Pengertian Devisa

Pengertian DevisaSektor keuangan merupakan pusat dari sebuah negara. Jika kondisi keuangan negara sehat, maka semua sektor lainnya akan mengikuti, terutama pertumbuhan ekonomi. Salah satu ukuran pertumbuhan ekonomi yang baik adalah adanya cadangan devisa. Pada artikel kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai pengertian devisa.

Pengertian Devisa

Devisa adalah nilai kekayaan yang dimiliki oleh suatu negara dalam bentuk mata uang asing, yang mana nilai kekayaan tersebut perlu diakui oleh secara global oleh negara-negara lainnya. Devisa merupakan alat pembayaran yang dapat digunakan oleh negara untuk melakukan pertukaran dan perdagangan antar negara berupa valuta asing atau mata uang asing. Alat pertukaran ini harus diakui oleh dunia internasional. Salah satu contohnya adalah Dolar Amerika Serikat yang menjadi pusat mata uang dunia dan diakui oleh masyarakat internasional.

Fungsi Devisa

Terdapat beberapa fungsi devisa yang bermanfaat bagi suatu negara, antara lain:

  1. Alat pembiayaan utang luar negeri

Devisa digunakan pemerintah untuk membayar utang luar negeri. Dengan demikian, devisa harus dikelola dan dipergunakan dengan baik agar dapat dialokasikan untuk keperluan lainnya, seperti pembangunan.

  1. Alat pembayaran perdagangan internasional

Devisa juga dapat digunakan untuk transaksi perdagangan internasional. Devisa juga digunakan sebagai mata uang kedua yang sah bagi suatu negara untuk melakukan transaksi jual beli di luar negeri.

  1. Alat pembiayaan hubungan internasional

Pendanaan berbagai kegiatan operasional yang bertujuan untuk membangun hubungan antar negara akan dibiayai oleh devisa negara.

Jenis-Jenis Devisa

Berikut beberapa jenis devisa berdasarkan sumber dan wujudnya.

  • Jenis Devisa Berdasarkan Sumbernya

Berdasarkan sumbernya, devisa dapat dibagi menjadi 2 macam, yaitu:

    1. Devisa Kredit

Sesuai dengan namanya devisa kredit berasal dari kredit atau pinjaman luar negeri.

    1. Devisa Umum

Devisa umum adalah devisa yang didapatkan dari hasil ekspor barang atau dari penjualan jasa.

  • Jenis Devisa Berdasarkan Wujudnya

Berdasarkan wujudnya, devisa dapat dibagi menjadi 2 macam, yaitu:

    1. Devisa Kartal

Devisa kartal adalah devisa dalam bentuk uang logam dan uang kertas.

    1. Devisa Giral

Devisa giral adalah devisa yang berwujud surat-surat berharga. Contohnya wesel, cek, IMO (International Money Order), dan lain-lain.

Sumber Devisa

Berikut beberapa sumber devisa, antara lain:

  1. Kegiatan ekspor barang dan jasa

Kegiatan ekspor barang dan jasa ke luar negeri akan mendapatkan keuntungan bagi sebuah negara. Semakin besar nilai ekspor tersebut, semakin besar pendapatan yang akan didapatkan bagi negara.

  1. Bantuan luar negeri

Saat negara menerima bantuan, hibah, atau hadiah dari negara lainnya dalam bentuk uang, akan dianggap sebagai sumber devisa negara.

  1. Pendanaan swasta

Sumber devisa berikut berasal dari perusahaan swasta yang melakukan investasi pembangunan sehingga saat membangun sesuatu maka negara tidak perlu mengeluarkan dana.

  1. Utang luar negeri

Untuk beberapa negara berkembang yang belum dapat menghasilkan cadangan devisa sendiri akan membutuhkan pinjaman dana dari luar negeri. Pinjaman dana dari luar negeri tersebut akan tercatat sebagai utang negara dan juga sebagai sumber cadangan devisa negara.

  1. Pemungutan bea masuk

Barang-barang yang berasal dari luar negeri ketika masuk ke dalam negeri akan dikenakan bea masuk. Semakin banyak bea masuk yang didapatkan negara maka semakin besar cadangan devisa negara yang didapatkan.

Demikianlah artikel mengenai Devisa, untuk melihat artikel menarik lainnya Anda dapat mengunjungi laman Krishand.

Krishand hadir menciptakan banyak pilihan software yang dapat membantu perusahaan Anda berjalan dengan baik. Software-software dari Krishand akan memudahkan Anda dalam pencatatan keuangan, penggajian karyawan sampai perhitungan perpajakan. Untuk mengetahui software-software yang sediakan oleh krishand, kunjungi website kami.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *