Membuat Laporan Keuangan Perusahaan Trading

Laporan Keuangan Perusahaan TradingLaporan keuangan merupakan hal yang sangat penting, tidak hanya bagi internal perusahaan namun juga bagi pihak-pihak eksternal yang terkait dengan perusahaan. Pihak-pihak eksternal tersebut di antaranya bank, pajak, dan investor atau pihak lain yang memiliki transaksi dengan perusahaan. Kebutuhan akan laporan keuangan perusahaan berbeda-beda, sesuai kebutuhan dan detail laporan yang diperlukan perusahaan. Dalam pembuatan laporan keuangan perusahaan trading, perusahaan harus memiliki dasar atau acuan dalam pembuatan format laporan. Salah satu dasar dalam pembuatan laporan keuangan perusahaan adalah daftar perkiraan. Untuk pembuatan daftar perkiraan selengkapnya dapat Anda baca pada artikel kami dengan judul Pembuatan Daftar Perkiraan.

Pengertian Laporan Keuangan

Menurut PSAK No. 1 tahun 2015 Laporan keuangan adalah penyajian terstruktur dari posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu entitas. Untuk pembahasan lengkap mengenai pengertian laporan keuangan dan jenisnya dapat Anda baca pada artikel kami dengan judul Pengertian dan Jenis Laporan Keuangan.

Manfaat Pembuatan laporan Keuangan

Ada banyak manfaat pembuatan laporan keuangan, di antaranya adalah:

  1. Bahan pertanggungjawaban kepada pihak terkait
  2. Dasar dalam membuat perencanaan dan keputusan
  3. Mengetahui kondisi keuangan perusahaan
  4. Kontrol kegiatan dan efektifitas kinerja perusahaan

Persiapan Pembuatan Laporan Keuangan Perusahaan

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum pembuatan laporan keuangan, di antaranya:

  1. Laporan keuangan apa saja yang dibutuhkan
  2. Bentuk laporan keuangan yang dibutuhkan
  3. Detail laporan yang dibutuhkan
  4. Daftar perkiraan yang digunakan dalam transaksi
  5. Program untuk mempermudah proses pembuatan jika diperlukan

Pembuatan Laporan Keuangan Perusahaan Trading

Untuk pembuatan format laporan keuangan dapat dilakukan secara otomatis dengan menggunakan program, salah satu program yang dapat membuat format laporan secara otomatis adalah Krishand Accounting. Dengan krishand Accounting Anda dapat membuat format laporan keuangan secara otomatis dari daftar perkiraan yang sudah Anda buat sebelumnya. Selain pembuatan format laporan secara otomatis, dengan program Krishand Accounting Anda juga dapat membuat format laporan secara manual sesuai kebutuhan. Krishand Accounting juga menyediakan 10 template dari masing-masing jenis laporan keuangan  yang dapat Anda manfaatkan, seperti laporan neraca, laba rugi, penjelasan neraca dan penjelasan laba/rugi.

Untuk pembuatan format laporan secara manual dapat Anda lakukan berdasarkan data yang Anda miliki dengan cara:

  1. Analisis kebutuhan laporan yang anda perlukan
  2. Kelompokan data untuk mempermudah dalam pembuatan laporan
  3. Susun sesuai dengan format yang Anda butuhkan

Anda dapat memproses pembuatan tersebut secara manual tertulis atau menggunakan excel. Jika Anda menggunakan program Krishand Accounting untuk laporan dalam bentuk excel dan pencetakan laporan, Krishand Accounting juga menyediakan fitur penarikan data ke excel dan preview dan print laporan Anda sehingga Anda tidak perlu membuat secara manual.

Jenis Laporan Keuangan

Ada beberapa jenis laporan keuangan yang digunakan perusahaan, seperti laporan laba/rugi, Laporan neraca, laporan perubahan modal, arus kas dan catatan atas laporan keuangan. Dari lima laporan tersebut tidak semua perusahaan menggunakan kelima-limanya, hanya sesuai kebutuhan perusahaan. Namun untuk laporan laba/rugi dan laporan neraca setiap perusahaan wajib ada karena digunakan untuk pelaporan pajak badan. Untuk contoh laporan laba/rugi dan neraca akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

Demikian artikel mengenai pembuatan laporan keuangan perusahaan trading, jika Anda ingin tahu lebih jauh mengenai artikel-artikel akuntansi lainnya Anda dapat simak pada blog kami dengan cara klik Blog Krishand. Ketika transaksi perusahaan semakin banyak, keberadaan program dapat menjadi solusi dalam meringankan pekerjaan yang harus Anda lakukan. Jika Anda tertarik dan sedang mencari program-program-program untuk pengelolaan data perusahaan Anda, silahkan mengunjungi website kami dengan cara klik Krishand Software. Semoga bermanfaat.

JP2207