Mengenal Bisnis F&B (Food & Beverage)

Food and BeverageF&B atau Food and Beverage merupakan sebuah bisnis usaha yang sudah ada sejak lama dan saat ini merupakan pilihan bisnis yang banyak diminati oleh kalangan pengusaha kecil maupun besar, hal ini dikarenakan bisnis F&B sedang berkembang pesat di berbagai wilayah. Sebagian masyarakat mengenal bisnis F&B ini dengan sebutan bisnis kuliner karena produk yang dipasarkan merupakan makanan dan minuman.

Tidak hanya untuk pemodal besar, siapa saja bisa menjalankan bisnis ini walaupun dengan modal kecil, namun untuk perkembangan usahanya tergantung dari pelaku usaha masing-masing. Bisnis ini lebih mengutamakan cita rasa, kualitas dan kebersihan, oleh sebab itu para pelaku usaha harus memperhatikan hal tersebut.

Definisi F&B

F&B (Food and Beverage) adalah suatu bisnis usaha makanan dan minuman dari mulai pembuatan sampai penjualan. Siapa saja bisa menjadi pelaku usaha pada bisnis ini baik dengan modal besar maupun modal kecil.

Yang temasuk industri usaha F&B (Food and Beverage) yakni semua usaha yang menjadikan makanan dan minuman sebagai fokus utamanya. Contohnya seperti restoran, kafe, kafetaria, rumah makanan, kedai makanan cepat saji, katering dan lainnya.

Perkembangan bisnis F&B (Food and Beverage) akhir-akhir ini tidak lepas dari banyaknya kreatifitas dan inovasi dari pelaku usaha. Kreatifitas dan inovasi itulah yang membuat para pembeli merasakan hal yang berbeda pada produk yang dibelinya. Inovasi yang dibuat bisa dari cita rasa, tampilan dan kemasan yang dapat menarik minat pembeli.

Alasan Bisnis F&B Mengalami Peningkatan

Kebutuhan Dasar

Sebagai manusia, makan dan minum adalah suatu kebutuhan dasar yang dibutuhkan tiap harinya. Dengan alasan kesibukan, terkadang masyarakat lebih memilih untuk membeli makanan dan minuman dibanding membuatnya sendiri, dengan dasar itulah para pelaku usaha banyak yang tertarik untuk membuka bisnis ini.

Sarana Interaksi Sosial

Bermodal kreatifitas dan inovasi, selain menjual produk makanan atau minuman sebagian pelaku usaha F&B juga menyediakan tempat yang dapat menarik pembeli untuk datang dan membeli produknya. Tempat yang dikonsep dengan menarik membuat pembeli tidak hanya membeli produknya saja, melainkan sebagai tempat santai bahkan memungkinkan datang kembali membawa teman atau kerabatnya untuk sekedar kumpul dan berinteraksi sosial.

Kesadaran Berwirausaha

F&B menjadi usaha yang sering kali dipilih oleh orang-orang yang baru ingin memulai usaha. Dengan kata lain F&B menjadikan taraf kesadaran berwirausaha di Indonesia mengalami peningkatan.

Mudahnya mendapatkan bahan baku dan mengolah makanan atau minuman yang dijual menjadi alasan utama para pelaku usaha baru. Pelaku usaha juga dapat menyesuaikan besar kecilnya modal yang dimiliki sesuai produk yang akan dijualnya. Bisa diganti kata selain sering kali karena pengulangan

Perkembangan Teknologi

Bermodal smartphone yang dimiliki, banyak masyarakat yang memilih untuk membeli produk makanan dan minuman melalui aplikasi online. Perkembangan teknologi memang menjadi salah satu faktor yang membuat bisnis F&B ini mengalami peningkatan, dan menjadi salah satu alasan para pelaku usaha baru untuk membuka bisnis F&B. Dengan dukungan teknologi yang berkembang, pelaku usaha dapat menjual produknya secara online. Dengan begitu, target pasar yang dapat dijangkau pelaku usaha menjadi lebih luas dan mudah melakukan promosi dan pemasaran.

Keterkaitan Sektor Industri Lain

Sektor industri lain juga perperan dalam berkembangnya bisnis F&B. Seperti industri hiburan, pariwisata maupun infrastruktur tidak lepas dari adanya industri yang menjual makanan dan minuman. Semakin bertambahnya industri-industri tersebut, menjadikan bisnis F&B ini semakin berkembang.

