Laporan Realisasi Anggaran

Laporan Realisasi AnggaranDalam menunjang proses controling perusahaan, umumnya perusahaan akan membuat anggaran/budget. Dengan adanya budgeting, perusahaan dapat memperkiraan besarnya biaya yang dikeluarkan perusahaan atau pendapatan yang akan diterima perusahaan. Dalam pembuatan anggaran setiap perusahaan dapat berbeda-beda, ada yang bulanan, per 3 bulan, per 6 bulan bahkan ada juga yang membuat anggaran tahunan. Seringkali antara realisasi dengan anggaran yang dibuat oleh perusahaan tidak sesuai, bisa lebih rendah maupun lebih tinggi. Pada artikel kali ini kita akan membahas laporan realisasi anggaran, untuk lebih jelasnya simak artikel berikut.

Pengertian Laporan Realisasi Anggaran

Laporan realisasi anggaran  merupakan laporan yang menyediakan informasi perbandingan antara anggaran dengan transaksi aktual baik dalam bentuk penerimaan maupun pengeluaran perusahaan dalam suatu periode. Dengan adanya laporan ini perusahaan dapat megetahui  transaksi aktual perusahaan dengan anggaran yang dibuat sebelumnya sesuai atau tidak, lebih rendah atau lebih tinggi dan menjadi dasar dalam mengevaluasi dan pembuatan anggaran periode selanjutnya.

Komponen Pembuatan Laporan

Ada beberapa komponen yang menjadi dasar dalam pembuatan laporan realisasi anggaran, di antaranya:

  1. Pendapatan

Dalam pembuatan laporan realisasi anggaran diperlukan pencatatan pendapatan perusahaan untuk mengetahui besarnya realisasi pendapatan dan akan mempengaruhi besarnya nilai keuntungan atau kerugian  yang diterima perusahaan. Dengan adanya pencatatan tersebut dapat digunakan sebagai sumber data dalam membuat perbandingan antara pendapatan secara aktual dengan anggaran yang dibuat.

  1. Biaya/Beban yang dikeluarkan

Laporan realisasi anggaran juga memerlukan pencatatan biaya dan beban yang dikeluarkan perusahaan. Biaya dan beban tersebut dapat berupa belanja perusahaan untuk mendukung kegiatan operasional, pengeluaran  kepada lawan transaksi baik tunai maupun transfer, dan pembiayaan lain yang berhubungan  dengan kegiatan perusahaan.

Manfaat Laporan Realisasi Anggaran

Adapun manfaat di antaranya sebagai berikut:

  1. Mengetahui perbandingan antara anggaran yang dibuat dengan aktual transaksi yang terjadi dalam kegiatan perusahaan.
  2. Sebagai sumber data untuk mengevaluasi pembuatan anggaran periode selanjutnya.
  3. Mengetahui selisih perbandingan pendapatan/biaya tertinggi dan terendah antara anggaran dengan transaksi aktual
  4. Sumber dalam menentukan rencana kebijakan penjualan perusahaan ke depannya
  5. Sumber dalam mengevaluasi departemen/bagian yang menggunakan biaya terbesar atau memperoleh pendapatan terkecil.

Demikian penjelasan artikel kali ini, untuk mempermudah Anda dapat mengetahui perbandingan antara anggaran/budget dan transaksi aktual Anda dapat menggunakan program sebagai alat bantu. Krishand Software menyediakan program Krishand General Ledger untuk membantu Anda dalam mengelola laporan anggaran dengan aktual transaksi perusahaan. Dengan Krishand General Ledger anda dapat membuat budgeting pada masing-masing bulan, kemudian anda dapat mencatat transaksi aktualnya dalam bentuk jurnal dan selanjutnya program dapat menghasilkan laporan antara anggaran dengan aktualnya. Jika Anda tertarik dan ingin mencoba trialprogram Krishand General Ledger, Anda dapat download secara gratis program trial Krishand General Ledger pada website kami dengan cara klik Krishand Software. Semoga Bermanfaat.

JP2206

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *