Perencanaan Dalam Manajemen Perusahaan

Perencanaan Dalam ManajemenPerencanaan atau planning merupakan salah satu bagian penting dalam suatu manajemen dan hal yang sangat krusial, karena berkaitan dengan tahapan awal untuk menentukan keberhasilan bisnis perusahaan. Fungsi perencanaan berkaitan dengan penetapan sasaran dan tujuan yang nantinya akan menentukan pilihan, keputusan, dan pengkajian berbagai tindakan yang akan dilakukan pada suatu manajemen.

Meskipun perencanaan merupakan langkah awal yang sangat penting, namun pada pelaksanaannya tidak selalu berjalan mulus, terkadang berbenturan dengan berbagai masalah dan ketidakpraktisan. Hal tersebut dikarenakan perencanaan merupakan sebuah bagian dari harapan, pastinya akan berbenturan langsung dengan kenyataan yang sesuai maupun tidak sesuai. Dengan begitu harus ada pemecahan masalah yang dijadikan komponen dalam sebuah perencanaan.

Terlepas dari berhasil atau tidaknya sebuah rencana, perencanaan tetaplah hal yang penting yang tidak boleh diabaikan dan harus dilaksanakan dalam suatu proses manajemen. Pada artikel ini akan dibahas mengenai apa itu perencanaan, fungsi, tujuan dan hal-hal yang terkait dalam perencanaan.

Pengertian perencanaan

Perencanaan adalah proses dasar manajemen untuk menentukan cara dalam bertindak, menetapkan tujuan dan langkah – langkah yang harus dilakukan agar tujuan dapat tercapai. Perencanaan dapat memberikan informasi untuk mengkoordinasikan pekerjaan secara efektif dan akurat. Selain itu, perencanaan juga merupakan keputusan untuk waktu yang akan datang, apa yang akan dilakukan, bagaimana akan dilakukan, dan siapa yang akan melakukan. Meskipun waktu yang akan datang sulit diperkirakan dengan tepat, namun dengan adanya suatu perencanaan diharapkan dapat mendekati kebenaran.

Perencanaan Menurut Para Ahli

Menurut Garth N Jone, Perencanaan merupakan sebuah proses pemilihan dan juga pengembangan dari pada tindakan yang paling baik atau menguntungkan untuk mencapai tujuan

Menurut Mc Farland, Perencanaan merupakan fungsi dimana seorang pimpinan kemungkinan menggunakan pengaruh daripada kewenangannya, yang dapat mengubah kegiatan dan tujuan dari pada organisasi.

Menurut WH. Newman, Perencanaan merupakan suatu keputusan apa yang akan dikerjakan untuk waktu yang akan datang, yaitu suatu rencana yang diproyeksikan dalam suatu tindakan.

Tujuan Perencanaan

Tentu semua perusahaan memiliki tujuan, namun tujuan perusahaan mungkin berbeda-beda dan tentunya perencanaan yang dibuat pun berbeda. Namun pada umumnya tujuan perencanaan dalam suatu perusahaan, organisasi dan sejenisnya adalah:

  1. Untuk menentukan standar tertentu yang harus dipakai dalam melaksanakan semua pekerjaan yang akan memudahkan dalam pengawasan.
  2. Untuk menghindari atau meminimalkan terjadinya tumpang tindih dan juga pemborosan dalam merealisasikan berbagai pekerjaan.
  3. Untuk memberikan suatu arahan kepada para pembuat rencana dan orang yang terlibat di dalamnya agar bisa bekerja sesuai dengan apa yang sudah direncanakan.
  4. Mengantisipasi dan beradaptasi dari semua kemungkinan perubahan yang terjadi.

Unsur – Unsur Perencanaan

Dalam suatu perencanaan setidaknya memiliki unsur-unsur sebagai berikut:

  1. Tujuan

Yaitu segala sesuatu yang hendak dicapai dalam usaha. Tujuan yang dimaksudkan dapat berupa material ataupun alat pemuas kebutuhan seperti barang atau jasa. Tujuan harus dirumuskan secara jelas dan tegas agar dapat dipakai sebagai dasar dalam pelaksanaan kerja.

  1. Politik atau Kebijaksanaan

Yaitu pedoman atau peraturan-peraturan yang dibuat oleh perusahaan untuk pemikiran dan pengambilan keputusan untuk mencapai tujuan.

  1. Prosedur

Yaitu suatu urutan proses pelaksanaan kerja yang harus dilakukan. Dengan adanya prosedur para pihak yang terlibat akan mengetahui dari mana mereka harus memulai dan mengakhiri tugas-tugasnya.

  1. Anggaran

Yaitu suatu bentuk dari rencana kegiatan, yang dinyatakan dalam bentuk angka atau sesuatu yang dapat diukur (kuantitatif).

  1. Program

Program adalah keseluruhan dari tujuan, kebijakan, prosedur, dan berbagai aturan yang kompleks, termasuk juga dengan dana yang diperlukan.

  1. Strategi

Strategi adalah suatu rencana yang memadukan semua aspek secara menyeluruh dalam mencapai tujuan secara komprehensif dengan memanfaatkan semua sumber daya yang ada.

Fungsi Perencanaan

  1. Perencanaan yang baik akan mendorong tercapainya tujuan dari perusahaan. Misalnya seperti tercapainya laba atau keuntungan yang diinginkan juga mengontrol biaya yang dikeluarkan.
  2. Sebagai upaya untuk menghadapi dan meminimalkan dampak yang ditimbulkan dari ketidakpastian di masa yang akan datang.
  3. Untuk mengarahkan dalam pelaksanaan agar tertib dan teratur menuju tujuan yang sudah ditentukan.
  4. Untuk menentukan prioritas dari beberapa pilihan yang ada.
  5. Sebagai alat yang digunakan untuk melakukan pengendalian dan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan perusahaan.

Jenis-Jenis Perencanaan

  1. Perencanaan Berdasarkan Tingkatan
    • Rencana induk (master plan), yaitu perencanaan yang lebih menekankan pada kebijakan perusahaan yang di dalamnya tercantum tujuan dalam kurun waktu dan ruang lingkup yang lebih luas.
    • Rencana operasional (operational planning), yaitu perencanaan yang lebih menekankan pada pedoman atau petunjuk dalam melaksanakan berbagai program perusahaan.
    • Rencana harian (day to day planning), adalah perencanaan yang di dalamnya terdapat berbagai kegiatan yang lebih bersifat rutin
  1. Perencanaan Berdasarkan Jangka Waktu
    • Rencana jangka panjang (long term planning), yaitu perencanaan yang dibuat dan akan tetap berlaku dalam kurun waktu 10 sampai 25 tahun.
    • Rencana jangka menengah (medium range planning), yaitu perencanaan yang dibuat dan akan tetap berlaku dalam kurun waktu 4 sampai 5 tahun.
    • Rencana jangka pendek atau (short range planning), yaitu perencanaan yang dibuat dan akan tetap berlaku dalam kurun waktu 1 tahun.
  1. Perencanaan Berdasarkan Ruang Lingkup
    • Rencana strategis (strategic planning), yaitu perencanaan yang di dalamnya memiliki penjelasan terkait kebijakan dan pelaksanaannya dalam kurun waktu yang lama. Jenis perencanaan ini cenderung sulit untuk dimodifikasi.
    • Rencana taktis (tactical planning), yaitu perencanaan yang di dalamnya memiliki penjelasan yang bersifat pendek dan lebih mudah untuk disesuaikan kegiatannya selama tujuannya masih sama.
    • Rencana terintegrasi (integrated planning), yaitu perencanaan yang di dalamnya memiliki penjelasan secara komprehensif dan lebih terpadu.

Tahapan Dalam Penyusunan Perencanaan

Ada beberapa tahap-tahap yang perlu diperhatikan dalam sebuah penyusunan perencanaan, di antaranya yaitu:

1. Merumuskan tujuan dan permasalahan yang akan dipecahkan

Merumuskan atau menetapkan tujuan harus didasarkan pada misi dan falsafah yang dimiliki oleh perusahaan. Perumusan dari tujuan ini diatur oleh para eksekutif dan berbagai nilai atau tanggung jawab sosial pada saat itu.

2. Melakukan Analisis Kesempatan

Perusahaan harus melakukan suatu analisis terhadap lingkungan sekitar. Lingkungan yang selalu berubah-ubah dapat memberikan kesempatan dan ancaman apakah akan dimanfaatkan, dihadapi atau dihindari.

3. Melakukan Analisis Sumber Daya

Perusahaan harus melakukan analisis terhadap sumber daya yang dimiliki. Dari analisis tersebut bisa diketahui kekuatan dan kelemahan dari perusahaan yang bisa dimanfaatkan atau diatasi. Sumber daya bisa berupa sumber daya manusia, dana, fasilitas, fisik dan lain sebagainya.

4. Identifikasi dan Pengembangan Alternatif

Dalam pengambilan suatu keputusan, langkah yang harus diambil adalah mengembangkan berbagai pilihan atau alternatif dari berbagai sumber daya dan data yang dimiliki oleh perusahaan. Dari berbagai macam alternatif, bisa Anda pilih yang terbaik.

5. Pelaksanaan Strategi

Harus dilakukan suatu perincian ke dalam bentuk program dan anggaran yang lebih detail dan terperinci sehingga akan lebih mudah untuk diaplikasikan.

6. Pelaksanaan Keputusan

Rencana yang sudah disusun dengan baik tidak mempunyai arti jika tidak atau belum diaplikasikan. Pelaksanaan rencana memerlukan suatu pengawasan dan pengendalian, sejauh mana penerapan mencapai hasil seperti yang sudah ditetapkan dalam sebuah perencanaan.

Demikianlah artikel mengenai perencanaan dalam manajemen perusahaan. Untuk melihat artikel kami lainnya bisa mengunjungi blog Krishand Software.

Jika membutuhkan software yang dapat membantu pekerjaan Anda, bisa mengunjungi website Krishand Software. Krishand mempunyai banyak pilihan software yang Anda butuhkan.

AK-2211