Pengertian Pengiriman Barang Dan Jenisnya

Pengertian Pengiriman BarangPengiriman dalam transaksi jual beli merupakan salah satu kegiatan yang penting, baik bagi penjual maupun pembeli. Karena nilai yang digunakan akan mengurangi besarnya keuntungan atau akan mempengaruhi nilai perolehan barang. Semakin kecil ongkos kirim maka semakin besar pendapatan yang diterima penjual atau makin kecil juga nilai perolehan barang tersebut bagi pembeli. Dalam pengiriman barang ada berbagai jenis pengiriman. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai pengiriman barang pada artikel ini akan dibahas mengenai pengertian pengiriman barang dan jenis-jenisnya.

Pengiriman Barang

Pengiriman merupakan proses pendistribusian barang/jasa yang diperjualbelikan dari penjual kepada pembeli. Orang/instansi yang melakukan pengiriman dari produsen ke konsumen atau penjual ke pembeli disebut dengan distributor. Proses pengiriman barang dapat dilakukan dengan jasa pengiriman dari pihak produsen/penjual, pembeli/konsumen ataupun dengan pihak ketiga/eskpedisi. Pemilihan pihak pengiriman tergantung kesepakatan kedua belah pihak ketika terjadinya transaksi jual-beli.

Jenis Pengiriman

Pengiriman barang dapat dilakukan melalui darat, udara, maupun laut tergantung kesepakatan antara penjual dan pembeli. Berikut penjelasan mengenai masing-masing jenis pengiriman tersebut:

  1. Pengiriman Barang Via Darat

Pengiriman  barang via darat merupakan pengiriman barang yang dilakukan melalui jalur darat. Pengiriman menggunakan jalur darat biasanya dipilih karena penerima barang yang dikirim masih dalam satu daerah atau satu pulau yang masih dijangkau dengan kendaraan darat. Umumnya ada 2 jenis pengiriman menggunakan jalur darat, yaitu:

    • Full Truck Load/FTL

Jenis pengiriman ini biasanya digunakan untuk pengiriman barang-barang yang berat atau memiliki volume yang cukup besar. Penyedia jasa pengiriman biasanya akan menyediakan berbagai jenis truk sehingga Anda dapat memilih truk sesuai dengan berat atau volume barang yang akan Anda kirim.

    • Less Than Load/LTL

Jenis pengiriman ini biasanya digunakan utuk pengiriman barang yang tidak terlalu banyak/tidak terlalu berat dan tidak mencapai volume total dari truk. Pihak penyedia jasa pengiriman biasanya akan menggabungkan lebih dari 1 pengiriman dalam 1 truk tersebut dalam pengirimannya. Jenis pengiriman ini biasanya cenderung lebih murah karena biaya pengirimannya dibagi dengan pengguna lainnya yang barangnya dikirim dengan truk tersebut.

  1. Pengiriman Barang Via Laut

Pengiriman barang via laut merupakan pengiriman barang yang dilakukan via jalur laut atau menggunakan kapal. Pengiriman jalur laut biasanya dipilih untuk barang-barang yang ukurannya sangat besar atau sangat berat dan dimasukkan dalam kontainer dan pengiriman barangnya antar pulau. Dalam pengiriman barang via laut juga ada beberapa jenis, yaitu:

    • Full Charter Load/FCL

Pengiriman jenis ini biasanya digunakan untuk pengiriman dalam jumlah banyak atau berat sesuai volume kontainer.

    • Less Than Container Load/LCL

Pengiriman jenis ini biasanya digunakan untuk pengiriman barang yang tidak terlalu banyak atau tidak memenuhi dari total volume kontainer.

  1. Pengiriman Barang Via Udara

Pengiriman barang via udara merupakan pengiriman barang yang dilakukan melalui jalur udara atau menggunakan pesawat. Pengiriman jenis ini bayak diminati karena proses pengirimannya lebih cepat dan digunakan untuk pengiriman antar pulau. Pengiriman via udara biasanya digunakan untuk barang-barang yang tidak terlalu besar atau berat.

Selain ketiga jenis pengiriman tersebut ada satu lagi jenis pengiriman yang sangat sering digunakan, yaitu pengiriman barang via kurir. Pengiriman via kurir merupakan pengiriman yang paling diminati untuk pengiriman barang yang ringan dan volumenya kecil dan pengirimannya masih dalam satu wilayah. Pengiriman jenis ini lebih praktis dan cepat serta biasanya biayanya lebih murah.

Program Sebagai Alat Bantu

Krishand Software menyediakan program Krishand Accounting untuk membantu pengelolaan data pengiriman barang yang Anda jual-belikan. Dalam Krishand Accounting terdapat fasilitas pencatatan surat jalan dan penerimaan barang untuk membantu Anda dalam pengelolaan barang. Selain untuk pencatatan data transaksi penjualan dan pembelian dalam Krishand Accounting juga dapat mencatat cara pengiriman barang atas barang/jasa yang dijual/beli. Krishand Accounting juga memberikan fitur filter pencarian data invoice yang dapat Anda manfaatkan untuk mencari data penjualan dan pembelian Anda.

Demikian artikel mengenai pengertian pengiriman barang. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai Krishand Accounting dan ingin mencoba trial program Krishand Accounting Anda dapat mengunjungi website kami dengan cara klik Krishand Software dan mendownloadnya. Semoga Bermanfaat.

JP2209