Biaya Eksplisit dan Implisit

Biaya Eksplisit dan Biaya ImplisitBiaya perusahaan merupakan hal yang sangat menarik untuk dibahas karena biaya memiliki beberapa jenis dan fungsi yang berbeda-beda. Jenis biaya setiap perusahaan bisa berbeda-beda tergantung penggolongan biaya dari masing-masing perusahaan. Secara umum Biaya (cost) adalah pengeluaran-pengeluaran atau nilai pengorbanan untuk memperoleh barang dan jasa yang berguna untuk masa yang akan datang atau mempunyai manfaat melebihi satu periode akuntansi. Untuk pembahasan lebih jauh mengenai biaya dapat Anda baca pada artikel kami dengan judul perbedaan biaya dan beban. Karena jenis dan fungsinya berbeda, biaya menjadi salah satu bagian yang perlu diperhatikan oleh perusahaan. Beberapa perusahaan membedakan jenis biaya berdasarkan keterkaitan dengan operasional perusahaan seperti biaya langsung dan tidak langsung. Selain itu ada juga perusahaan yang membedakan biaya menjadi biaya eksplisit dan implisit. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai biaya eksplisit dan implisit, simak penjelasan pada artikel berikut ini.

Pengertian

Biaya Eksplisit (Explicit Cost) merupakan biaya yang berhubungan langsung yang dikeluarkan perusahaan dalam melakukan kegiatan operasional perusahaan atau proses produksi. Berbeda dengan biaya implisit yang tidak secara langsung berhubungan dengan kegiatan operasional. Secara umum biaya implisit merupakan biaya atau pengeluaran perusahaan yang tidak terduga dan tidak tercatatat dalam laporan keuangan atau kas perusahaan.

Contoh Biaya Ekspisit dan Implisit

Berikut contoh biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk jenis biaya eksplisit dan biaya implisit

Biaya EksplisitBiaya Implisit
1.     Gaji Karyawan

2.     Biaya Produksi

3.     Biaya Sewa tempat

4.     Biaya Pemasaran

1.     Biaya Pelatihan Karyawan

2.     Biaya Nilai Aset

3.     Biaya Penggunaan Properti

Perbedaan Biaya Eksplisit dan Implisit

Adapun perbedaan antara keduanya adalah sebagai berikut:

Biaya EksplisitBiaya Implisit
Memiliki Nilai yang dapat diukur dengan uangTidak berwujud materi atau hanya perkiraan
Dapat diperhitungkan dengan jelasSulit dikalkulasikan
Terjadi secara aktual atau terjadi pembayaranHanya berupa implikasi dari suatu kejadian dan bukan biaya yang benar-benar dikeluarkan karena pembayaran
Bersifat objektif karena karena nilainya jelasBersifat subjektif karena hanya berupa estimasi atau perkiraan
Dicatat dalam laporan keuanganTidak dicatat dalam laporan keuangan
Berdampak terhadap labaTidak berdampak terhadap laba

Demikian artikel mengenai biaya eksplisit dan implisit, untuk membantu Anda dalam pencatatan pengeluaran biaya Krishand Software menyediakan program Krishand General Ledger. Dengan program Krishand General Ledger Anda dapat melakukan penjurnalan biaya, mengetahui saldo hingga laporan laba rugi dari pencatatan biaya yang Anda lakukan. Jika Anda tertarik dan ingin tahu lebih jauh mengenai Krishand General Ledger, Anda dapat mengunjungi website kami dengan cara klik Krishand Software. Semoga bermanfaat.

JP2206