembayaran. Selain itu juga masih banyak menu lain yang dapat Anda manfaatkan.

Demikian artikel mengenai penyerahan barang. Kunjungi website kami dengan cara klik Krishand Software, jika Anda tertarik dan ingin mengetahui lebih jauh mengenai Krishand Accounting. Anda juga dapat download trial program Krishand Accounting secara gratis pada website tersebut, semoga bermanfaat.

JP2209