Pengertian Anggaran Defisit

Pengertian Anggaran DefisitSetiap perusahaan yang membuat rencana anggaran, tentu berharap agar transaksi aktual perusahaan yang berjalan tidak menunjukkan nilai rugi dan ingin berjalan sesuai dengan rencana yang dianggarkan. Tidak menutup kemungkinan aktual transaksi dapat tidak sesuai dengan anggaran yang sudah direncanakan. Jika ketidaksesuaian nilai aktual tersebut menghasilkan keuntungan yang lebih besar mungkin tidak akan menjadi masalah yang berarti, jika  ketidaksesuaian tersebut menimbulkan kerugian/defisit maka itu akan menyebabkan masalah bagi manajemen perusahaan. Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih jauh mengenai pengertian anggaran defisit, agar lebih paham simak artikel berikut.

Pengertian

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai laporan realisasi anggaran yang dapat Anda baca pada blog kami dengan judul “laporan realisasi anggaran”. Pengertian anggaran defisit adalah kondisi di mana perusahaan tidak memiliki dana yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pengeluaran dana yang harus dikeluarkan perusahaan dalam kegiatan operasional  pada periode tersebut. Anggaran defisit juga dapat diartikan sebagai kondisi perusahaan di mana nilai pengeluaran lebih besar dari nilai pendapatan yang diperoleh.

Penyebab Anggaran Defisit

Jika anggaran defisit terjadi setiap tahun maka akan menyebabkan perusahaan gulung tikar/bangkrut. Ada banyak faktor yang menyebabkan anggaran defisit, di antaranya:

  1. Jumlah hutang yang sangat banyak

Jika perusahaan memiliki jumlah hutang yang banyak maka hal tersebut dapat menjadi pemicu terjadinya anggaran defisit, karena pendapatan yang diterima perusahaan akan semakin berkurang untuk pembayaran hutang sehingga perusahaan akan kesulitan untuk mengumpulkan dana.

  1. Suku bunga hutang yang tinggi

Dengan adanya hutang biasanya tidak akan terlepas dari bunga hutang, semakin besar bunga hutang maka semakin besar pula tingkat pengeluaran biaya perusahaan. Semakin tinggi biaya yang dikeluarkan maka akan semakin kecil pula nilai keuntungan perusahaan setiap bulannya.

  1. Manajemen keuangan yang buruk

Kualitas manajemen keuangan sangat menentukan nilai anggaran perusahaan, jika manajemen keuangan buruk maka anggaran yang dibuat tidak akan sesuai dengan realitas lapangan. Jika pengeluaran secara aktual melebihi nilai pendapatan yang diterima maka perusahaan akan mengalami kerugian.

Cara Menghindari Anggaran Defisit

Untuk menghindari adanya anggaran defisit dapat dilakukan dengan cara:

  1. Evaluasi bisnis

Lakukan evaluasi pada bisnis yang dijalankan untuk mengetahui kebutuhan perusahaan baik secara umum maupun secara detail.

  1. Anggaran selalu terpantau

Untuk menghindari adanya anggaran defisit Anda dapat melakukan pemantauan operasional perusahaan dan melakukan pengecekan antara transaksi aktual yang berjalan dengan rencana anggaran. Jika ada ketidaksesuaian antara transaksi aktual dengan anggaran Anda dapat mengambil langkah antisipasi supaya tidak terjadi anggaran defisit.

  1. Membatasi pengeluaran bisnis

Ketika pada proses berjalan ada ketidaksesuaian antara anggaran dengan aktual, maka Anda dapat melakukan pembatasan pengeluaran dana agar biaya yang dikeluarkan tidak melebihi anggaran yang sudah dibuat.

  1. Memiliki dana darurat

Selain melakukan pencegahan perushaaan juga harus memiliki langkah antisipasi, yatu menyediakan dana darurat. Dana darurat dapat digunakan sebagai cadangan ketika terjadi pengeluaran yang melebihi anggaran yang sudah dibuat, sehingga dana operasional perusahaan tidak terganggu.

  1. Meningkatkan pendapatan

Langkah pencegahan selanjutnya adalah usaha meningkatkan pendapatan. Semakin besar pendapatan perusahaan maka dapat digunakan untuk menutupi pengeluaran biaya yang melebihi anggaran tersebut. Idealnya semakin besar biaya yang dikeluarkan maka semakin besar pula pendapatan yang akan diperoleh.

  1. Hindari penumpukkan stok

Langkah lain untuk menghindari anggaran defisit adalah hindari penumpukan stok. Setiap barang memiliki masa pakai atau kadaluarsa, sehingga kita perlu mengelola dan mengatur stok barang yang kita miliki. Hindari penumpukan stok yang berlebihan karena berisiko dapat menyebabkan kerugian dan tidak dapat digunakan.

  1. Lakukan penagihan piutang secara berkala

Langkah terakhir adalah lakukan penagihan piutang secara berkala. Sering kali perusahaan memiliki penjualan yang tinggi tetapi tingkat penerimaan dananya rendah sehingga dapat menyebabkan defisit. Hal itu dapat terjadi karena penjualan yang dilakukan dalam bentuk penjualan kredit di mana uang dari pelanggan tidak langsung diterima sementara proses operasional berjalan terus. Perusahaan perlu memberikan batas pembayaran untuk transaksi penjualan secara kredit dan menagih sesuai batas waktu yang ditentukan agar kegiatan operasional perusahaan tidak terganggu.

Demikian artikel mengenai pengertian anggaran defisit. Untuk menghindari anggaran defisit Anda perlu melakukan pencatatan dan pemantauan anggaran/budget dengan transaksi aktual. Untuk membantu Anda dalam pengelolaan data transaksi tersebut Krishand Software menyediakan program Kishand General Ledger. Dengan program Krishand General Ledger Anda dapat melakukan budgeting dan mencatat transaksi aktual dalam bentuk jurnal umum. Sehingga anda dapat melakukan pengecekan dan pengelolaan dengan membandingkan antara transaksi aktual dengan budget yang Anda buat. Jika Anda tertarik dan ingin mencoba trial program Krishand general Ledger, Anda dapat mengunjungi website kami dengan cara klik Krishand Software. Semoga Bermanfaat.

JP2207