Transaksi Valas, Jenis dan Fungsinya

Transaksi Valas, Jenis dan FungsinyaAdanya transaksi jual beli secara global dan internasional memerlukan alat bantu pembayaran. Alat bantu tersebut dapat berupa valuta asing atau biasa disebut dengan valas. Untuk melakukan pembayaran  valas tersebut harus dikalikan dengan kurs untuk memperoleh nilai yang sama. Untuk pembahasan valuta asing dan kurs dapat Anda baca pada artikel kami dengan judul valuta asing dan kurs. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai apa itu transaksi valas.

Jenis Valas

Valas dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu valas yang memiliki fisik dan valas yang non fisik. Valas yang berbentuk fisik  umumnya berbentuk uang baik dalam bentuk uang kertas maupun logam. Sementara valas non fisik dapat berupa surat berharga, seperti wesel dan cek. Jika dilihat dari bentuknya valas dibagi menjadi 4 kategori yaitu, surat wesel, mata uang asing, saldo kredit dan hak pendapatan pembayaran.

Fungsi Transaksi Valas

Ada beberapa fungsi transaksi valas, di antaranya adalah:

  1. Alat tukar atau uang berskala internasional

Fungsi utama dari valuta asing adalah sebagai alat tukar dalam transaksi perdagangan atau barter dalam transaksi jual beli barang dan jasa bersekala internasional.

  1. Alat transaksi global

Selain sebagai alat tukar, valuta asing dapat juga berfungsi sebagai alat pembayaran transaksi atau hutang yang dapat diterima secara global dengan penyesuaian nilai tertentu.

  1. Mempermudah transaksi perdagangan dunia

Dengan adanya valuta asing dapat mempermudah transaksi perdagangan dunia, karena antara penjual dan pembeli memiliki media pembayaran yang dapat diterima secara global. Sehingga  pembeli tidak perlu menukarkan uang sesuai dengan mata uang yang digunakan oleh lawan transaksi.

  1. Berperan dalam pengelolaan kurs mata uang

Pengelolaan kurs mata uang merupakan hal yang sangat penting, karena kurs mata uang bersifat fluktuatif maka biasanya pemerintah akan menggunakan valas untuk menstabilkan kurs mata uang yang ada pada negara tersebut.

Jenis Transaksi Valas

  1. Transaksi spot

Transaksi spot merupakan transaksi penyerahan valas yang sudah ditentukan contohnya pada H+2 atau 2 hari kemudian. Jika 2 hari setelah transaksi tersebut merupakan hari libur maka akan diserahkan pada hari berikutnya. Dalam transaksi spot terdapat 3 cara penyerahan yaitu:

    • Value Tommorow

Pada penyerahan value tommorow artinya valas akan diserahkan pada hari kerja selanjutnya, atau disebut juga dengan one day settlement.

    • Value Today

Untuk penyerahan value today maka valas akan diserahkan pada hari itu juga atau ketika terjadinya transaksi.

    • Value Spot

Pada value spot memungkinkan penyerahan transaksi valas terjadi 2 hari kemudian atau H+2

  1. Transaksi tunggak

Transaksi tunggak disebut juga forward transaction dimana penyerahan valas akan diberikan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Jangka waktu penyerahan valas transaki tunggak dapat mencapai berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

  1. Transaksi barter

Transaksi barter atau swap transaction merupakan transaksi tukar pakai mata uang sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan. Transaksi ini biasanya akan diikuti dengan transaksi jual beli kembali untuk mata uang tersebut.

Pelaku Transaksi Valuta Asing

Ada beberapa jenis pelaku dalam transaksi valuta asing, di antaranya:

  1. Perusahaan atau individu
  2. Dealer
  3. Pialang
  4. Pemerintah
  5. Bank Sentral
  6. Spekulan dan Arbitrator

Kelebihan Transaksi Valuta Asing

Ada banyak kelebihan jika kita menggunakan valuta asing dalam transaksi, di antaranya:

  1. Biaya transaksi rendah
  2. Transaksi bisa dilakukan kapanpun
  3. Ada kemungkinan memperoleh keuntungan jika pandai mengambil peluang karena ada kenaikan dan penurunan nilai
  4. Daya beli pemegang saham lebih tinggi dari jumlah modal

Kekurangan Transaksi Valuta Asing

Selain memiliki keuntungan transaksi menggunakan valuta asing juga terdapat kekurangan, di antaranya:

  1. Untuk transaksi valas bisa dikatakan sulit untuk kalangan masyarakat menengah ke bawah
  2. Nilai kurs sulit diprediksi
  3. Keberhasilan transaksi alas tergantung kebijakan dari masing-masing negara.

Demikian artikel mengenai transaksi valas, untuk mencatat jurnal transaksi valas Krishand Software menyediakan program Krishand General Ledger. Dalam program Krishand General Ledger Anda dapat mencatat transaksi valas dengan kurs transaksi dan dapat membuat jurnal selisih kurs secara otomatis. Jika Anda tertarik dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Krishand General Ledger Anda dapat mengunjungi website kami dengan cara klik Krishand Software. Semoga Bermanfaat.

JP2207

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *