Transaksi dan Pembayaran Transaksi

Transaksi dan Pembayaran TransaksiCakupan wilayah kegiatan transaksi jual-beli kini semakin luas, tidak hanya antar daerah melainkan dapat terjadi antar kota, pulau bahkan negara. Metode yang digunakan pun juga beraneka ragam, mulai dari tatap muka hingga melalui online. Untuk mengimbangi kegiatan transaksi tersebut cara pembayaran suatu transaksi juga semakin maju tanpa harus bertatap muka atau menggunakan pembayaran tunai/fisik. Dalam mencatat transaksi jual-beli kita juga perlu melakukan pencatatan metode pembayaran apa yang digunakan untuk memudahkan tracking data penjualan tersebut, baik barang maupun nominalnya. Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai transaksi dan pembayaran transaksi.

Pengertian Transaksi

Sebelum kita membahas mengenai pembayaran transaksi kita bahas terlebih dahulu apa itu transaksi. Transaksi merupakan kesepakatan antara penjual dan pembeli dalam kegiatan menukar barang/jasa. Transaksi terjadi apabila minimal ada 2 orang/pihak yang terlibat, di mana 1 orang sebagai pemberi dana dan satunya sebagai penerima dana. Namun ada juga transaksi yang terjadi dengan melibatkan beberapa pihak sekaligus, contohnya pembeli membeli barang dari 2 vendorsekaligus di mana barang antar vendor tersebut saling melengkapi atau memiliki kerjasama. Dalam kegiatan transaksi terkadang juga melibatkan pihak ketiga dalam proses pengiriman barangnya seperti ekspedisi/jasa pengiriman lainnya.

Pelaku Transaksi

Transaksi akan terjadi apabila minimal ada 2 pihak yang terlibat dalam transaksi tersebut, di antaranya:

  1. Pemberi Dana

Pemberi dana merupakan pihak yang memberikan sejumlah dana atas barang/jasa yang diperjualbelikan sesuai dengan kesepakatan transaksi. Pemberi dana ini dapat disebut pembeli atau konsumen yang membeli barang/jasa tersebut.

  1. Penerima Dana

Penerima dana merupakan pihak yang menerima sejumlah uang dari pemberi dana atas pembayaran barang/jasa yang diperjualbelikan. Penerima dana ini biasa disebut dengan penjual atau orang yang menyediakan barang/jasa tersebut untuk dijual.

Alat Bukti Transaksi

Ada beberapa alat bukti yang digunakan dalam transaksi, di antaranya:

  1. Invoice/faktur
  2. Kwitansi
  3. Cek/bilyet giro
  4. Nota debet
  5. Nota kredit

Jenis Transaksi dan Pembayaran

Jenis Transaksi

Jenis transaksi menurut pelakunya dapat dibedakan menjadi 2, yaitu:

  1. Transaksi Internal: transaksi yang hanya melibatkan bagian internal/yang ada di dalam perusahaan
  2. Transaksi Eksternal: transaksi yang melibatkan pihak lain/di luar dari perusahaan.

Jenis transaksi menurut sumber kegiatannya dibedakan menjadi 2 juga, yaitu:

  1. Transaksi Modal: transaksi-transaksi yang dapat mempengaruhi struktur modal perusahaan, seperti prive dan penambahan modal
  2. Transaksi Usaha: transaksi-transaksi yang berhubungan dengan operasional perusahaan, seperti pembelian barang, perlengkapan dan peralatan.

Fungsi Pencatatan Transaksi

Beberapa fungsi pencatatan transaksi di antaranya sebagai berikut:

  1. Dasar dalam pencatatan sistem akuntansi
  2. Wadah/tempat untuk data keuangan perusahaan
  3. Mengetahui pihak-pihak yang terkait dengan adanya transaksi tersebut
  4. Menghindari terjadinya transaksi ganda

Pengertian Pembayaran Transaksi

Setelah membahas mengenai transaksi, selanjutnya kita akan membahas mengenai pembayaran atas transaksi barang/jasa yang telah diperjualbelikan. Pembayaran transaksi merupakan sejumlah uang yang dikeluarkan untuk mendapatkan sebuah barang/jasa. Untuk pembayaran dapat dilakukan sesuai dengan waktu/tempo yang telah disepakati ketika terjadinya transaksi. Pembayaran dapat dilakukan secara tunai, transfer ataupun dengan pembayaran tempo/berjangka. Pembayaran tempo/berjangka sudah kami bahas pada artikel kami dengan judul pengertian termin pembayaran.

Jenis Pembayaran

Pembayaran dapat dilakukan dengan cara offline maupun online, contohnya:

  1. Pembayaran tunai (offline)
  2. Transfer bank
  3. E-wallet
  4. Kartu kredit
  5. Rekening bersama
  6. QR code

Untuk pembahasan lengkap mengenai jenis pembayaran yang berlaku di Indonesia dapat Anda baca pada artikel kami dengan judul sistem pembayaran di Indonesia.

Program Sebagai Alat Bantu

Untuk membantu Anda dalam pengelolaan data  transaksi penjualan dan pembelian barang/jasa Krishand Software menyediakan program Krishand Accounting. Selain untuk pencatatan data transaksi penjualan dan pembelian dalam Krishand Accounting juga dapat mencatat cara pembayaran atas barang/jasa yang dijual/beli. Krishand Accounting juga memberikan fitur filter pencarian data invoice berdasarkan cara pembayaran transaksi dan beberapa fitur filter lainnya.

Demikian artikel mengenai transaksi dan pembayaran transaksi. Krishand Software menyediakan trial program yang dapat Anda download secara gratis melalui website Krishand Software. Anda dapat mengunjung website kami dengan cara klik Krishand Software dan download programnya. Semoga Bermanfaat.

JP2209

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *