Gerbang Pembayaran Nasional

Gerbang Pembayaran NasionalDi akhir tahun 2017, pemerintah melalui Bank Indonesia telah meluncurkan GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) yaitu sistem jaringan pembayaran antar bank nasional. Di Indonesia, GPN merupakan sistem pembayaran yang setara dengan VISA dan Mastercard. Pada artikel kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai GPN (Gerbang Pembayaran Nasional).

Pengertian GPN (Gerbang Pembayaran Nasional)

Berdasarkan penjelasan Bank Indonesia (BI), Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) merupakan sebuah sistem pembayaran yang menghubungkan antara transaksi nontunai dengan seluruh instrumen perbankan. GPN mempunya dua sifat, yakni interoperabilitas dan interkoneksi, interoperabilitas yaitu sistem pembayaran ini bisa dipakai pada infrastruktur lain. Sedangkan, interkoneksi adalah dapat saling terintegrasi dengan semua kanal pembayaran dalam negeri.

GPN telah disahkan pada 4 Desember 2017 di Jakarta dan diresmikan berdasarkan Peraturan Bank Indonesia No.19/8/PBI/2017 dan Peraturan Anggota Dewan Gubernur No.19/10/PADG/2017.

Kegunaan Kartu GPN (Gerbang Pembayaran Nasional)

Terdapat beberapa kegunaan GPN untuk masyarakat di Indonesia, yaitu:

  • Memudahkan proses transaksi

Penggunaan kartu GPN tidak perlu khawatir mengalami mesin sedang tidak berfungsi, karena transaksi dapat dijalankan pada mesin EDC dari bank lain.

  • Membuat transaksi aman

Kartu GPN tetap dioperasikan menggunakan PIN yang terenkripsi berteknologi tinggi, sehingga sangat sulit untuk ditembus. Data yang dimiliki nasabah juga terjamin kerahasiaannya.

  • Lebih murah

Dengan menggunakan kartu berlogo GPN biaya administrasi dan biaya tambahan yang berlaku cenderung lebih murah dibandingkan kartu debit yang berlogo lainnya.

Keuntungan Kartu GPN (Gerbang Pembayaran Nasional)

Dengan adanya kartu berlogo GPN juga memberikan keuntungan-keuntungan beberapa pihak. Berikut penjelasannya:

  1. Keuntungan Bagi Masyarakat
    • Bisa digunakan di seluruh kanal pembayaran di Indonesia.
    • Lebih mudah dan hemat dalam bertransaksi.
    • Transaksi dengan kartu GPN dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.
  1. Keuntungan Bagi Merchant
    • Semua kanal pembayaran yang dimiliki oleh merchant dapat menerima semua kartu.
    • Dengan menggunakan GPN setiap merchant lebih efisien karena tidak perlu memiliki banyak mesin EDC.
    • Merchant Discount Rate yang lebih rendah.
    • Nasabah akan merasa lebih nyaman ketika bertransaksi.
  1. Keuntungan Bagi Setiap Pelaku Industri
    • Bank atau Lembaga lain bisa mengakses semua kanal pembayaran yang ada dan dapat menyediakan bermacam-macam fitur pelayanan yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap nasabahnya.
    • Tidak ada kompetisi antar pelaku industri untuk menyediakan berbagai kanal pembayaran.

Kerugian Kartu GPN (Gerbang Pembayaran Nasional)

Selain banyaknya keuntungan menggunakan kartu GPN terdapat juga kerugiannya, yaitu:

  1. Pihak perbankan berpotensi mengalami kerugian

Perbankan yang tadinya bebas mengatur semua biaya transaksi, sekarang jaringan pembayaran nasional memberlakukan standarisasi untuk biaya-biaya tersebut.

  1. Tidak dapat menggunakan e-commerce luar negeri

Untuk masyarakat yang sering menggunakan atau berbelanja pada e-commerce luar negeri, maka tidak bisa menggunakan kartu GPN. Karena kartu GPN belum terhubung dengan jaringan luar negeri.

Demikianlah artikel penjelasan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Untuk mendapatkan informasi lainnya Anda dapat mengunjungi Blog Krishand.

Untuk membantu bisnis Anda agar dapat berjalan dengan baik, Krishand hadir menciptakan beberapa pilihan software yang dapat memudahkan Anda dalam pembukuan perusahaan, perhitungan gaji karyawan sampai perhitungan pajak. Untuk mengetahui software apa yang cocok untuk bisnis Anda, kunjungi website kami di https://www.krishand.com/