Pengertian Fintech

Pengertian FintechDi era teknologi seperti saat ini, sudah banyak startup baru khususnya pada bidang fintech. Fintech adalah singkatan dari financial technology yaitu suatu perusahaan yang bergerak dalam jasa keuangan yang sudah dikombinasikan dengan teknologi. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian fintech.

Pengertian Fintech

Fintech adalah singkatan dari financial technology yang jika diartikan ke dalam Bahasa indonesia yaitu teknologi keuangan. Jadi sebenarnya fintech adalah suatu inovasi teknologi yang dikembangkan melalui bidang finansial sehingga transaksi keuangan dapat dilakukan dengan praktis, mudah, dan efektif.

Fintech merupakan suatu istilah yang biasa digunakan untuk menyebut suatu inovasi pada bidang jasa keuangan. Bentuk inovasi ini dapat membantu memaksimalkan penggunaan teknologi dengan tujuan mengubah, mempertajam, ataupun mempercepat berbagai aspek pelayanan keuangan.

Dasar Hukum Fintech di Indonesia

Pemerintah telah mengatur penerapan fintech di Indonesia melalui penerbitan regulasi Bank Indonesia.

  • Surat Edaran Bank Indonesia No. 18/22/DKSP mengenai Penyelenggaraan Layanan Keuangan Digital.
  • Peraturan Bank Indonesia No. 18/17/PBI/2016 mengatur segala hal terkait Uang Elektronik.
  • Peraturan Bank Indonesia No. 18/40/PBI/2016 menetapkan Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran.

Cara Kerja Fintech

Untuk cara kerja fintech akan tergantung pada jenis fintech itu sendiri. Contohnya, fintech jenis e-wallet akan bekerja layaknya dompet pribadi. Layanan ini akan berfungsi untuk menyimpan uang yang kita punya, ketika akan melakukan pembayaran atau melakukan transaksi lainnya maka kita tinggal menggunakan e-wallet. Layanan ini membuat penggunanya tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak.

Meskipun berbeda-beda, tapi secara umum cara kerja fintech adalah melakukan kegiatan finansial namun dengan cara yang lebih mudah karena dengan bantuan teknologi. Dengan adanya bantuan teknologi, proses finansial akan menjadi lebih mudah dan efisien.

Manfaat Fintech di Indonesia

Perkembangan fintech di Indonesia membawa banyak dampak baik. Adapun manfaat fintech adalah sebagai berikut.

  1. Transaksi Keuangan Jadi Lebih Mudah

Dengan adanya fintech transaksi keuangan menjadi lebih mudah. Hanya melalui ponsel, segala aktivitas keuangan dapat dilakukan dan pastinya memudahkan masyarakat.

  1. Taraf Hidup Masyarakat Meningkat

Dengan adanya finansial teknologi, masyarakat dapat memiliki akses yang lebih mudah untuk mendapatkan pendanaan. Masyarakat dapat menggunakan dana yang didapatkan untuk membiayai kebutuhan.

  1. Mempercepat Perputaran Ekonomi

Dengan fintech akses keuangan dan kemudahan bertransaksi mendorong arus perputaran ekonomi sehingga lebih cepat dan praktis.

Jenis-Jenis Fintech di Indonesia

Dengan adanya fintech di Indonesia membantu memunculkan berbagai inovasi produk fintech yang membantu aktivitas keuangan dan menunjang kehidupan masyarakat. Berikut adalah beberapa jenis fintech yang ada di Indonesia:

  1. Peer to peer Lending

Jenis pertama fintech adalah peer to peer lending. Yaitu, jasa keuangan yang menyediakan peminjaman dana untuk modal usaha atau juga memenuhi kebutuhan peminjamnya. Dengan adanya peer to peer lending dapat membantu para pelaku usaha untuk memperoleh modal dengan cepat secara online. (Baca: Pengertian Peer to Peer Lending)

  1. Crowdfunding

Crowdfunding merupakan produk fintech yang digunakan sebagai platform mempertemukan antara pihak yang memerlukan dana dan pihak peminjam dengan jaminan transaksi secara aman dan mudah.

  1. E-Wallet

Jenis fintech yang berikutnya adalah dompet digital atau biasa disebut juga dengan e-wallet. Produk fintech yang satu ini digunakan untuk tempat penyimpanan uang secara elektronik bagi penggunanya. Tujuan produk fintech berupa e-wallet adalah untuk memudahkan pengguna untuk berbagai transaksi di aplikasi-aplikasi, seperti marketplace, merchant app, dan semacamnya.

  1. Bank Digital

Jenis fintech yang terakhir adalah bank digital, yaitu bank yang 100% transaksinya dilakukan secara digital, mulai dari pendaftaran rekening sampai manajemen asetnya. Bank digital berbeda dengan mobile-banking, karena dalam transaksinya m-banking masih berkaitan dengan bank offline sedangkan bank digital 100% transaksinya elektronik.

Adanya keberadaan fintech merupakan salah satu bukti bahwa teknologi mampu memberikan kemudahan yang lebih untuk bisa dimanfaatkan masyarakat dalam segala bentuk kegiatan sehari-hari, baik itu yang sifatnya investasi ataupun transaksi tertentu.

Demikianlah artikel mengenai  pengertian fintech. Untuk mengetahui artikel lainnya dapat mengunjungi Blog Krishand.