Analisis SWOT Dalam Perusahaan

Analisis SWOTDalam menjalankan suatu bisnis, diperlukan penyusunan strategi sebagai tahap awal yang harus disiapkan oleh seseorang maupun sebuah perusahaan. Penyusunan strategi dapat menentukan suatu rangkaian atau kerangka kerja secara menyeluruh dan Anda juga dapat memetakan satu per satu masalah yang kemungkinan akan terjadi. Dengan begitu, Anda akan menemukan strategi yang tepat dan cara penyelesaian masalah yang hadir ketika berjalannya suatu usaha atau bisnis. Menyusun strategi maupun menganalisis suatu persoalan khususnya dalam bidang bisnis, diperlukan cara yang tepat dalam proses menganalisisnya. Hal tersebut diperlukan agar penyusunan strategi bisnis akan lebih mudah. Untuk menyusun strategi bisnis, Anda dapat menggunakan metode analisis SWOT. Analisis SWOT dalam perusahaan sering digunakan ketika membuat bisnis maupun proyek baru, karena analisis ini sangat berguna untuk jalannya rencana bisnis maupun proyek tersebut.

Pengertian Analisis SWOT

Analisis SWOT merupakan suatu metode analisis yang digunakan dalam perencanaan strategis untuk memonitor dan mengevaluasi lingkungan perusahaan baik lingkungan internal dan eksternal untuk suatu tujuan bisnis tertentu. Analisis SWOT memiliki 4 komponen pokok yaitu Strength (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman). Artinya analisis ini berfokus pada faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang akan dijadikan dasar dalam proses penyusunan rencana perusahaan baik bisnis, proyek maupun management perusahaan itu sendiri. Analisis SWOT membantu untuk menetapkan prioritas mana saja yang harus didahulukan oleh perusahaan demi suksesnya bisnis yang akan dijalankan.

Analisis SWOT diperkenalkan pertama kali pada tahun 1960-an oleh Albert S Humphrey ketika sedang memimpin proyek riset di Standford Research Institute dengan memanfaatkan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500. Sejak saat itulah analisis SWOT ini dikenal luas dan dipakai oleh para pebisnis demi mengembangkan perusahaan mereka pada masa itu. Hingga sekarang analisis ini masih terus dipergunakan karena dinilai sangat relevan dengan seiringnya perubahan zaman.

Komponen Analisis SWOT

Dalam analisis SWOT terdapat 4 komponen di antaranya yaitu:

  1. Strength (kekuatan)

Strength dalam analisis SWOT adalah suatu analisis tentang faktor kekuatan atau keunggulan internal yang dimiliki perusahaan dibandingkan dengan kompetitor. Misalnya, manajemen bisnis, produk yang dihasilkan, kinerja karyawan, teknologi dan sebagainya. Dari sini kita bisa melihat sebesar apa faktor yang menjadi kekuatan dalam proyek atau bisnis yang sedang kita kerjakan.

  1. Weakness (kelemahan)

Weakness dalam analisis SWOT adalah suatu analisis tentang sebesar apa faktor yang menjadi kelemahan dalam bisnis atau proyek yang sedang dikerjakan. Kita dapat melihat kelemahan dari sisi produk yang dihasilkan, kurangnya modal dan sebagainya.

  1. Opportunities (peluang)

Opportunities dalam analisis SWOT adalah suatu analisis untuk melihat sebesar apa faktor eksternal yang menjadi peluang diluar bisnis atau proyek yang dikerjakan. Peluang dapat digunakan untuk membuat perbedaan pada kemampuan persaingan dan juga merupakan situasi utama yang dapat menguntungkan perusahaan. Tren yang berkembang merupakan salah satu sumber peluang.

  1. Threats (ancaman)

Threats dalam analisis SWOT adalah suatu analisis untuk melihat suatu ancaman atau kendala yang dapat menimbulkan risiko bagi perusahaan atau keberhasilan sebuah proyek. Misalnya perubahan teknologi, perubahan peraturan, pesaing baru dan sebagainya.

