Pengertian Pusat Laba Dan Jenisnya

Pengertian Pusat LabaSetiap perusahaan tentu akan berusaha mencari keuntungan dari kegiatan operasional perusahaannya. Untuk mencapai keuntungan maksimal dari kegiatan usaha perlu adanya orang/bagian yang bertanggung jawab untuk mengatur dan menghasilkan keuntungan tersebut. Pusat laba atau profit center biasanya ditunjuk oleh perusahaan untuk bertanggung jawab dalam menghasilkan laba tersebut. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai pengertian pusat laba/profit center, simak artikel berikut supaya kita lebih paham mengenai pusat laba.

Pengertian Pusat Laba

Pusat laba merupakan orang atau bagian yang bertanggung jawab untuk menghasikan laba/profit secara langsung. Pusat laba akan mengatur kegiatan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan semaksimal mungkin dengan pengeluaran seminimal mungkin. Untuk mencapai hal tersebut biasanya pusat laba akan membuat anggaran dari masing-masing kegiatan penerimaan maupun pengeluaran dana.

Jenis Pusat Laba

Pusat laba dapat terbagi menjadi 2 jenis tergantung dari kebijakan perusahaan, di antaranya:

  1. Departemen dalam organisasi

Pusat laba dapat berupa departemen yang ada pada internal perusahaan yang bertanggung jawab untuk menghaslkan laba dan dapat bekerjasama dengan bagian penjualan.

  1. Entitas independen

Entitas independen merupakan bisnis terpisah yang bertujuan untuk mengatur dan menghasilkan keuntungan bagi bisnis/usaha. Contohnya service center pada dealer motor.

Kinerja Pusat Laba

Untuk mengukur kinerja pusat laba dapat dilakukan dengan  membandingkan antara biaya yang dianggarkan dengan biaya aktual. Untuk pembahasan lebih detail dapat Anda simak pada artikel kami dengan judul laporan realisasi anggaran. Contoh pusat laba membuat anggaran untuk biaya produksi bulan ini adalah Rp20.000.000,-, sementara setelah proses berjalan biaya produksi aktualnya mencapai Rp25.000.000,-.

Dari contoh di atas maka perusahaan perlu mengevaluasi kembali kinerja pusat laba karena nilai aktual transaksi melebihi anggaran biaya yang dibuat. Jika biaya aktual lebih rendah dari nilai anggaran maka perusahaan berjalan dengan baik.

Manfaat Pusat Laba

Adapun manfaat adanya pusat laba adalah sebagai berikut:

  1. Terbentuknya pusat pertanggungjawaban

Dengan adanya pusat laba maka pusat pertanggungjawaban menjadi lebih jelas, dan mempermudah manajemen atas untuk mengetahui progress dari bagian yang bertanggung jawab.

  1. Meningkatkan efisiensi operasional

Dengan adanya pusat laba kegiatan operasional akan lebih efisien karena alur dan tanggungjawaban pekerjaan lebih jelas.

  1. Adanya pusat koordinasi pekerjaan

Adanya pusat laba akan mempermudah perusahaan karena akan ada bagian yang berfungi untuk mengkoordinasi atau mengatur pekerjaan yang dilakukan.

  1. Membantu meringankan pekerjaan evaluasi data

Adanya pusat laba juga akan mempermudah manajemen atas untuk memantau dan mengevaluasi kinerja suatu bagian.

Dari penjelasan sebelumnya dijelaskan bahwa kinerja pusat laba dapat diketahui dengan membandingkan antara transaksi budget dengan aktual. Untuk membantu Anda dalam melakukan pencatatan hingga penarikan laporan antara transaksi aktual dengan budget, Krishand Software menyediakan Krishand General Ledger. Pada Krishand General Ledger Anda dapat melakukan pembuatan budget, penjurnalan transaksi aktual hingga penarikan laporan perbandingan antara aktual dengan budget. Jika Anda tertarik dan ingin tahu lebih jauh mengenai Krishand General Ledger Anda dapat mengunjungi website kami dengan cara klik Krishand Software. Semoga Bermanfaat.

JP2206