Mengikuti Tren

Perubahan jaman membentuk tren yang berbeda dari masa ke masa. Dari perubahan tersebut, industri F&B mampu beradaptasi mengikuti tren yang berkembang. Dahulu mungkin pelaku usaha F&B hanya fokus pada produk yang dijualnya saja untuk dibeli konsumen dan dibawa pulang. Namun saat ini selain fokus pada barang dagangannya, pelaku usaha F&B juga mempromosikan tempat usahanya. Promosi tempat usaha dimaksud dari mulai konsep, suasana dan kenyamanan dengan tujuan agar konsumen tidak hanya sekedar membeli, namun bisa sekaligus santai atau mengadakan perkumpulan dengan rekannya. Hal tersebut tidak lepas dari tren yang berkembang demi menarik minat pembeli untuk datang.

Tips Memulai Usaha F&B

Setiap usaha yang akan kita jalankan hendaknya memiliki perencanaan yang matang, hal tersebut demi lancarnya sebuah usaha yang akan kita jalankan. Bagi Anda yang berniat membuka usaha F&B, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui, di antaranya yaitu:

Melakukan Riset

Sebelum membuka usaha F&B, ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu terutama seputar produk yang akan dijual. Riset dibutuhkan untuk mengetahui produk apa yang sedang tren dan diminati saat ini, juga untuk menentukan harga produk yang nantinya ditawarkan agar sesuai dengan target pasar yang dipilih. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan tingkat populasi pada lokasi yang nantinya digunakan untuk menjalankan usaha. Oleh karena itu riset sangatlah penting untuk mengetahui semua itu dan hal tersebut dapat berpengaruh pada perkembangan bisnis Anda.

Menyiapkan Rencana Dan Modal

Anda perlu merencanakan produk apa yang nantinya akan dipasarkan dengan begitu Anda akan mengetahui berapa modal yang dibutuhkan. Pelaku usaha juga harus memiliki business plan yang jelas demi mencapai tujuan yang diharapkan dari sebuah usaha. Jika pelaku usaha memiliki perencanaan bisnis yang matang, tidak menutup kemungkinan investor akan tertarik untuk bergabung dalam usaha yang Anda jalankan.

Pilih Lokasi Strategis

Lokasi atau tempat usaha menjadi salah satu poin penting yang perlu diperhatikan. Lokasi bisa menjadi salah satu faktor yang menentukan ramai atau tidaknya usaha yang Anda buka. Pilihlah lokasi yang stategis agar mudah dilihat dan dijangkau oleh pembeli. Carilah lokasi yang belum ada atau belum banyak kompetitor dengan usaha yang sama dengan yang akan Anda buka.

Promosi

Promosi adalah bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan untuk menyampaikan sesuatu, mempengaruhi dan membujuk daya beli masyarakat terhadap produk yang ditawarkan. Promosi merupakan bagian penting dari sebuah bisnis usaha, jadi buatlah promosi dan tawarkan kepada masyarakat sebagai upaya menarik minat pembeli. Dalam dunia F&B, promosi tidak hanya dilakukan saat akan membuka usaha saja, usaha sudah berjalan pun baiknya tetap menawarkan promosi kepada masyarakat dan  buat juga diskon pada produk tertentu sebagai strategi pemasaran.

Utamakan Rasa Dan Kualitas

Rasa dan Kualitas adalah nomor satu pada bisnis usaha F&B. Umumnya masyarakat mencari makanan atau minuman dengan rasa yang enak dan kualitas yang baik, oleh karena itu rasa dan kualitas adalah hal yang paling penting dalam dunia F&B. Dengan rasa dan kualitas yang baik, pelanggan akan merasa puas dan tidak menutup kemungkinan mereka akan merekomendasikan kepada teman dan kerabatnya.

Demikianlah artikel mengenai bisnis F&B, untuk melihat artikel kami lainnya Anda dapat mengunjungi Blog Krishand.

Krishand hadir menciptakan banyak pilihan software yang dapat membantu bisnis Anda berjalan dengan baik. Software Krishand akan memudahkan Anda dalam pencatatan keuangan, penggajian karyawan sampai perhitungan perpajakan. Untuk mengetahui software apa yang cocok untuk bisnis Anda, kunjungi website kami di www.krishand.com.

AK-2206