Tujuan Analisis SWOT

Tujuan dilakukan Analisis SWOT adalah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam suatu perusahaan dan juga untuk menggambarkan situasi yang sedang dihadapi atau kemungkinan yang akan dihadapi oleh perusahaan.

Dengan mengetahui kekuatan dan kelebihan perusahaan, Anda dapat memanfaatkan hal tersebut demi kemajuan perusahaan. Dan dengan mengetahui kelemahan dimiliki perusahaan, Anda dapat mencegah hal-hal yang bisa merugikan perusahaan.

Selain itu, tujuan dari analisis ini agar dapat meneliti peluang yang ada sehingga Anda tahu kapan perusahaan harus bergerak dan mampu bertahan.

Ancaman dalam dunia bisnis bisa saja terjadi, oleh karena itulah tujuan dari analisis ini untuk mencegah ancaman tersebut dan perusahaan siap jika terjadi hal-hal yang dapat merugikan.

Tujuan utama dari analisis SWOT di antaranya agar:

  • Memudahkan dalam pemetaan faktor-faktor yang dinilai penting.
  • Untuk memprediksi berbagai masalah yang kemungkinan muncul.
  • Untuk mengetahui posisi perusahaan di tengah persaingan bisnis.
  • Memberi kesempatan semaksimal mungkin untuk perusahaan berkembang lebih pesat.
  • Memudahkan dalam pengambilan keputusan dalam sebuah bisnis.

Manfaat Analisis SWOT

Manfaat analisis SWOT bagi perusahaan adalah sebagai faktor penentu kelangsungan bisnis di masa depan. Hasil dari analisis yang dilakukan dapat menjadi masukan untuk meningkatkan kekuatan, mengurangi kelemahan, mempertahankan peluang, serta menghindari potensi ancaman. Analisis ini juga berguna untuk menentukan prioritas mana saja yang harus didahulukan oleh perusahaan. Selain itu, perusahaan dapat mengetahui tingginya tingkat persaingan pasar pada bisnis atau produk Anda

Tanpa adanya analisis SWOT, Anda tidak akan mendapatkan informasi untuk mengetahui potensi pasar, minat dan peluang pasar yang bisa dimanfaatkan.

Analisis SWOT juga dapat dimanfaatkan untuk mengetahui kondisi internal dan eksternal perusahaan.

Faktor Yang Mempengaruhi Analisis SWOT

Dalam analisis SWOT terdapat juga faktor yang mempengaruhi dari analisis tersebut, baik dari faktor internal maupun faktor internal.

Faktor Internal

Faktor internal terjadi dari dalam perusahaan itu sendiri. Faktor internal sangat besar pengaruhnya pada komponen kekuatan (strength) dan kelemahan (weaknesses) suatu perusahaan. Yang dapat mempengaruhi analisis SWOT dari faktor internal di antaranya adalah:

  1. Sumber daya manusia
  2. Sumber daya keuangan
  3. Fasilitas dan sarana prasarana yang dimiliki
  4. Produk yang dihasilkan
  5. Kemampuan marketing perusahaan
  6. Kemampuan distribusi produk

Faktor Eksternal

Faktor eksternal terjadi dari luar perusahaan. Faktor eksternal sangat besar pengaruhnya pada komponen peluang (opportunities) dan ancaman (threats) suatu perusahaan. Yang dapat mempengaruhi analisis SWOT dari faktor eksternal di antaranya adalah:

  1. Kondisi sosial dan politik yang berlangsung
  2. Budaya yang berkembang di masyarakat
  3. Kondisi ekonomi suatu negara
  4. Perkembangan zaman atau tren
  5. Perkembangan teknologi dan informasi
  6. Kebijakan atau regulasi pemerintah yang berdampak ke perusahaan secara langsung maupun tidak langsung.

Demikianlah artikel mengenai analisis SWOT dalam perusahaan. Untuk melihat artikel kami lainnya bisa mengunjungi blog Krishand Software.

Jika membutuhkan software yang dapat membantu pekerjaan Anda, bisa mengunjungi website Krishand Software. Krishand mempunyai banyak pilihan software yang Anda butuhkan.

AK-2211

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *